Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Kalimat Imperatif

Pengertian Kalimat Imperatif – Deskripsi kalimat banyak macamnya. Kurang lebih ada 3 bentuk kalimat yang harus anda ketahui. Ada kalimat imperatif, Kalimat deklaratif dan kalimat interogatif. Ketiga kalimat ini, memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Karena ketiga kalimat memiliki pengertian yang berbeda, tentu tehnik penulisannya juga berbeda. Namun, anda tidak akan pernah tahu perbedaan penulisan kalimat, apabila anda tidak mengetahui definisi kalimatnya. Dari definisi itulah, ciri-ciri penulisan kalimat menjadi jelas. Sehingga ketika anda menuliskannya, Kalimat menjadi tidak salah.

Nah, atas dasar itulah, pada artikel berikut ini, akan kami jelaskan pengertian satu kalimat yaitu pengertian kalimat imperatif. Silakan dicermati tanda-tandanya. Sehingga, anda bisa menuliskannya dengan tepat dan benar.

Pengertian Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif adalah kalimat perintah. Atau kalimat yang berisi komando. Kalimat ini diucapkan dalam fungsinya untuk memerintahkan seseorang. Sehingga dengannya, orang mau melakukan instruksi anda dengan segera.

Untuk kalimat imperatif tulis, biasanya intonasi final yang digunakan adalah tanda seru dan tanda titik. Sedangkan tanda tanya digunakan sebagai intonasi final kalimat interogatif.  Akan tetapi, untuk penggunaan kalimat imperatif lisan, tanda tandanya berbeda. Tandanya terletak pada tekanan irama pengucapannya saja.

Terkadang, tanda-tanda kalimat imperatif lisan, juga disertakan body language tertentu. Seperti menunjuk jari, ucapan diawali dengan kata permintaan seperti tolong dan volume suara datar dibandingkan kalimat pernyataan dan pertanyaan.

Contoh Contoh kalimat imperatif

Nah, agar pemahaman anda lebih lengkap, berikut ini kami sertakan juga contoh kalimat imperatif:

  1. Tolong tinggalkan saya sendiri!
  2. Silakan hapus papannya sampai bersih.
  3. Buka pintunya nak.
  4. Buanglah sampah pada tempatnya!

Silakan anda latih penggunaan kalimat ini secara terus menerus. Baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan. Niscaya, anda pasti tahu perbedaan-perbedaannya dengan kalimat yang lain.

Itulah pengertian kalimat imperatif lengkap dengan beberapa contoh penulisannya. Semoga dengan pengertian ini, Anda bisa menggunakannya dengan benar. Karena jika penggunaan kalimat salah, apalagi yang berupa tulisan, cara membacanya juga salah. Sehingga informasinya tidak tersampaikan dengan baik.

Baca Juga : Pengertian kalimat deklaratif

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test