Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Makar

Pengertian Makar adalah suatu tindak pidana yang berkaitan dengan keamanan dengan masalah keamanan negara. para pelaku makar bisa dikenai sanksi berupa kurungan maksimal 15 tahun penjara. Sementara pimpinan makar dapat dihukum pidana selama seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun.

Untuk mengenal lebih jauh masalah makar, berikut adalah pengertian dan definisi makar yang lebih mendetail :

Pengertian Makar

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata makar adalah perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah; perbuatan atau usaha dengan maksud hendak menyerang atau membunuh orang dsb.

Isitilah makar sendiri berasal dari Bahasa Belanda “anslaag” yang artinya penyerangan atau serangan.

Sedangkan menurut Dr. Mudzakir pengertian makar itu sendiri adalah merupakan suatu tindakan yang membuat pemerintah tidak bisa menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan undang-undang. Tindakan makar menurut pasal 107 KUHP terdiri dari 4 macam, yakni makar wilayah, makar ideologi, dan makar terhadap Kepala Negara atau Presiden.

Sedangkan dalam perspektif Islam, makar adalah suatu tindak pidana yang biasa disebut sebagai jarimah atau janiyat yang berarti segala larangan Allah SWT, dimana pelanggarnya ini membawa hukuman yang ditentukanNya. Singkatnya, makar adalah tindakan yang melanggar syariat Islam.

Baca Juga :

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test