Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Inbreed, Line Breed, Cross Breed, Dan Super Breed Dalam Peternakan

Pengertian Inbreed, Line Breed, Cross Breed, Dan Super Breed Dalam Peternakan – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik-baik saja yha! Mengenai peternakan tentunya menarik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu tidak kalau dalam peternakan ada istilah-istilah seperti inbreed, line breed, cross breed, dan super breed.

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Biosistematika Hewan

Dalam pemilihan bibit ternak seperti pada sapi, kambing, domba, kelinci, dan lain-lain perlu dilakukan seleksi untuk mendapatkan jenis yang unggul.

Selain melakukan seleksi dengan melihat penampilan fisik bibit ternak tetapi juga harus diketahui garis keturunannya.

Nah, garis keturunannya ini dapat kita kontrol apabila kita melakukan kegiatan breeding sendiri.

Dalam dunia peternakan banyak sekali istilah-istilah yang berkaitan dengan breeding sendirin, seperti inbreed, line breed, cross breed, dan super breed.

Apa yang dimaksud dengan inbreed?

Yang dimaksud dengan inbreed yaitu perkawinan antara dua individu yang memiliki hubungan darah sangat dekat. Yaitu: ibu dengan anak, bapak dengan anak, dan anak vs anak.

Apabila inbreed ini terjadi pada sapi maka akan menyebabkan munculnya gen yang buruk dari induk. Inbreed ini sendiri harus dihindari untuk usaha peternakan sapi, kambing, domba, dan kelinci.

Apa yang dimaksud dengan line breed?

Yang dimaksud dengan line breed ini yaitu perkawinan dua individu yang hubungan darahnya belum terlalu jauh.

Perkawinan antar ternak yang masih memiliki hubungan darah yang dekat sebaiknya dihindari karena dapat menghasilkan keturunan ternak yang secara kualitas kurang bagus. Tetapi, line breed lebih baik daripada inbreed.

Line breed ini dapat ilakukan apabila ternak yang akan dikawinkan memang sudah memiliki sifat-sifat terbaik meski memiliki breed yang sama.

Apa yang dimaksud dengan cross breed?

Yang dimaksud dengan cross breed ini yaitu perkawinan antara dua individu yang sama sekali tidak memiliki hubungan darah atau dalam dunia peternakan berbeda breed. Cross breed juga dapat dilakukan minimal jika hubungan darahnya terlalu jauh.

Dalam dunia peternakan, cross breed ini sangat dianjurkan karena baik untuk mendapatkan bibit yang berkualitas.

Apa yang dimaksud dengan super breed?

Yang dimaksud dengan super breed yaitu individu yang selalu dapat menurunkan sifat-sifat yang terbaik kepada keturunannya.

Super breed ini digunakan untuk memperbaiki genetik ternak, sehingga akan diperoleh bibit yang bagus dan juga super yang diturunkan dari induknya.

Jadi, dalam peternakan yang harus dihindari yaitu inbreed karena akan menghasilkan keturunan dengan gen yang kualitasnya buruk.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai istilah-istilah dalam peternakan.

Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian dan Beberapa Ciri Makhluk Hidup

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test