Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Jenis, dan Contoh Konservasi

Pengertian, Jenis, dan Contoh KonservasiRitaelfianis.com – Konservasi adalah sautu upaya pelestarian atau perlindungan terhadap lingkungan untuk menjaga habitat alami agar tetap stabil dan terlindungi.

Konservasi juga digunakan oleh umat manusia saebagai salah satu bentuk melestarikan alam, sebagai wujud melindungi suatu spesies atau bahkan suatu ekosistem dari suatu kepunahan.

Hal ini dimaksudkan agar kestabilan ekosistem tetap terjaga, karena punahnya atau terancam suatu spesies dapat berdampak pada keseluruhan ekosistem.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan iklim tropis dan sub tropis

Ada beberapa alasan mengapa harus dilakukan suatu konservasi, yaitu:

  1. Rusaknya suatu habitat
  2. Terancamnya dan mulai melangkanya suatu spesies
  3. Keseimbangan alam yang mulai terganggu, dapat dilihat dari berbagai bencana alam yang terjadi seperti banjir.
  4. Maraknya pengrusakan yang disebabkan oleh manusia, mulai dari penggundulan hutan, perburuan hewan dilindungi, pencemaran lingkungan yang berakibat hancur dan matinya beberapa spesies flora dan fauna, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa tujuan dibangunnya suatu konservsi:

  1. Melindungi suatu tempat dari kehancuran
  2. Mengembalikan fungsi dari suatu ekosistem
  3. Melindungi benda-benda bersejarah
  4. Selain sebagai tempat perlindungan dapat juga dijadikan tempat perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di masa mendatang
  5. Sebagi tempat wisata ramah lingkungan

Berikut beberapa manfaat dilakukannya konservasi, yaitu:

  1. Melindungi kekayaan alam dan juga menjaga keseimbangan alam dalam jangka waktu panjang
  2. Melindungi spesies flora dan fauna yang terancam
  3. Melindungi ekosistem yang unik dan indah
  4. Melindungi ekosistem dari kehancuran dan juga pengrusakan yang ditimbulkan baik dari alam maupun manusia
  5. Menjaga kualitas lingkungan.

Kawasan yang dijadikan sebagai suatu konservsai haruslah memiliki karakteristik berikut:

  1. Memiliki keaslian, keunikan, atau karakteristik asli dari temapt tersebut, contoh hutan hujan tropis, haruslah memiliki penggunungan, daerah rawa gambut, dataran rendah, hingga pantai.
  2. Habitat yang sesuai. Banyak flora dan fauna yang terancam punah karena habitat aslinya mulai menghilang atau karena banyak diburu. Hewan-hewan endemik atau hewan-hewan asli suatu daerah ( seperti harimau sumatera, harimau jawa, badak bercula satu, elang jawa, burung jalak bali, burung cendrawasih, orangutan) membutuhkan habitat aslinya untuk dapat bertahan hidup, karena itu konservasi harus di bentuk sedemikian rupa agar menyerupai habitat aslinya.
  3. Suatu konservasi haruslah memiliki keanekaragaman plasma nutfah alami.
  4. Memiliki perlindungan bagi tanah,air, dan iklim global.

Ada beberapa contoh konservasi yang dilakukan oleh manusia, yaitu:

  1. Cagar alam. Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam yang di dalamnya terdapat keanekaragaman flora, fauna, dan ekosistem yang memiliki keunikan tersendiri. Contoh cagar alam di Indonesia adalah cagar alam ujung kulon di Provinsi Banten tempat badak bercula satu, banteng, babi hutan, dan beberapa jenis burung laut. Cagar alam Cibodas di Provinsi Jawa Barat tempat perlindungan hutan hujan tropis.
  2. Suaka marga satwa. Suaka marga satwa adalah suatu habitat khusus sebagai tempat hidup marga satwa yang dilindungi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. Contoh suaka maraga satwa Gunung Lauser di NAD tempat badak sumatera, gajah, orangutan, rusa, tapir, harimau, dan lainnya. Suaka marga satwa Pulau Komodo di NTT tempat perlindungan komodo, biawak, babi hutan, burung kakak tua, dan lainnya.
  3. Hutan konservasi. Hutan konservasi merupakan suatu hutan yang dibangun ataupun dijaga kelestariannya utnuk melindungi berbagai ekosistem di dalamnya, dapat juga digunakan sebagai tempat sumber ilmu pengetahuan, rekreasi, dan juga tempat tersimpannya koleksi flora unik. Contoh hutan konservasi adalah hutan bakau. Hutan Raya Bogor tempat koleksi ribuan tumbuhan dan bunga.

Baca Juga : Contoh dan Perbedaan Keanekaragaman Ekosistem dan Keanekaragaman Jenis


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test