Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Gejala, Penyebab, Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Kanker Pankreas

Pengertian, gejala, penyebab, Diagnosa dan pengobatan Penyakit kanker pankreas – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Steve Jobs?

Dialah orang yang mensukseskan produk elektronik merek Apple terkenal di seluruh dunia, produk Apple seperti iPhone buat telepon genggam dan machintos untuk laptop.

Steve Jobs pun harus takluk dengan penyakit berbahaya ini. Penyakit ini mendapatkan julukan pembunuh dalam diam di bagian perut, penyakit berbahaya ini disebut kanker pankreas. Mengapa disebut pembunuh dalam diam di bagian perut?

Karena memang penyakit kanker pankreas ini tidak diketahui gejala awalnya sampai kanker tersebut benar-benar sudah meluas.

Sebenarnya apa sih kanker pankreas itu?

Baca Juga : Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Rabun Dekat

Kanker pankreas adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Penyakit ini disebabkan oleh tumbuhnya tumor ganas di dalam pankreas. Pankreas adalah sebuah organ kelenjar besar sepanjang 15 cm yang berada di dalam perut.

Letaknya berada di bawah organ hati dan masih merupakan bagian dari sistem pencernaan.

Pankreas berfungsi penting bagi tubuh karena dialah yang memproduksi enzim agar makanan yang dimakan bisa terurai dengan baik dan bisa dicerna oleh tubuh.

Selain itu, pankreas juga memproduksi hormon insulin. Hormon insulin ini juga berfungsi sebagai penjaga kestabilan kadar gula dalam tubuh manusia.

Siapa saja sih yang dapat terkena penyakit kanker pankreas ini?

Belakangan ini penderita kanker pankreas meningkat cukup signifikan. Kanker pankreas ini bisa diderita oleh laki-laki maupun perempuan. Banyak penderitanya memang di usia lanjut dalam rentang usia 40 tahun sampai 65 tahun.

Laki-laki lebih banyak menderita penyakit ini daripada wanita. Namun beberapa tahun terakhir ini di usia muda juga sudah ada yang terkena penyakit kanker pankreas ini.

Kanker pankreas ini penyakit yang berbahaya, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya ya?

Untuk penyebab pasti dari penyakit mematikan ini belum dapat diketahui.

Namun berdasarkan penelitian dari para ahli 4 hal inilah yang bisa memicu terjadinya kanker pankreas.

  1. Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama, apabila kamu seorang perokok maka akan lebih mungkin terjangkit penyakit mematikan ini dibandingkan dengan yang tidak merokok.

Mengapa demikian?

Karena racun dan zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok bisa menyebabkan jaringan dan organ dalam tubuh mengalami iritasi dan peradangan.

  1. Pola makan tinggi protein, tinggi lemak, dan tinggi kalori

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi lemak bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas, dan pembiasaan pola makan seperti tinggi protein, tinggi lemak, serta tinggi kalori itu bukan pola makan yang sehat. Mengkonsumsi makanan tidak sehat dapat mempengaruhi kerja sistem organ pencernaan menjadi lebih berat.

  1. Diabetes

Orang yang menderita diabetes juga lebih beresiko terkena penyakit kanker pankreas. Mengapa? Karena kanker pankreas berfungsi sebagai mengatur stabilitas kandungan gula dalam tubuh. Kalau terkena penyakit diabetes berarti sistem stabilitas gula menjadi terganggu.

  1. Radang pankreas kronis

Orang yang menderita penyakit radang pankreas kronis bisa berkembang menjadi kanker pankreas.

Setelah mengetahui sebab-sebab yang dapat memicu kanker pankreas, akan lebih baik juga kalau kita mengetahui gejala-gejala apabila terkena penyakit kanker pankreas.

Tanda-tanda apabila kita terkena penyakit kanker pankreas memang tidak bisa diketahui pada awalnya namun apabila sudah mengalami beberapa hal berikut ini, kamu harus memeriksakan diri lebih lanjut ke rumah sakit.

  • Nyeri

Sakit yang seperti menusuk-nusuk atau nyeri pada bagian bawah perut dan mengalami mual yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Nyeri ini bisa terjadi tiba-tiba jadi kadang muncul dan kadang tidak. Lebih sering terjadi pada waktu malam hari.

