Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Manfaat, dan Fitur dari Edmodo

Pengertian, Manfaat, dan Fitur dari EdmodoRitaelfianis.comTeknologi telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun ini, dimana para murid dan guru dapat berhubungan dan saling berbagi, tidak hanya di ruang kelas dan area sekolah, namun juga dapat dilakukan di dunia maya dengan bantuan jaringan internet.

Bagaimana caranya?

Apakah memang ada?

Artikel kali ini akan membahas tentang situs Edmodo yang telah digunakan guru dan murid dari berbagai negara sebagai ‘ruang belajar’ di dunia maya. Penasaran?

Yuk, simak penjelasan di bawah ini mengenai Edmodo!

PENGERTIAN EDMODO

Edmodo ialah sebuah serambi atau platform media belajar berbasis jejaring sosial yang ditujukan untuk murid, guru dan juga orang tua murid.

Tahun 2008 menjadi awal pengembangan situs Edmodo oleh Nic Borg dan Jeff O’hara.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja FTP

Situs Edmodo juga dapat dikatakan sebagai e-learning yang mengaplikasikan sistem belajar yang efisien, mudah dan juga menyenangkan bagi para murid, guru dan orang tua murid.

Situs ini termasuk jejaring sosial yang mengalami perkembangan dengan cepat dengan 1 juta pengguna dalam tiga tahun dimulainya situs Edmodo dan bertambah menjadi 7 juta pengguna di beberapa bulan kemudian, hingga 50 juta pengguna di tahun 2015. Sangat mencengangkan, bukan?

Seperti penjelasan sebelumnya, Edmodo sangat membantu para murid, guru dan orang tua murid untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.

Edmodo juga dapat dikatakan sebagai kelas virtual yang mudah diakses melalui jaringan internet yang dapat membagi kelas sama seperti pembagian kelas di dunia nyata. Untuk desain situs, Edmodo dapat dikatakan menyerupai Facebook.

Situs Edmodo memungkinkan para guru untuk mengirim tugas kepada murid, membuat kuis dan mengumpulkan nilai para murid dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya memanjakan para murid, situs Edmodo juga membantu para guru dari berbagai negara untuk saling berinteraksi.

Dalam menggunakan Edmodo, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni kode khusus bagi setiap kelas atau grup; apabila murid-murid ingin bergabung dengan suatu grup atau kelas di Edmodo, maka para murid harus memasukkan kode khusus grup tersebut yang diberikan oleh guru sebagai penanggung jawab kelas.

MANFAAT EDMODO DALAM PEMBELAJARAN

Terdapat beberapa manfaat yang Edmodo berikan bagi para penggunanya, antara lain:

  • Edmodo adalah sarana komunikasi dan diskusi yang efisien bagi murid dan guru.
  • Edmodo memungkinkan bagi para murid untuk saling berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari guru.
  • Edmodo memudahkan komunikasi antara guru, murid dan orang tua murid.
  • Menjadi sarana yang tepat untuk mengadakan ujian atau quiz.
  • Guru dapat membagi bahan ajar, seperti diktat, pertanyaan maupun video dan foto kepada murid dengan cepat dan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut.
  • Orang tua murid dapat dengan mudah memantau kegiatan belajar anak dengan mudah.
  • Mempermudah guru untuk memberi soal kepada murid dari mana saja dan kapan saja.

FITUR-FITUR EDMODO

Sebagai situs jejaring sosial yang memfasilitasi proses belajar-mengajar secara virtual, Edmodo mempunyai beberapa fitur-fitur yang ditawarkan, antara lain:

  • Polling

Polling adalah salah satu fitur di Edmodo yang hanya dapat dipergunakan oleh guru, dimana fitur ini dapat mengetahui tanggapan para murid terhadap suatu hal.

Fitur yang satu ini dapat dikatakan sebagai cara yang efektif untuk mendapat umpan balik atau feedback secara cepat mengenai suatu event yang baru saja terjadi, tugas dan lain-lain.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Pada halaman grup, klik ‘Poll’ di toolbar bagian atas.
  • Ketik pertanyaan yang hendak digunakan sebagai polling pada kotak ‘Question’.
  • Ketik pilihan jawaban yang Anda ingin berikan untuk dipilih para murid di kotak ‘Answer’. Apabila terdapat banyak pilihan jawaban, Anda dapat memberi jawaban tambahan melalui ‘Add Answer’.
  • Ketik nama murid, guru ataupun grup tujuan yang Anda pilih untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  • Pilih ‘Send Now’ apabila ingin mengirim pada saat itu juga atau ‘Send Later’ apabila ingin mengirim pada waktu tertentu.
  • Gradebook

Fitur gradebook pada Edmodo merupakan catatan nilai siswa secara virtual yang menyerupai catatan nilai pada umumnya.

Gradebook memungkinkan guru untuk memberi nilai secara otomatis ataupun manual.

