Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Karakteristik, Fungsi, dan Proses Terbentuknya Angin

Pengertian, Karakteristik, Fungsi, dan Proses Terbentuknya Angin – Angin merupakan suatu aliran udara yang mengalir dengan kecepatan tertentu, berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kecepatan angin relatif dinamis dan tidak tetap atau dapat berubah – ubah. Angin terjadi karena adanya rotasi bumi, perbedaan suhu dan tekanan udara.

Rotasi bumi yang menyebabkan terjadinya angin disebut dengan pengaruh carioles.

Efek carioles menyebabkan angin berputar searah jarum jam ketika bergerak mengitari daerah pada bumi bagian selatan yang memiliki tekanan udara yang rendah, dan bergerak berlawanan arah jarum jam ketika bergerak mengitari bumi bagian utara yang memiliki tekanan udara rendah.

Baca Juga : Pengertian, Penyebab, dan Jenis Erosi

Angin sangat dipengaruhi oleh tekanan udara, posisi bumi, tinggi rendahnya suatu tempat, waktu, juga perputaran bumi.

Gesekan pada permukaan bumi menyebabkan kecepatan angin pada permukaan bumi menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan angin pada lapisan yang lebih tinggi di luar permukaan bumi. Angin memiliki beberapa ciri – ciri yaitu:

  1. Kecepatan angin pada umumnya adalah 1225 kg/m3.
  2. Kekuatan angin berbanding lurus dengan kecepatannya. Semakin cepat suatu angin semakin besar pula kekuatannya, begitu pula sebaliknya, semakin rendah kecepatan angin maka kekuatannya pun semakin kecil.
  3. Angin akan bergerak dari tempat dengan tekanan udara tinggi ke tempat dengan tekanan udara rendah.
  4. Kecepatan dan arah angin tidak stabil dapat berubah – ubah kapan saja dan disebut dengan turbulensi.
  5. Angin dapat mempercepat proses pendinginan suatu benda.
  6. Angin dapat menyebabkan tekanan dan gesekan terhadap benda yang dilewatinya dan terhadap permukaan yang menentang arah angin.
  7. Kecepatan angin yang beragam dan berubah – ubah disebabkan oleh perbedaan tekanan udara antara tempat asal dan tempat tujuan, juga dipengaruhi oleh medan yang dilaluinya.

Angin memiliki beberapa fungsi. Fungsi dasar angin adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai alat perpindahan panas. Perpindahan panas terjadi dari tempat lintang rendah ke tempat lintang yang lebih tinggi.
  2. Sebagai alat perpindahan uap air. Angin akan membawa uap air yang ebrasal dari lautan dan akan dibawa menuju ke daratan yang nantinya akan dikondensasikan dengan turun menjadi air hujan sebagai cadangan air untuk dapat memenuhi kebutuhan makhluk hidup.

Selain dua fungsi dasar tersebut, angin juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Membantu proses penyerbukan bunga.
  2. Membantu mempercepat pendinginan benda panas.
  3. Sebagai bahan utama dalam pembangkit listrik tenaga angin dengan mengontrol dan memutar kincir angin sebagai sumber tenaga.
  4. Dapat mencampurkan dan membuat keseimbangan pada daerah dengan lapisan udara yang lembap dan dingin, antara undara yang panas dan dingin, juga mencampurkan daerah yang kaya akan CO2 dan O2 dengan daerah yang miskin akan CO2 dan O2.

Proses terbentuknya angin terjadi ketika matahari memanaskan udara yang ada di bumi menyebabkan udara bumi memuai dan naik ke atmosfer.

Udara yang ada bumi menjadi berkurang dan menyebabkan tekanannya berkurang dan menyebabkan suhunya meningkat dan menjadi lebih panas.

Udara yang ada di atmosfer, yang memiliki tekanan tinggi, akan turun ke permukaan bumi, yang memiliki tekanan udara rendah.

Udara yang turun tadi akan menyusut dan menjadi lebih berat setelah sampai ke bumi, kemudian udara tersebut naik kembali ke atmosfer.

Pergerakan udara yang berlangsung dengan arah bolak – balik dari darat menuju ke atmosfer inilah yangn nantinya akan membentuk angin.

Proses pemanasan dan pendinginan yang terjadi di daerah lintang rendah dengan daerah lintang tinggi inilah yang biasanya menjadi sumber dari terbentuknya angin.

Hal tersebut juga yang dapat mempertahankan kecepatan angin dengan adanya gesekan dengan permukaan bumi.

Baca Juga : Pengertian, Faktor Yang Mempengaruhi, dan Proses Terbentuknya Arus Laut


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 Frontier Theme