Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, jenis dan manfaat jaringan Komputer

Pengertian, jenis dan manfaat jaringan Komputer – Jaringan computer adalah suatu system jaringan yang jumlahnya lebih dari satu, dua atau lebih computer yang mana jaringan computer tersebut saling berhubungan satu sama lain yang menggunakan media transmisi atau pun media komunikasi yang dapat saling berbagidata, aplikasi serta software computer.

Istilah dari jaringan computer sendiri ialah kumpulan terminal komunikasi yang saling terhubung dengan tujuan agar jaringan computer dapat berbagi informasi maupun data yang dibawa oleh pengirim dan bisa diterima oleh penerima atau receiver dengan akuran dan juga tepat.

Dengan menggunakan jaringan computer maka akan dengan mudah melakukan komunikasi satu sama lain denga sangat mudah dan cepat.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Keyboard pada Laptop dan Komputer

Karena jaringan computer berperan dalam mengintegrasikan data dari computer satu ke yang lainnya sehingga mampu menghasilkan data yang relavan.

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan mengenai jaringan computer yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kebutuhan, diantaranya ialah:

  1. Mampu mnegakses data yang dimiliki sekaligus data orang lain yang sebelumnya tela disebarluasjkan melalui suatu jaringan. Contohnya ialah jaringan internet yang saat ini telah banyak digunakan oleh semua orang.
  2. Mampu melalakukan akses dalam mengirim file atau data secara cepat.
  3. Dengan adanya jaringan computer maka akan membantu orang dalam melakukan hubungan jarak jauh dibeberapa Negara yang berbeda dengan snagat mudah.
  4. Pengguna jaringan computer juga dapat melakukan pengiriman gambar, audioa, teks ataupun video yang bisa dikirim secara cepat dan aman dengan bantuan jaringan computer.
  5. Mampu mengakses beberapa informasi atau berita yang disebarkan melaluli internet, keran internet ialah salah satu jaringan kompputer yang sangat mudah dipakai.
  6. Jaringan computer yang terhubung satu sama lain tentunya akan membantu dalam memyelesaikan berbagai macam tugas. Seperti ingin mencetak gambar, hanya memerlukan satu printer saja yang akan mudah digunakan oleh semua orang.

Jaringan computer pada dasarnya telah kelompokan atas 5 bagian  seperti distribusi sumber infomasi, media transmisi data, jangkuana geografis, hubungan setiap computer dalam memproses data dan juga berdasarkan topologi yang digunakan.

  • Distribusi sumber informasi 

Jaringan terpusat yang merupakan suatu jaringan yang terdiri atas computer klien serta computer server.

Tugas dari computer klien ialah sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi dimana informasi tersbeut berasal dari computer server.

Selain itu didalam jaringan yangtrepusat terdapat terminal bisu atau dumb terminal yang tidak memiliki proses data.

Sedangkan Jaringan terdistribusi adalah paduan dari hasil komputer jaringan yang terpusat sehingga beberapa dari jaringan computer server dan juga lien bisa terhubung dan membentuk suatu jaringan.

  • Media transmisi data

jaringan berkabel atau  wired network menggunakan jaringan berkabel yang dihubungkan dengan computer satu dan lainnya supaya bisa bertukar informasi dan jaringan nirkabel wireless network.

Sedangkan jaringan nirkable atau wireless network ialah tanpa menggunakan kabel dan hanya menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmidi data.

  • Jangkauan geografis 

LAN (Local Area Network)  yang merupakan jaringan yangmampu mecakup wilayah kecil seperti dikantor, sekolah atau warnet.

MAN (Metropolitan Area Network) ialah jaringan dengan jangkauan yang hanya mencakupdaerah geografis yang luas. Seperti contohnya Negara atau benua.

WAN (Wide Area Network) sering kali digunakan dalam menghibungkan dua atau lebih jaringan sehingga jaringan tersbeut mampu berkomunikasi dengan lainnya dalam lokasi yang berbeda.

  • Berdasarkan topologi

Yang dimakasud dengan topologi dalam jaringan computer adalah struktur atau bentuk dari jaringan yang mneghubungkan computer satu dengan computer lainya.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi OS (Sistem Operasi)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test