Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Jenis-Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya Inflasi

Pengertian, Jenis-Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya InflasiPengertian Inflasi adalah suatu keadaan harga barang dan jasa menjadi naik secara terus menerus yang mengakibatkan ketidakseimbangan pada arus barang dan juga uang di dalam suatu perekonmian.

Kenaikan harga tersebut berupaka harga dari semua kebutuhan masyarakat yang terjadi secara berulang-ulang dan bukan hanya sekali saja.

Biasanya kenaikan suatu barang dan juga as terjadi ketika permintaan banyak namun sedikit penawaran atau ketersediaan barang dan jasa yang ada di pasaran yang tetap dan bahkan menurun.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Teori Dividen dalam Sebuah Akuntansi

Jenis-Jenis Inflasi

Berdasarkan sifatnya Jenis inflasi terbagi atas 4 yaitu

  • Inflasi rendah (creeping inflation)

Inflasi tersebut merupakan laju inflasi yang rendah sekitar kurang dari 10% pertahun nya yang menyebabkan kenaikan harga yang relative lambat dan berlangsung secara lambat.

  • Inflasi Sedang (Galloping inflation)

Jenis inflasi ini berada sedikit di atas inflasi rendah, memiliki laju sekitar 10-30% per tahun, biasanya inflasi ini ditandai dengan adanya kenaikan harga yang lumayan besar dan waktu singkat.

  • Inflasi berat (high inflastion)

Jenis inflasi ini ialah inflasi yang tergolong besar serta lajunya mulai dari 30-100% pertahun, untuk jenis inflasi ini kenaikan harga pada kebutuhan masyarakat naik secara signifikan dan sulit untuk di kendalikan.

  • Inflasi sangat berat (hyperinflation)

Inflasi jenis ini bisa sangat di rasakan dan terjadi secara besar-besaran hingga mencapai lebih dari 100%.

Bahkan Indonesia pernah mengalami jenis inflasi ini yang mencapai 600% pada tahun 1998, di sebabkan karena terjadi percetakan uang secara besar-besarn hanya untuk menutupi defisit anggaran.

Penyebab Inflasi

Di dalam suatu Negara yang terjadinya inflasi memiliki beberapa factor sebagai penyebabnya, diantaranya ialah:

  1. Inflasi karena permintaan

Penyebab inflasi ini karena adanya permintaan atau daya tarik masyarakat yang kuat terhadap suatu barang.

Secara umum inflasi ini karena adanya permintaan atau penawaran terhadap barang dan juga yang ada di dalam negeri untuk waktu yang lama dan di butuhkan oleh masyarakat dalam jumlah besar.

Inflasi jenis ini sering terjadi pada Negara yang mempunyai pertumbuhan pesat serta kesempatan kerja yang tinggi sehingga membuat pendapatan masyarakatnya yang tinggi.

  1. Bertambahnya uang yang beredar

Teori inflasi ini yang di sebabkan oleh bertambahnya uang yang beredar di sampaikan oleh kaum klasik yang mengungkapkan bahwa ada kaitan nya uang yang beredar dengan harg, sehingga jumlah harga yang tetap namun uang yang beredar menjadi lebih besar.

  1. Biaya produksi yang naik

Jenis inflasi ini karena adanya kenaikan dari biaya produksi dalam jangka tertentu dan terjadi secara terus menerus. Inflasi kenaikan biaya produksi di sebabkan oleh desakan dari biaya produksi yang terus terusan naik.

Namun hal itu di sebabkan karena beberapa hal seperti turunnya nilai tukar mata uang asing dan dalam negeri, barang-barang dari luar negeri menjadi mahal, serta terjadi ketidak seimbangan di antara jumlah tenaga kerja dan juga permintaan barang, sheingga pemerintah menikan harga produksi.

 Cara Mengatasinya Inflasi

  • Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter merupakan salah satu cara dalam mengatasi inflasi di mana kebijakan tersebut di ambil langsung oleh pemerintah yang bertujuan dalam menjaga kestabulan moneter supaya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat

  • Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiscal merupakan suatu langkag di dalam memenuhi permintaan dan juga pengeluaran pemerintah dan kebijakan tersebut dapat mempengaruhi inflasi.

  • Kebijakan Lainya

Selain kebijakan moneter dan fiscal pemerintah memiliki kebijkan lain nya yaitu meningkatkan jumlah produksi, menetapkan harga maksimum untuk setiap barang yang beredar dan lain sebagainya

Baca Juga : Pengertian, Unsur, Indikator dan Tujuan dari Remunerasi Karyawan

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test