Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan Anggaran Perusahaan

Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan Anggaran Perusahaan – Anggaran merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap jenis perusahaan dalam meninjau laju pertumbuhan ekonomi pada perusahaan tersebut, karena tanpa adanya anggaran suatu perusahaan tidak dapat merencanakan atau memantau sistem yang diterapkan dalam perusahaan tersebut.

Dengan kata lain, anggaran adalah hal yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan.

Adapun pengertian lain tentang anggaran yaitu suatu rencana yang telah disusun secara sistematis, meliputi keseluruhan kegiatan perusahaan yang dijelaskan dalam suatu unit kesatuan moneter aktif pada jangka waktu tertentu, ataupun yang akan datang.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, dan Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Karena rencana yang disusun tersebut dinyatakan dalam bentuk unit moneter, maka anggaran juga biasa disebut dengan rencana keuangan.

Sedangkan pengertian anggaran perusahaan itu sendiri adalah suatu proses perencanaan dan pengendalian sistem perusahaan yang dapat dijelaskan dalam sebuah kegiatan dan memiliki tujuan untuk mengestimasikan operasi perusahaan ke dalam estimasi keuangan.

Jenis-jenis Anggaran Perusahaan

Adapun jenis-jenis anggaran perusahaan antara lain :

  1. Anggaran penjualan

Anggaran penjualan adalah suatu anggaran yang menggambarkan secara rinci mengenai penjual perusahaan yang ada dimasa depan, yang meliputi rencana jenis-jenis barang, jumlah, harga, waktu, ataupun tempat penjualan barang perusahaan tersebut.

  1. Anggaran produksi

Anggaran produksi adalah suatu anggaran yang meliputi rencana-rencana unit yang dibuat selama periode anggaran.

  1. Anggaran biaya bahan baku

Anggaran biaya bahan baku sangat penting dalam proses produksi berfungsi dalam memberikan estimasi pada bahan baku, yang dinyatakan dalam satuan uang dan jumlah bahan baku.

  1. Anggaran tenaga kerja langsung

Anggaran tenaga kerja langsung digunakan untuk mengestimasi biaya tenaga kerja selama periode anggaran dan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan anggaran kas dan rugi-laba.

  1. Anggaran overhead pabrik

Anggaran ini digunakan untuk membuat estimasi biaya overhead pabrik selama periode waktu tertentu sebagai acuan pembuatan anggaran kas dan rugi-laba.

  1. Anggaran persediaan

Anggaran persediaan merupakan suatu anggaran perencanaan yang terperinci dan jelas yang memuat tentang berapa nilai persediaan yang ada pada periode yang akan datang.

  1. Anggaran biaya produksi

Anggaran ini meliputi anggaran biaya pemasaran dan anggaran biaya administrasi serta biaya umum.

  1. Anggaran progam

Anggaran progam merupakan anggaran operasi yang telah disusun sedemikian mungkin berdasarkan progam utama suatu perusahaan yang berupa jenis atau produk.

  1. Anggaran pertanggung jawaban

Anggaran ini merupakan anggaran operasi yang disusun berdasarkan pusat pertanggungjawaban yang ada dalam suatu perusahaan.

  1. Anggaran pengeluaran modal

Anggaran ini merupakan anggaran yang berisi mengenai rencana perubahan aktiva tetap suatu perusahaan selama periode waktu anggaran.

  1. Anggaran kas

Anggaran kas ini mengandung estimasi mengenai sumber dan penggunaan kas selama periode waktu tertentu. Anggaran kas ini meliputi anggaran operasi dan pengeluaran modal, selain itu juga digunakan sebagai dasar dalam penyusunan anggaran neraca.

  1. Anggaran rugi-laba

Anggaran rugi-laba ini mengandung estimasi mengenai rugi atau laba dari suatu perusahaan selama jangka waktu anggaran.

  1. Anggaran neraca

Anggaran ini berisi mengenai rencana posisi keuangan atau aktiva, utang maupun modal suatu perusahaan pada awal dan akhir periode anggaran.

  1. Anggaran perubahan posisi keuangan

Anggaran ini berisi mengenai rencana perubahan utang, aktiva, maupun modal suatu perusahaan selama periode waktu anggaran yang disusun berdasarkan anggaran neraca.

Manfaat Anggaran Perusahaan

  1. Terdapat perencanaan yang terpadu.
  2. Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan.
  3. Sebagai alat pengkoordinasian kerja.
  4. Sebagai alat pengawasan kerja.
  5. Sebagai alat evaluasi kegiatan perusahaan.

Tujuan Anggaran Perusahaan

Adapun tujuan penyusunan anggaran perusahaan adalah sebagai berikut :

  • Untuk dapat menyatakan tujuan perusahaan secara jelas dan formal, sehingga dapat menghindari kerancuan dan memberikan arah yang tepat terhadap tindakan yang hendak dicapai manajemen.
  • Untuk dapat mengkomunikasikan tujuan manajemen sehingga anggaran dapat dimengerti, didukung, dan dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait.
  • Untuk dapat menyediakan rencana terinci mengenai aktivitas dengan tujuan dapat mengurangi ketidakpastian dan mampu memberikan arahan yang tepat bagi individu maupun kelompok  dalam mencapai tujuan perusahaan.
  • Untuk dapat mengkoordinasikan metode yang akan dilaksanakan dalam upaya memaksimalkan sumber daya.
  • Untuk dapat menyediakan alat ukur dan mampu mengendalikan kinerja individu maupun kelompok, serta menyediakan informasi yang menjadi dasar perlu atau tidaknya tindakan koreksi.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Dan Teori Nilai Uang


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test