Rasa nyeri ini bisa terjadi karena sebuah tumor yang tumbuh dan menekan saraf di perut sehingga rasa sakit pun bisa kadang-kadang sakit sekali atau kadang-kadang biasa saja sakitnya.

  • Penyakit Kuning

Muncul penyakit kuning tetapi tidak ada batu ginjal dan penyakit lainnya. Karena kanker pankreas yang tumbuh bisa menghalangi saluran empedu pada organ hati sehingga bisa menyebabkan penyakit kuning. Tanda-tanda orang terkena penyakit kuning adalah kulit dan mata menjadi kuning, air urine lebih gelap, dan kotoran saat kita buang air besar (BAB) berwarna pucat.

  • Berat badan menurun

Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan menurun. Namun bagi penderita kanker pankreas akan mengalami mual dan muntah setiap kali makan. Sehingga sulit sekali makan dengan baik. Oleh karena itu, tubuh kurang memperoleh nutrisi dari makanan jadi berat badan pun turun.

  • Saat kita sedang BAB terdapat minyak atau tiba-tiba menderita diabetes yang parah

Bila kita sudah mengetahui gejala-gejalanya agar memastikan bahwa kita menderita penyakit kanker pankreas segera ke rumah sakit dan lakukan 3 tes ini.

  1. USG

Bisa menampilkan struktur pankreas internal dan saluran empedu dan terlihat apakah terdapat obstruksi atau tidakUSG

  1. CT Scan

CT Scan dapat menunjukkan ukuran lesi, lokasi, ukuran, dan bentuk tumor apabila tumbuh di dalam pankreas. Tetapi tes ini tidak dapat mendiagnosis secara kualitatif akurat.

  1. MRI dan MRCP

Tes ini untuk melengkapi CT Scan. Agar mengetahui lesi-lesi yang sulit dikarakterisasi.

Serangkaian tes ini diperlukan untuk mengetahui tingkatan atau stadium berapa penderita terkena kanker. Ada 4 stadium berdasarkan tingkat bahayanya.

Stadium 1 : Tumor hanya berada di dalam pankreas

Stadium 2 : Tumor sudah menyebar ke jaringan lain terdekat

Stadium 3 : Tumor sudah meluas hingga ke kelenjar getah bening

Stadium 4 : Telah ada metastasis pada hati dan bagian lain

Apakah kanker pankreas bisa sembuh? Karena ini penyakit yang berbahaya dan mematikan maka tingkat kesembuhannya pun tergantung tingkatan bahayanya. Bila terlalu bahaya maka penderita tidak bisa disembuhkan lagi. Berikut ini beberapa langkah pengobatan bagi penderita kanker pankreas,

  1. Metode Operasi
    • Melakukan pembedahan pada pankreas atau usus 12 jari
    • Melakukan pembedahan dengan mempertahankan lubang antara perut dan usus 12 jari
    • Melakukan pembedahan keseluruhan pankreas atau pemotongan sebagian pankreas
  2. Kombinasi pengobatan

Melakukan pembedahan externis sebagai utamanya dan melakukan radio terapi sekaligus kemoterapi terapi sebagai pengobatan pendukungnya.

  1. Pengobatan tradisional

Mengendalikan kanker melalui oral dan infus arteri. Pengobatan tradisional ini secara efektif dapat mengatur keseimbangan fungsi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apabila pengobatan tradisional digabungkan dengan pengobatan dari rumah sakit bagi penderita kanker pankreas stadium awal pengobatan secara jangka panjang bisa menjadi kunci memperoleh kesembuhan.

Yang dibutuhkan juga bagi penderita kanker pankreas adalah perawatan secara psikologis seperti mentalnya.

Sangat diperlukan bagi penderita kanker adalah dibangun rasa percaya diri bahwa mampu mengatasi penyakitnya dan optimis bahwa masih bisa sembuh. Hal ini sangat perlu bagi proses kesembuhan penderita.

Itulah beberapa hal mengenai pembunuh diam yang mematikan di dalam perut.

Baca Juga : Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi Rontok Rambut

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test