Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Hacker

Pengertian Hacker – Kemajuan teknologi yang semakin canggih saat ini tentunya membawa dampak tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Segi positifnya, masyarakat saat ini dimudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Adanya perangkat teknologi dan jaringan internet memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan melakukan aktivitas seperti berbelanja, mencari informasi tanpa dibatasi adanya jarak dan waktu.

Akan tetapi, adanya internet dan teknologi yang semakin maju juga membawa dampak negatif, salah satunya adalah kejahatan hacking. Hacking merupakan salah satu kejahatan di dunia maya (cybercrime) yang dilakukan melalui internet. Orang yang melakukan perbuatan hacking disebut dengan hacker.

Bagi kalian berkecimpung dalam dunia computer mungkin tidaklah asing dengan istilah hacker. Sebagian orang ada yang mengartikan hacker secara positif adapun yang beranggapan negatif. Namun secara umum, pengertian hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan terkait sistem komputer dan pemrogramannya.

Seorang hacker memiliki keahlian yang tinggi terkait komputer terutama dalam hal keamanan sistem komputer. Bagi sebagian orang awam, banyak yang beranggapan bahwa seorang hacker yang memahami sistem keamanan komputer akan berusaha untuk membobol keamanan sistem komputer tersebut dan melakukan hal-hal yang berdampak negatif yang dapat merugikan banyak orang. Namun sebenarnya ada beberapa golongan hacker yang tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda, diantaranya:

  1. White hat hacker, adalah golongan hacker yang memegang teguh standar etika, dan tidak memiliki tujuan yang sifatnya merugikan. Melainkan mereka digunakan untuk menguji suatu sistem keamanan. Hacker jenis inilah yang dapat dikatakan sebagai definisi hacker yang sebenarnya yang tujuannya adalah sebagai konsultan yang dapat memberikan masukan terkait keamanan suatu sistem tertentu.
  2. Black hat hacker, hacker jenis inilah yang banyak melakukan aktivitas yang merugikan seperti menerobos sistem keamanan, menghapus file tertentu, melakukan pencurian identitas, penipuan terkait kartu kredit dan aktivitas negatif lainnya. Hacker jenis inilah yang seringkali disebut dengan istilah cracker.
  3. Grey hat hacker, hacker jenis ini memiliki tujuan ganda antara white hat hacker dan black hat hacker. Mereka menjunjung standar etika namun sewaktu-waktu dapat pula melakukan aktivitas yang melanggar batas-batas hukum.
  4. Script kiddie hacker, hacker ini kurang mahir dalam menerobos keamanan suatu sistem komputer sehingga menggunakan software atau tools milik orang lain dalam aktivitasnya.
  5. Hacktivist hacker, adalah jenis hacker yang melakukan aktivitasnya dengan menyebarkan atau menampilkan pesan-pesan tertentu di website-website yang mereka hack.
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test