Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Komponen, Aliran Dan Media Seni Lukis

Pengertian, Komponen, Aliran Dan media Seni Lukis – Ritaelfianis.com – Seni lukis adalah salah satu dari bberapa cabang seni rupa yang terwujud sebagai hasil dari imajinasi artis yang digambarkan melalui beberapa media seperti garis, warna, tekstur, gradasi, maupun bidang dan bentuk.

KOMPONEN SENI LUKIS

Komponennya terdiri dari beberapa elemen seperti subyek, bentuk, dan isi yang merupakan hal yang penting untuk dapat diperhatikan, karena perpaduan ketiganya akan menghasilkan suatu karya yang indah.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Jenis Dan Cabang Seni Tradisional

Berikut ini uraian masing-masing komponen di atas adalah:

  1. Subyek

Merupakan sesuatu yang menjadi bentuk lukisan.

Subjek dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Lukisan bentuk figuratif, dimana subyek benda masih berhubungan atau dengan mengambil bentuk atau pola dasar yang berada di alam.
  • Lukisan bentuk non figuratif atau abstrak, dimana subyek benda tidak berkaitan dengan alam.
  1. Bentuk

Bentuk adalah suatu cara seniman mewujudkan subyek yang dilukisnya menjadi suatu karya dua dimensi yang nyata.

  1. Isi

Isi merupakan hasil akhir yang ingin dicapai seniman, yakni hasil dari suatu ungkapan ekpsresi menjadi sebuah lukisan. Pengungkapan ini ditemukan dalam beberapa aliran seni lukis.

ALIRAN SENI LUKIS

Perkembangan seni lukis sejak lama telah melahirkan berbagai cabang-cabang aliran seni lukis. Diantaranya adalah:

  1. Aliran surealisme

Aliran surealisme adalah suatu aliran yang hubungannya sangat erat dengan dunia fantasi. Karya lukisan aliran ini memiliki bentuk atau lukisan yang tidak logis/khayalan, meskipun objek sasaran sangat natural.

  1. Aliran Kubisme

Aliran kubisme adalah suatu aliran seni lukis yang konsepnya menggunakan obyek dengan cara memotong, istorsi, overlap, transparansi, deformasi, dan aneka ragam tampak. Teknik ini dilakukan, melalui pendekatan bentuk-bentuk geometris, segitiga, kubus, segiempat, silinder, lingkaran, bola, kerucut, dan kotak-kotak.

  1. Aliran Romantisme

Aliran seni lukis ini berupaya untuk menggambarkan suatu kejadian yang menarik dan istimewa. Biasanya menampilkan sesuatu yang bersifat romantis, dalam bentuk sejarah, tragedi ataupun pemandangan alam. Aliran ini biasanya cenderung statis dan kaku.

  1. Aliran Ekspresionisme

Dalam aliran seni lukis ini, seniman mengekspresikannya lukisan dengan cara melebihkan situasi kenyataan dalam bentuk dan warna-warna untuk dapat mewujudkan emosi yang ingin disampaikan.

  1. Aliran Impresionisme

Aliran seni lukis ini mencoba untuk memperlihatkan lukisan melalui perwujudan alam. Ciri gambar cenderung tidak detail pada obyeknya dan kabur.

  1. Aliran Pointilisme

Aliran pointilisme merupakan aliran seni lukis yang menggunakan perwujudan titik-titik untuk melukiskan suatu obyek. Aliran ini merupakan lanjutan dari cabang impresionalisme.

  1. Aliran Fauvisme

Aliran ini membiarkan seniman untuk dapat berekspresi terhadap obyek lukisannya. Seniman diperbolehkan menambahkan warna seuai hati nurani dipadukan dengan obyeknya.

  1. Aliran Realisme

Aliran ini mewujudkan lukisannya sesuai dengan kjadian yang ada di kehidupan dalam keseharian.

  1. Aliran Naturalisme

Aliran ini mengupayakan seniman menggambarkan obyek secara natural.

  1. Aliran Abstraksionisme

Aliran abstraksionisme merupakan aliran yang menggunakan warna dan bentuk yang acak serta tidak terbatas. Karya seni lukis murni imajinasi dari seniman sendiri.

MEDIA SENI LUKIS

Media yang diperlukan dalam pembuatan seni lukis terdiri dari alat dan bahan. Berikut ini media seni lukis, meliputi:

  1. Bahan

Pada dasarnya setiap medium/bahan memiliki dua sifat dasar, yakni:

  • Sifat fisik, yaitu medium dapat dilihan dengan mata, permukaannya bisa kasar atau halus, keras, lunak, mudah pecah, bersifat elastis, dan lainnya.
  • Sifat estetis, yaitu sifat keindahan yang dimiliki setiap medium berbeda. Nilai estetika lukisan menggunakan media cat minyak tentu akan berbeda dengan lukisan yang menggunakan media cat air.
  1. Alat

Pemilihan alat yang baik harus sesuai dengan medium yang digunakan.

Alat yang biasa digunakan dalam seni lukis sama dengan peralatan menggambar pada umumnya, yaitu:

  • Cat air
  • Pensil
  • Cat poster
  • Pensil warna
  • Pastel
  • Kuas
  • Crayon
  • Cat akrilik

Baca Juga ; Pengertian, Ciri dan Macam-macam Syair

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test