Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Islam Dalam Al – Qur’an

Pengertian Islam – Islam menurut asal – usul berdasarkan bahasa adalah pertama kali berasal dari suku kata yaitu ‘Salam’, ‘Aslama’, ‘Silmun’ dan ‘Sulamun’ yang memiliki bermacam – macam makna terkandung di dalamnya.

Diantaranya adalah sebagai berikut : Aslama artinya menyerah, berserah diri atau tunduk, patuh dan bersedia masuk Islam. Nah menurut pengertian ini Islam berarti sebuah agama yang bertujuan mengajarkan bagaimana anda melakukan penyerahan diri secara total kepada Allah lalu tunduk dan taat serta disiplin kepada hukum – hukum Allah.

Silmun mengandung arti keselamatan dan perdamaian dimana makna Islam terkait dengan suku kata bersangkutan adalah sebuah ajaran agama yang bertujuan untuk mengajarkan hidup yang damai, tentram, dan selamat. Silmun tersirat dalam Al – Qur’an surat Al – Baqarah ; 208 dan surat Muhammad ; 35.

Sulamun artinya tangga / sendi dan kendaraan. Terkait dengan Islam, maka mengandung makna agama yang berisikan peraturan – peraturan yang bertujuan mengangkat derajat kemanusiaan pada manusia lalu mengantarkannya dan menyalurkan kepada kehidupan yang sejahtera di dunia dan akhirat.

Sedangkan Salam artinya selamat, sentosa, aman, dan sejahtera. Dengan demikian Islam terkait dengan ini mengandung makna adalah sekumpulan aturan – aturan hidup yang diharapkan mampu menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat. Suku kata Salam terselip di dalam kitab Al – Qur’an Surat Al – A’raf : 46.

Nah berdasarkan atas uraian kami tersebut di atas, secara bahasa makna Islam dapat kami rangkum sebagai berikut : bagaimana manusia di dunia dan akhirat berserah diri kepada Allah SWT guna tunduk dan taat kepada hukum – hukum-Nya / ‘Aslama’ sehingga diri masing – masing siap untuk melakukan dan menjalankan kehidupan dan hidup secara damai lalu menebarkan perdamaian dalam masyarakat luas / ‘Silmun’ dalam rangka untuk mampu menaiki tangga atau kendaraan kemuliaan / ‘Sulamun’ yang nantinya diharapkan membawa kepada kehidupan sejahtera lahir dan bathin di dunia dan akhirat / ‘Salamun’.

Sedangkan secara istilah, pengertian Islam yang diberikan oleh para ulama dengan dibantu oleh para cendikiawan Muslim isinya adalah bervariasi menurut masing – masing sudut pandang dengan latarbelakang keilmuan yang berbeda – beda dari masing – masing penyumbang ide / gagasan.

Adalah Ahmad Abdullah al – Masdoosi yang menjelaskan bahwa Islam adalah satu – satunya ajaran yang bertujuan untuk mengatur hidup manusia seperti diwahyukan kepada umat manusia dari zaman ke zaman dan bentuk terakhir yang dijumpai adalah kesempurnaan di dalam Islam yang masing – masing ajarannya tertuang dalam Al – Qur’an yang selanjutnya diwahyukan kepada Rasul terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW.

Dari beberapa definisi yang diberikan tersebut di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa Islam merupakan salah satu agama Allah yang diwahyukan kepada rasul – rasul-Nya sejak Nabi Adam AS hingga yang terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW, didalamnya terdapat komponen – komponen penting yang mengatur segala aspek kehidupan manusia  baik itu berupa keyakinan, ibadah dan sosial, hukum dan politik serta kondisi ekonomi, akhlak dan lain sebagainya maupun pedoman hidup terhadap seluruh umat manusia sehingga mampu mencapai sebuah kehidupan yang diridhai Allah SWT dan kebahagiaan serta kesejahteraan hidup pada dunia dan akhirat.

Baca Juga :

Demikian pengertian Islam dalam Al – Qur’an kami bahas dengan singkat saja semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test