Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis Dan Bentuk-Bentuk Investasi

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis Dan Bentuk-Bentuk Investasi – Didalam abad modernisasi saat ini, investasi sudah banyak sekali dicari dan sudah menjadi kebutuhan yang dicari didalam masyarakat luas.

Bentuk investasi tidak hanya dalam bentuk uang saja tetapi bisa juga berupa produk lainnya seperti emas, properti, kesehatan dan masih banyak bentuk investasi lainnya yang dapat dijadikan sebagai simpanan dalam jangka panjang.

Tetapi agar dapat sukses didalam berinvestasi, sebaiknya harus mengetahui dasar pengertian mengenai investasi itu sendiri.

Pengertian Investasi Secara Harafiah

Investasi atau dengan kata lain dapat disebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal merupakan suatu komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat.

Tabungan dari sektor rumah tangga yang penyelenggaranya adalah suatu badan institusi keuangan akan mengalir ke suatu sektor perusahaan.

Apabila para penanam modal menggunakan dana tersebut untuk membeli barang-barang modal, pengeluaran tersebut dinamakan dengan investasi.

Fungsi Dari Investasi

  • Fungsi dari sebuah bentuk Investasi adalah penanaman modal untuk membeli produk dan sebuah peralatan produksi yang bertujuan untuk mengganti dan menambah suatu barang-barang modal dalam suatu perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa dalam jangka panjang.
  • Fungsi dari sebuah investasi yang kedua adalah untuk membuat grafik yang dapat menunjukkan sebuah hubungan antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional.

Tujuan Dari Investasi

  • Untuk mendapatkan sebuah pendapatan yang tetap dalam setiap periode, yang bentuknya dapat berupa bunga, royalti, deviden, uang sewa dan lain sebagainya.
  • Untuk membentuk suatu dana khusus yang akan dialokasikan untuk perncanaaan masa depan, misalnya dana untuk suatu kepentingan ekspansi, kepentingan sosial, dan lain sebagainya.
  • Untuk melakukan suatu ikatan usaha dengan perusahaan lain, melalui sistim kepemilikan sebagian ekuitas antara perusahaan tersebut.
  • Untuk menjamin tersedianya keperluan bahan baku, dan untuk mendapatkan target pasar yang diinginkan dalam bentuk produk yang akan dihasilkan.
  • Untuk mengurangi persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang jenisnya sama.
  • Untuk menjaga hubungan kerjasama diantara perusahaan.

Jenis-Jenis Investasi

  1. Investasi berdasarkan Asetnya
    Jenis investasi yang berdasarkan asetnya yaitu suatu penggolongan investasi dari segi aspek modal atau kekayaan. Investasi berdasarkan asetnya terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut :
  • Real Asset: adalah investasi yang wujudnya berupa asset tidak bergerak seperti properti, kendaraan dan lain-lain.
  • Financial Asset: adalah  investasi yang wujudnya berupa dokumen klaim tidak langsung dari pemegang saham terhadap sebuah aktivitas dari badan yang menerbitkan bentuk sekuritas tersebut.
  1. Investasi berdasarkan Pengaruhnya

Jenis investasi menurut pengaruhnya yaitu suatu bentuk investasi yang didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi atau tidak berpengaruh terhadap suatu kegiatan investasi yang direncanakan.

Jenis investasi yang berdasarkan pengaruhnya bisa dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut:

  • Investasi Autonomus: adalah suatu investasi yang tidak dipengaruhi oleh tingkat pendapatan yang sifatnya spekulatif. Contohnya seperti pembelian surat-surat berharga seperti saham dan share.
  • Investasi Induced: adalah investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintaan akan barang dan jasa dalam tingkat pendapatan tertentu. Contohnya seperti penghasilan transitori, yaitu suatu penghasilan yang diperoleh selain dari penghasilan tetap per bulan, seperti bunga bank dan sebagainya.
  1. Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya

Jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaannya ini merupakan investasi yang didasarkan dari sejarah investasi yang didapatkan sebelumnya.

Jenis investasi ini bisa dibagi lagi menjadi dua macam:

  • Investasi Modal Asing
  • Investasi Modal Dalam Negeri
  1. Investasi berdasarkan bentuknya.

Jenis investasi yang yang didasarkan pada suatu cara didalam menanamkan investasinya.

Jenis investasi ini bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut:

  • Investasi Portopolio: adalah investasi yang dilakukan melalui pasar modal dengan instrumen berupa surat berharga, contohnya seperti pada saham dan obligasi.
  • Investasi langsung: adalah investasi yang dilakukan dengan membangun, membeli keseluruhan produk, atau melalui proses akuisi sebuah perusahaan.

Demikian uraian mengenai pengertian dan bentuk-bentuk investasi yang dapat dijadikan pedoman bagi anda yang tertarik untuk mulai mencoba melakukan persiapan investasi di masa depan.

Selamat berinvestasi….!

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test