Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Penyebab dan Dampak Penebangan Hutan

Pengertian, Penyebab dan Dampak Penebangan Hutan – Ritaelfianis.com – Penebangan hutan atau penggundulan hutan adalah suatu upaya atau kegiatan untuk menebang pohon atau melakukan penhilangan bagian hutan dengan maksud untuk memanfaatkan lahan bekas tersebut unutk kepentingan manusia.

Penebangan yang dilakukan tersebut dapat bersifat legal maupun ilegal tergantung siapa pelaku penebangan dan apa tujuannya.

Penebangan yang dilakukan secara legal biasanya dikoordinir atau dilakukan oleh pihak pemerintah atau pun pihak swasta yang sudah memiliki ijin dari pemerintah untuk melakukan penebangan.

Baca Juga : Jenis-jenis Komponen Ekosistem

Namun tak sedikit pula kasus penebangan dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak mendapatkan ijin resmi utnuk melakukan penebangan dari pemerintah. Mereka melakukan penebangan secara ilegal, liar dan tidak peduli pada kelestarian lingkungan.

Penebangan hutan yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk membangun suatu daerah pertanian, peternakan, dan juga pemukiman penduduk dari lahan bekas hutan tadi.

Sementara itu para penebang liar melakukan pengundulan untuk mencuri kayu-kayu yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan penebangan hutan adalah dengan menggunakan alat berat maupun dengan melakukan pembakaran hutan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penebangan hutan atau penggundulan hutan terjadi.

  1. Sebagai pemukiman. Berkurangnya lahan untuk dijadikan tempat tinggal karena pertumbuhan penduduk yang semakin tidak terkendali, menjadi salah satu alasan kenapa hutan-hutan ditebang dan dibuka. Beberapa hutan ditebang untuk dijadikan perumahan penduduk.
  2. Sebagai bahan bangunan maupun perabotan rumah tangga. Beberapa bahan bangunan dan perabotan rumah tangga dibuat dari kayu-kayu berkualitas tinggi yang hanya ada di dalam hutan, seperti kayu jati, cendana, dan mahoni. Kayu-kayu tersebut sudah terbukti kualitasnya untuk dijadikan bahan bangunan maupun perabotan rumah tangga. Namun sayangnya kegiatan penebangan guna mencari keuntungan ini tidak diikuti dengan kegiatan pelestarian beberapa jenis pohon tersebut.
  3. Sebagai lahan komersial. Penebangan hutan juga dilakukan sebagai upaya untuk meciptakan lahan yang nantinya akan dipergunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan. Tidak jarang pula beberapa hutan ditebang untuk dijadikan jalan raya karena posisinya yang strategis.

Semakin bertambah banyaknya populasi manusia, semakin sedikit pula tempat yang digunakan sebagai pemukiman, karena itu banyak hutan-hutan yang dialih fungsikan sebagai tempat pemukiman. Ada beberapa dampak yang dapat terjadi karena penebangan hutan yaitu

  1. Bencana alam. Beberapa bencana alam seperti banjir dan longsor merupakan contoh bencana alam yang terjadi karena dampak dari penebangan hutan. Hutan-hutan yang menjadi gundul kehilangan fungsi utamanya yaitu sebagai tempat penyimpanan air hujan. Ketika hujan turun dan tidak ada akar pohon yang berguna untuk menyimpan air, maka air tersebut akan terus mengalir melalui tanah hingga berkumpul pada sungai dan meluap ke daerah pemukiman. Begitu juga karena tidak ada akar pohon yang berguna untuk menopang tanah agar tetap padat, ketika air hujan terus mengguyur, tanah menjadi tidak stabil dan mengakibatkan longsor.
  2. Ketidakseimbangan alam. Jika hutan menjadi gundul maka habitat untuk beberapa spesies flora dan fauna menjadi musnah. Ekosistem pun akan terganggu. Karena tempat tinggal dan tempat mencari makanan hewa-hewan tersebut telah musnah, tak sedikit dari mereka yang datang ke daerah pemukiman untuk mencari perlindungan.
  3. Bumi menjadi semakin panas. Apabila hutan menjadi gundul, maka pohon-pohon yang berfungsi untuk memberikan tempat berteduh menghilang, akibatnya cahaya dan panas matahari akan memancar langsung ke kita.
  4. Kekurangan pasokan oksigen. Hutan disebut juga sebagai paru-paru dunia, karena pohon-pohon akan menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Hilangnya hutan-hutan mengakibatkan jumlah pohon berkurang, yang akhirnya mengakibatkan pasokan oksigen juga berkurang.

Ada beberapa upaya untuk mencegah dampak tersebut semakin memburuk, beberapa diantaranya adalah

  1. Penanaman hutan kembali
  2. Tebang pilih
  3. Membangun kembali hutan lindung

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Aliran Energi Dalam Ekosistem

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test