Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Klasifikasi, Ciri dan Struktur Annelida

Pengertian, Klasifikasi, Ciri dan Struktur Annelida – Annelida adalah salah satu jenis cacing yang memiliki tubuh bersegmen dan menyerupai cincin.

Annelida merupakan salah satu filum dari golongan invertebrata dan dianggap memiliki struktur tubuh paling sempurna dibandingan filum-filum invertebrata lainnya. Berikut penjelasan mengenai Annelida, mulai dari pengertian dan struktur tubuhnya.

Pengertian Annelida

Kata Annelida diambil dari bahawa Yunani dari kata annulus yang memiliki arti cincin, dan kata oidos yang memiliki arti bentuk. Dengan kata lain Annelida merupakan hewan yang memiliki bentuk tubuh menyerupai susunan cincin.

Baca Juga : Pengertian, Struktur Tubuh dan Contoh Hewan Gastropoda

Annelida memiliki tubuh lunak dan basah serta menggunakan kulit sebagai alat pernapasannya. Annelida memiliki tubuh yang bersegmen dengan rongga tubuh sejati dan panjang tubuh antara 1 mm – 3 m. Filum Annelida dapat ditemukan di air laut, air tawar dan dalam tanah.

Klasifikasi Tubuh Annelida

Setidaknya ada sekitar 15.000 spesies Annelida berdasarkan jumlah rambut pada tubuhnya. Annelida dapat di klasifikasi dalam 3 kelompok yaitu :

1.      Polychaeta

Polychaeta diambil dari 2 kata bahasa Yunani, poli yang artinya banyak dan chaeta yang memiliki arti rambut. Sesuai dengan namanya kelas Polychaeta ini merupakan jenis Annelida dengan rambut paling banyak.

Setiap segmen dalam tubuh polychaeta mempunyai struktur mirip daging dengan bentuk dayung atau disebut Parapodia (bentuk tunggalnya adalah parapodium) Parapodia berfungsi sebagai alat gerak dan pada sebagian besar Polychaeta difungsikan pula sebagai insang karena terdapat pembuluh darah yang halus.

Ukuran tubuh annelida pada kelas ini berkisar antara 5- 10 cm. Dengan bagian tubuh kepala, mata dan sensor palpus.

2.      OligoChaeta

Oligochaeta diambil dari dua kata bahasa Yunani, yaitu Oligo yang memiliki arti sedikit dan chaeta yang berarti rambut. Kebalikan dari Polychaeta, kelas Oligochaeta merupakan kelas filum Annelida yang mempunyai sedikit rambut. Sebagian besar kelas Oligochaeta dapat ditemukan di tanah atau tempat lembap, dan sebagian dapat ditemukan hidup di air. Contoh annelida dari kelas ini adalah cacing tanah (pheretima sp) yang merupakan spesies paling terkenal dibandingkan spesies lain dalam kelas ini

3.      Hirudenia

Hirudenia adalah kelas filum annelida yang tidak memiliki rambut ataupun parapodium dalam tubuhnya. Sebagian besar Hirudenia merupakan organisme ektroparasit atau organisme yang dapat ditemukan di luar tubuh inangnya. Ukuran tubuh annelida pada kelas ini bervariasi antara 1 – 30 cm.

Ciri Annelida

  • Memiliki bentuk tubuh simetris bilateral dan mempunyai 3 lapisan embrional atau tripoblastik berupa ekstoderm, mesoderm, dan endoderm.
  • Memiliki rongga tubuh yang terbentuk dengan sempurna
  • Memiliki ruas di setiap tubuhnya, dengan setiap ruas dipisahkan oleh sekat dan bersifat metameri atau memiliki ruas yang sama
  • Memiliki seta atau duri halus di sekitar tubuhnya
  • Memiliki alat pencernaan sempurna, dengan mulut di depan dan anus dibelakang.
  • Alat ekskresinya berupa nefridia
  • Memiliki darah dengan hemoglobin sehingga darahnya bewarna merah.
  • Alat pernapasannya adalah kulit atau insang

Struktur Annelida

  • Annelida memiliki 3 lapisan embional atau tripoblastik berupa ekstoderm, mesoderm, dan endoderm dan memiliki rongga tubuh sejati atau selomata
  • Annelida memiliki segmen di seluruh tubuh dengan setiap segmen yang memiliki parapodia atau pelebaran dinding tubuh yang pipih, dan setiap parapodia memiliki seta atau duri halus
  • Setuap segmen pada tubuh annelida memiliki sekat yang disebut dengan septa. Sistem sirkulasi, sistem saraf dan sistem ekskresi saling berhubungan antar segmen dan menembus septa
  • Pada rongga tubuh annelida terdapat cairan yang berperan dalam pergerakan dengan melibatkan kotraksi otot dan seta. Otot pada annelida terdiri dari otot memanjang dan otot melingkar
  • Sistem pencernaan pada annelida termasuk sistem pencernaan sempurna dengan sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, faring, esophagus, usus dan anus.
  • Sistem sirkulasi pada annelida termasuk sistem sirkulasi tertutup atau darah yang mengalir melalui pembuluh darah
  • Pembuluh darah melingkari esophagus dan berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh serta membawa hasil metabolisme dan mengedarkannya ke seluruh tubuh
  • Annelida memiliki kemampuan autotomi dan regenerasi dengan memutuskan bagian tubuh tertentu saat merasa terancam.

Demikianlah pembahasan mengenai filum Annelida. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai filum pada makhluk hidup. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Struktur Tubuh, Klasifikasi dan Ciri Monera

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test