Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Hadware, Sotware dan Brainware pada Perangkat Komputer  

HARDWARE

Hardware atau yang disebut perangkat keras dalam komputer ialah salah satu komponen komputer yang memiliki sifat dapat dilihat secara langsung, dapat diraba atau berbentuk nyata.

Hardware sendiri memiliki fungsi untuk memproses kinerja komputer.

Karena dapat diproses berdasarkan perinta yang telah ditentukan atau bisa disebut jga dengan istilah instruction set dan dapat melakukan berbagai kegiatan sesuai yang diperintahkan.

Selain itu, komputer sendiri terdiri atas beberapa komponen yang tersabung satu sama lain dan saling bekerja membentuk kesatuan, apabila salah satu kompponene tersebut tidak dapatbekerja maka akan mengakibatkan kehilangan fungsi serta prosesnya tidak dapat berjalan lancar.

Baca Juga : Mengapa Google Tidak Mencantumkan Palestina Dalam Google Maps?, Berikut penjelasannya

Berdasarkan fungsinya komponen perangkat keras komputer atau harware terbagi atas beberapa bagian yaitu:

  1. Unit masukan (input device) terdiri atas terdiri dari keyboard dan mouse
  2. Unit pemrosesan (proces device) terdiri atas microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section)
  3. Unit keluaran (output device) terdiri atas monitor dan printer,
  4. Unit penyimpanan (backing storage) terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM
  5. Unit tambahan (periferal) adalah komponen tambahan seperti tv tuner card, modem dan capture card

SOFTWARE

Selain hardware perangkat komputer lainnya ialah software atau yang disebut juga perangkat lunak dalam kompnen komputer.

Software sendiri merupakan komponen komputer yang tidak dapat disentuh hanya saja software bisa dioperasikan karena software ialah sekumpulan data yang tersimpan yang diatur oleh komputer berupa program atau intruksi yang mejalankan suatu perintah, karena hal itulah maka komputer bisa dijalankan.

Software terdiri dari beberapa macam yang dibagi berdasarkan distribusinya dan dibedakan menjadi software berbayar, software gratis (freeware, free software, adware dan shareware

  1. Software berbayar

Software berbayar ialah perangkat lunak yang telah didistribusikan dengan tujuan komersil, yang memungkinkan penggunanya bisa menggunakan software tersebut dan bisa mendapatkannya dengan mudah.

Selain itu softaware ini tidak boleh disebarluakan tanpa ijin. Contoh dari software berbayar ini adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

  1. Freeware

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak yang mempunyai hak cipta yang bisa digunakan secara gratis tanpa batasan waktu.

Freeware ini ialah sebagai progam yang telah didistribusiakan gratis tanpa tambahan biaya. Freeware memiliki contoh seperti mail client,  suite browser dan juga mozilla News.

  1. Free software

Perangkat lunak lainnya free software yang lebih mengarah kepada penggunanya bebas hanya saja tidak harus gratis.

Meskipun namanya free software namun dalam hal pembelian tidak digratiskan namun kepada penggunaan dan distrubusinya.

  1. Shareware

Perangkat lunak jenis merupakan sebuah program terbatas yang telah didistribusikan baik serta mempunyai fungsi yang terbatas.

Seperti contohnya ialah perangkat lunak antivirus, dari perusahaan yang biasanya memudahkan untuk pelepasan produk evaluasi dalam jumlahh tertentu.

BRAINWARE

Brainware merupakan orang yang menggunakan, mengoperasikan atau memakai sebuah perangkat komputer.

Misalnya programmer, netter, dan juga  orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.

Devinisi jelasnya mengenai brainware ialah manusia yang terlibat langsung dalam mengoperasikan atau mengatur sistem perangkat dalam komputer.

Brainware sendiri ialah perangkat itelektual yang mempu mengoperasikan komputer dengan kemampuan hardware dan software, dan yang mengoperasikan komputer disebut user atau branware, yang terbagi menjadi beberapa bagian seperti:

  • Programer yang menguasai kemampuan komputer seperti bahasa pemograman.
  • Administrator orang yang memiliki tugas sebagai pengelola pada suatu sistem operasi dan program
  • Operator merupakan orang yang memiliki tugas untuk melayani serta menjalankasebuah sistem perangkat komputer, misalnya merawat sistem komputer, menyiapkan data akses dan lain-lain.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test