Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Molekul Menurut Para Ahli

Pengertian Molekul Menurut Para Ahli – Apa kalian tahu pengertian dari molekul?

Pengertian Molekul Menurut Para Ahli

Pengertian Molekul Menurut Para Ahli

Tentu sering mendengar kata tersebut Namun seringkali dari kita belum tahu pengertian dari molekul itu sendiri, berbicara tentang molekul sendiri untuk mengingatkan kita ke dalam satu bidang pelajaran kimia terutama ilmu pengetahuan alam, dan memang kenapa tidak banyak orang yang tahu pengertian dari molekul karena hanya kalangan-kalangan tertentu yang belajar ilmu tersebut.

Namun apakah anda tahu? bahwa molekul memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, lalu apa itu molekul?

Pengertian molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecahkan dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimiawi dan fisika yang unik, selain itu juga mualaikum bisa diartikan sebagai sekelompok atom yang saling berhubungan dengan kovalen dalam susunan tertentu serta bermuatan netral yang cukup stabil.

Dalam satu molekul biasanya terdapat dua atau lebih atom yang saling terikat satu sama lain.

Sebagai salah satu bagian dari ilmu pengetahuan, molekul memiliki ilmu kajian nya sendiri yaitu kimia molekuler atau fisika molekuler.

yang mana keduanya tergantung dari jenis molekul yang menjadi fokus kajiannya hal tersebut juga termuat dalam pengertian molekul menurut para ahli. Lalu apa bedanya fisika molekuler dengan kimia molekuler?

Sikap kimia molekuler mengkaji tentang hukum-hukum yang mengatur interaksi antara molekul, sedangkan fisika molekuler mengkaji tentang hukum-hukum yang mengatur struktur dan sifat-sifat molekul.

seperti yang dijelaskan yang tadi bahwa dalam satu molekul biasanya akan terdapat dua atau lebih atom, molekul juga bisa dibagi berdasarkan susunan atau bentuknya yakni kedalam dua jenis, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa. Molekul unsur adalah molekul yang tersusun dari dua atom yang sama, contohnya oksigen yang terbentuk dari 2 atom oksigen (O2). sedangkan molekul senyawa adalah molekul yang terdiri dari satu jenis atom, contohnya air yang terdiri atas 2 atom H dan 1 atom O yang kemudian memiliki rumus H2O. Dari ke-2 jenis molekul tersebut kemudian terbentuklah sebuah rumus-rumus kimia yang dapat kita temui di pelajaran pelajaran kimia di sekolah.

Adapunpengertian molekul menurut para ahli telah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman, yang mana awalnya molekul didefinisikan sebagai sebuah partikel yang terkecil dari bahan-bahan kimia masih mempertahankan komposisi beserta sifat-sifatnya. namun definisi tersebut tidak bisa dipertahankan selamanya karena dapat materi yang lainnya berupa batuan, garam, dan logam.

Baca Juga :

Nah itu saja untuk arti kalau kita kali ini semoga dapat membantu jangan lupa share, terima kasih.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test