Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Jenis dan Contoh Cerita Fiksi

Pengertian, Jenis dan Contoh Cerita Fiksi – Secara umum pengertian cerita fiksi dikenal sebagai sebuah cerita hasil dari rekaan atau karangan yang dibuat oleh pengarangnnya. Ada pula yang beranggapan bahwa cerita fiksi adalah sebuah cerita yang dihasilkan dari imajinasi dan fantasi (sebuah angan-angan) dan bukan berdasarkan dari kenyataan.

Untuk mengenal cerita fiksi lebih jauh, berikut adalah pengertian, jenis dan contoh cerita fiksi:

Pengertian Cerita Fiski

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Fiksi memiliki arti pernyataan yang hanya berlandaskan pada khayalan atau pikiran, atau Rekaan; khayalan yang tidak berlandaskan kenyataan.

Sedangkan beberapa ahli berpendapat cerita fiksi adalah bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakon, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh imajinasi.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa cerita fiksi adalah sebuah karangan naratif yang sifatnya imajinatif atau karangan non-ilmiah dan bukan berdasarkan kenyataan. Dengan kata lain, cerita fiksi adalah sebuah cerita yang tidak pernah terjadi di dunia nyata dan hanya berdasarkan pada khayalan atau imajinasi seseorang.

Adapun ciri-ciri dari cerita fiksi, yaitu:

  • Berisi khayalan oleh seorang pengarang
  • Bahasanya bersifat Konotatif
  • Memiliki kebenaran yang relatif atau tidak mutlak
  • Memiliki pesan moral atau amanat tertentu
  • Tidak memiliki sistematika yang baku
  • Sasarannya adalah emosi atau perasaan seseorang

Jenis dan Contoh Cerita Fiksi

Novel : Novel adalah salah satu jenis karya sastra, merupakan cerita fiksi dalam betuk tulisan yang di dalamnya terdapat unsur instrinsik dan ekstrinsik. Sebuah novel biasanya menceritakan sebuah kehidupan seorang tokoh dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya.

Contoh : The Da Vinci Code (Dan Brown), Negeri 5 Menara (Ahmad Fuadi), Sang Pemimpi (Andrea Hirata), Madre (Dee Lestari)

Cerpen : Cerpen adalah sebuah cerita fiksi yang memamparkan sebuah kisah atau cerita tentang kehidupan yang berbentuk tulisan pendek. Biasanya cerpen cenderung padat dan langsung pada tujuannya, dibandingkan dengan novel atau karya fiksi lainnya.

Contoh : Laki-Laki Sejati (Putu Wijaya), Ketika Mas Gagah Pergi (Helvy Tiana Rosa), Cinta Laki-Laki Biasa (Asma Nadia)

Cerita Rakyat : Cerita rakyat adalah cerita yang berkembang di masyarkat pada masa lampau. Biasanya bercerita tentang asal-usul suatu tempat atau suatu kejadian. Adapn beberapa jenis cerita rakyat adalah:

  • Cerita Jenaka

Cerita jenakan adalah sebuah cerita yang berisi kecerdikan atau kekonyolan yang bertujuan agar para pembaca atau pendengarnya tertawa.  Contoh : Cerita Pak Pandir, Cerita Lebai Malang dan Pak Kaduk.

  • Mite

Mite adalah sebuah cerita mengenai suatu benda, tempat atau kejadian yang mempunyai kekuatan gaib seperti cerita tentang dewa atau peri. Contoh : Nyi Roro Kidul, Joko Tarub, Dewi Nawang Wulan

  • Fabel

Fabel adalah cerita yang di dalam ceritanya diperankan oleh tokoh-tokoh yang berupa hewan. Biasanya hewan-hewan dalam cerita fabel memiliki tingkah laku yang mirip dengan manusia, seperti berbicara dan bermasyarakat. Contoh : Si kancil, Kelici dan Kura-kura.

  • Legenda

Legenda adalah sebuah cerita yang berkembang di masyarakat yang berkisah tentang riwayat atau suatu tempat, kejadian serta asal-usul suatu benda yang dianggap benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering juga disebut dengan “sejarah kolektif” atau folk history.

Contoh : terjadinya gunung tangkuban perahu, terbentuknya danau toba, Legenda Candi Prambanan, dll.

  • Sage

Sage adalah cerita dongeng yang berhubungan dengan kisah keberanian atau kepahlawanan seseorang. Contoh : Ciung wanara, Airlangga, Calon Arang, Panji, dll.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test