Selain itu, fitur ini memudahkan guru untuk mengatur penilaian hasil belajar para murid. Nilai yang telah dimasukkan dapat diekspor menjadi tipe file .csv.

Guru memegang akses dan kendali penuh terhadap fitur gradebook sedangkan para murid hanya dapat melihat rekap nilai yang disajikan dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.

Gradebook memberi keuntungan bagi para guru untuk membuat catatan nilai yang lebih terorganisiir dengan cepat tanpa memakan waktu lama; guru dapat menambahkan periode nilai pada ‘Progress Book’, menambahkan tugas serta nilai dengan komputer dan memantau nilai para murid dengan mudah. Data yang terorganisir dapat membantu guru untuk memantau perkembangan belajar para murid.

  • File and Links

Fitur file and links memiliki fungsi untuk mengirim catatan dengan lampiran file dan tautan.

File tersebut dapat berformat .doc, .xls, .pdf, ataupun .ppt. Dengan fitur ini, para guru diberikan kemudahan untuk mengunggah teks, gambar, video atau apapun yang sifatnya dapat menambah informasi para murid dalam proses belajar.

Guru dapat mengunggah tambahan materi tersebut dan kemudian dapat disimpan dan dipelajari oleh para murid.

Namun, apabila tambahan materi tersebut berada di sebuah situs dengan ukuran file yang besar, maka guru dapat membagi tautan situs tersebut kepada murid melalui fitur yang sama.

  • Quiz

Fitur yang satu ini hanya dapat digunakan oleh guru, yang berarti para murid tidak memiliki akses untuk membuat quiz di Edmodo.

Para murid hanya dapat mengerjakan quiz yang telah diberikan oleh guru di situs Edmodo. Quiz ini dapat digunakan para guru untuk memberi evaluasi kepada murid secara online dengan pilihan ganda, isian singkat ataupun soal uraian.

Dengan Edmodo, quiz bagi para murid tidak melulu berupa teks; guru dapat menyisipkan gambar maupun video pada soal sebagai pelengkap.

Quiz yang telah siap dapat disimpan pada ‘Library’ dalam situs Edmodo, sehingga bila di kemudian hari para guru memerlukan file tersebut, mereka dapat dengan mudah membuka kembali di situs Edmodo.

Setelah menyelesaikan quiz, para murid dapat langsung mengetahui hasilnya dan dapat ‘Retake quiz’ apabila nilainya dirasa kurang.

  • Library

Fitur ini memungkinkan para guru untuk mengunggah bahan ajar yang dapat berupa teks, presentasi, video, gambar, dan lain-lain pada situs Edmodo.

Library juga memiliki fungsi sebagai sarana menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh para murid dan guru.

Bagi para guru, fitur ini sangat berguna untuk menyimpan ratusan file bahan ajar yang seringkali memberatkan komputer.

Library pada Edmodo memiliki kapasitas tana batas sehingga para guru dapat menyimpan, mengurutkan dan mengorganisir dokumen yang mereka miliki. Dokumen yang disimpan di Library dapat diakses dimanapun dan dibagikan ke guru lain dengan situs yang sama.

  • Assignment

Fitur assignment dapat digunakan guru untuk memberikan tugas secara online kepada para murid.

Kelebihan fitur ini ialah adanya waktu deadline, fitur ‘attach file’ yang memungkinkan para murid untuj mengunggah tugas dalam bentuk file dokumen dan juga ‘Turn in’ yang berfungsi sebagai penanda bahwa para murid telah menyelesaikan tugas.

  • Award Badge

Fitur ini memungkinkan para guru untuk memberikan reward atau penghargaan terhadap para murid melalui sebuah badge. Badge ini pula menjadi indicator track record positif para murid.

Murid-murid dapat termotivasi untuk meningkatkan belajar melalui badge yang mereka terima sebagai penghargaan atas kinerja mereka selama belajar dan mengerjakan tugas ataupun quiz.

Kelemahan fitur ini ialah hanya para guru yang dapat memberikan badge, sedangkan murid tidak dapat memberikan badge dan berlaku pula pada sesama guru.

Namun, terdapat beberapa badge yang disediakan oleh Edmodo yang diberikan secara otomatis kepada guru dalam berbagai kesempatan tertentu.

  • Parent Code

Para murid yang bergabung dalam Edmodo akan dengan otomatis mendapat kode untuk orang tua, dimana kode tersebut dapat digunakan orang tua murid untuk bergabung dalam Edmodo dan memantau proses belajar anaknya.

Orang tua murid hanya memerlukan satu ‘Parent Account’ untuk memantau semua grup yang diikuti oleh sang anak.

Melalui fitur ini, orang tua dapat memantau bagaimana kinerja belajar anak-anak mereka dan nilai-nilai yang didapat dengan mudah dan cepat.

Nah, itu tadi penjelasan tentang pengertian, manfaat serta fitur-fitur yang tersedia dalam Edmodo. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca sekalian, ya!

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DHCP

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test