Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Penyebab, dan Jenis Erosi

Apa itu Erosi ? Penyebab Erosi ? Jenis Erosi. Disini saya akan membahas Pengertian, Penyebab, dan Jenis Erosi. mari kita bahas tentang erosi. Erosi berbeda pengertian dengan pelapukan. Namun sama sama penyusun pembentukan tanah.

Pengertian Erosi

Erosi adalah peristiwa pengikisan pada padatan secara alami maupun non alami seperti ulah manusia.

Erosi dapat merusak tanah, mengurangi daya kekuatan tanah dan produktivitas tanah untuk menghasilkan sumber daya hayati.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Proses Terbentuknya batuan Malihan (Metamorf)

Erosi secara alami saat ini terjadi tapi tidak secepat dari perlakuan manusia manusia yang sekarang tidak terlalu memikirkan tempat atau wilayah yang dimilikinya.

Manusia tidak terlalu memikirkan hal negatifnya jika membiarkan Erosi terus terjadi tanpa adanya penanggulangan yang berarti.

Penyebab Erosi

Penyebab Erosi  paling jelas adalah dari proses alamiah dan dari ulah manusia. Dari dua proses tersebut juga masih bisa dibedakan dari berbagai poin poin tersendiri.

1). Dari Manusia

Dari manusia sendiri cukup banyak penyebab penyebab terjadinya Erosi.

  1. Penebangan secara besar besaran secara liar yang tidak diimbangi dengan penghijauan atau penanaman pohon kembali
  2. Fungsi hutan yang di rubah mengikuti apa yang dibutuhkan oleh manusia
  3. Peninggalan lahan yang dibiarkan begitu saja
  4. Konstruksi yang kurang tepat dan tidak tertata
  5. Kurangnya manusia terhadap peduli lingkungan

2). Dari Alam

Dari alam memiliki tiga bentuk saja yaitu dari iklim, geologi, dan biologis.

  1. Perubahan iklim saat ini yang ekstrem membuat erosi cepat terjadi, dari hujan yang tidak menentu, cuaca yang berubah ubah, dan kecepatan angin.
  2. Geologi ini biasanya karena pergerakan tanah, getaran getaran tektonik maupun vulkanik, kontur tanah yang berbeda beda, dan kekuatan tanah
  3. Dari biologis biasanya terjadi karena makhluk binaatang kecil, contohnya seperti lumut yang bisa merubah atau membuat erosi

Jenis Erosi

Jenis Erosi atau pengikisan ada berbagai macam jenis. Bukan Cuma Abrasi saja yang kita ketahui, di sekolah tentunya pelajaran ilmu pengetahuan sosial, atau dalam geografi yang kita tahu biasanya hanya Abrasi, namun masih ada selain abrasi dari Jenis Erosi yang akan saya jelaskan, berikut ini ini Jenis Erosi yang harus diketahui :

1). Abrasi ( Erosi akibat gelombang laut ).

Abrasi adalah proses erosi yang di akibatkan dari gelombang laut. Besar kecilnya gelombang laut dank eras tidaknya hantaman gelombang dapat menimbulkan Erosi.

Terkadang dari Erosi gelombang laut atau Abrasi dapat menciptakan hasil yang keren dan menakjubkan di pandang oleh mata manusia. Contoh dari berbagai macam Abrasi yaitu :

  • Cliff

Yaitu abrasi yang terjadi di Pantai yang memiliki dinding curam dan terjal. Terkadang dari abrasi inilah yang bisa menciptakan pemandangan unik bebatuan yang terkena Erosi gelombang laut.

  • Relung

Yaitu bentuk bentuk yang di hasilkan dari abrasi, biasanya berbentuk cekungan di bawah atau di dinding pantai.

  • Abrasi Daratan

Bibir pantai juga termasuk sebagai daratan dan sering di terjangi oleh gelombang laut sehingga lama kelamaan pantai akan semakin tergerus semakin habis lama kelamaan atau semakin turun permukaannya.

2). Ablasi ( Erosi oleh air )

Ada Abrasi ada Ablasi. Sama sama disebabkan oleh air tetapi bedanya Abrasi dari gelombang laut dan air laut itu asin.

Ablasi sendiri yaitu abrasi yang di sebabkan oleh air mengalir contohnya saja seperti air hujan yang mengalir dan mengalami gesekan dengan batu di tanah sehingga lambat laun akan terkikis. Ablasi juga dapat terbagi menjadi beberapa lagi :

  • Erosi Percik

Erosi ini terjadi saat air jatuh tetes tetes secara terus menerus sehingga batuan tetap bisa erosi

  • Erosi Lembar

Erosi yang terjadi secara merata di suatu tempat.

  • Erosi Alur

Erosi karena air mengalir di satu cekungan, contohnya air hujan yang mengalir dari pipa rumah kemudian terkena bebatuan.

  • Erosi Parit

Erosi yang hampir sama dengan Erosi Alur tapi yang sudah berukuran lebih dalam berbentuk cekungan.

3). Deflasi ( Erosi oleh angin )

Banyak terjadi di daerah Gurun. Deflasi adalah Erosi yang disebabkan oleh pergesekan angin gurun yang panas dan kencang disertai pasir mengenai batuan. Prosesnya sama seperti pengikisan dengan air.

4). Eskarasi ( Erosi oleh Es )

Terjadi di daerah pengunungan yang memiliki gleister dan terjadi di tempat yang ada musim saljunya. Membenttuk cairan kental yang dapat mengikis bagian bagian yang di lewatinya.

5). Korosi

Dalam pelajaran IPA atau tepatnya di ilmu Kimia kita sering mendengar kata Korosi. Korosi hampir mirip dengan deflasi. Jika korosi yatu pengikisan oleh angin namun angin dan membawa partikel atau zat kimia sehingga terjadi pengikisan.

Demikian artikel tentang Pengertian, Penyebab, dan Jenis Erosi. Semoga penjeasan ini mudah dipahami dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis-Jenis Lapisan Permukaan Bumi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test