Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Jenis Dan Contoh Zalim

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian zalim  terkait dengan ajaran Agama Islam untuk bahan renungan dan diharapkan berguna di masa depan.

Yang dimaksud dengan zalim dalam Bahasa Arab ‘Dholim’ pada ajaran agama Islam merupakan sebuah pengkondisian tentang sesuatu atau berhubungan dengan perkara yang bukan selayaknya. Kelompok orang – orang yang diketahui berbuat zalim diberi

Jenis Zalim

1. Zalim kepada Allah Swt.

Yang dimaksud dengan zalim kepada Allah Swt. adalah bagian tertinggi dari kezaliman umat Manusia di Bumi ini ! Zalim yang ditujukan kepada Allah Swt. dapat anda nilai / rasakan berupa wujud yaitu perbuatan – perbuatan asusila seperti syirik, tidak takut kepada Allah, tidak percaya dan tidak mengakui bahwa Allah adalah ‘khaliq’ serta ragam tindakan keliru lainnya.

2. Zalim terhadap anggota tubuh pemberian Allah Swt.

Yang dimaksud dengan jenis zalim ini adalah berhubungan dengan seluruh anggota tubuh Manusia dimana diketahui bahwa masing – masing anggota tubuh merupakan karunia dari Allah Swt. yang kondisinya wajib untuk dijaga dengan sebaik – baiknya. Masing – masing anggota tubuh seharusnya dapat difungsikan untuk melakukan hal – hal atau perbuatan yang memudahkan bersangkutan untuk menjalankan sikap – sikap terpuji guna mendekatkan diri kepada Allah Swt. Maka dari itu hindari memfungsikan anggota tubuh untuk melakukan atau berbuat hal – hal terkait dengan ‘maksiat’.

3. Zalim terhadap harta

Yang dimaksud dengan harta benda adalah sebuah karunia yang diberikan oleh Allah Swt. sebagai titipan dimana sewaktu – waktu titipan tersebut akan diambil kembali oleh pemilikNya. Maka dari itu titipan ini sudah seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Contohnya adalah memberikan bantuan / menolong fakir miskin.

4. Zalim kepada sesama Manusia

Yang dimaksud dengan zalim kepada sesama Manusia adalah perbuatan – perbuatan asusila yang bertentangan dengan ajaran Allah Swt, seperti dalam bentuk pemukulan, fitnah, penghinaan, dan perbuatan – perbuatan buruk lainnya. Zalim kepada sesama Manusia adalah topik yang terpopuler saat ini dibahas dan muncul ke permukaan.

5. Zalim terhadap sesama makhluk hidup

Bagian kelima ini adalah bagian terbanyak yang dibahas oleh pakar untuk diteruskan kepada masyarakat yang beragama Islam yaitu perbuatan zalim yang dilakukan terhadap sesama makhluk hidup di Bumi ini, Contohnya adalah merusak lingkungan, lupa memberi makan binatang, suka menyiksa hewan, dan perbuatan – perbuatan asusila lainnya.

Di Bawah Ini Adalah Contoh Zalim Menurut ‘Hadist’

Sesuai dengan ajaran ‘Hadits Shahih’ yang dikisahkan oleh Ibnu Sirin menjelaskan bahwa ‘Rasullulah’ pernah bersabda : dari sekian banyak bentuk – bentuk kezaliman seseorang terhadap orang lain, saudara atau sesama makhluk hidup di Bumi ini, adalah bahwa ia pernah / menyebutkan keburukan – keburukan yang ia ketahui diantara mereka lalu dengan sengaja atau tanpa sengaja menyembunyikan kebaikan – kebaikan yang pernah mereka lakukan, akan mendekatkan kepada zalim.

Sumber yang lainnya juga meriwayatkan tentang kisah Abu Dzar-Al-Ghifari dari Rasulullah seperti ia diberikan wahyu oleh Allah Swt. dengan firmannya yaitu menceritakan tentang hamba – hamba Allah Swt. sesungguhnya adalah mengharamkan perbuatan – perbuatan kezaliman dan memantapkan haramnya perbuatan kezaliman yang dimaksud, maka diharapkan masyarakat janganlah menuruti apalagi memberlakukan tindakan zalim tersebut.

Baca Juga :

Seperti hadits lain, Muhammad bersabda dan berharap bahwa mahkluk hidup di Bumi ini takut dan dilarang untuk berbuat zalim karena kezaliman akan menyebabkan dunia menjadi gelap seperti hari kiamat sudah dekat.

Demikian kami mengulas dengan singkat tentang zalim, semoga bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test