Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Sumber Devisa

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Sumber Devisa – Devisa merupakan sejumlah valuta asing (valas) yang biasa nya di gunakan untuk membiayai transaksi dalam perdagangan internasional.

Devisa sendiri terdiri atas valutas asing di antaranya adalah mata uang yang bisa di terima oleh semua Negara di dunia ini seperi Dollar Amerika, mata uang Yen Jepang, Poundsterling (Inggris), Euro, Dollar-Kanada.

Devisa sendiri berada di dalam pengawasan otoritas moneter yakni Bank Sentral. Selain itu fungsi dari devisa sama hal nya dengan fungsi uang pada umumnya.

Akan tetapi devisa lebih ke dalam transaksi internasional (antarnegara) yang di gunakan sebagai alat pembauaran, jasa, dan juga pertukaran barang, dapat menimbun kekayaakn, pengukur kekayaan serta cadangan moneter.

Oleh sebab itu setiap pemerintak besertas swasta wajib sekali untuk memiliki cadangan devisa yang bisa di lakukan untuk perdagangan internasional dalam menjaga ekonomi makro pada suatu Negara serta menjaga stabilitas moneter yang lebih baik lagi.

Dengan adanya cadangan devisa maka menunjukan ada nya indikator yang kuat atau indicator yang lemah pada ekonomi suatu Negara.

Cadangan devisa merupakan jumlah valuta asing yang di cadangankan oleh bank sentral yang di gunakan untuk keperluan pembiayaan serta kewajiban luar negeri seperti pembiayaan kepada pihak asing atau pembiayaan import.

Fungsi Devisa

Devisa memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu Negara, di mana fungsi tersebut adalah untuk:

  • Di gunakan sebagai alat pembayaran untuk barang-barang atau jasa import
  • Sebagai alat pembayaran dalam pelunasan pencicilan hutang luar negera dan juga Bunganya.
  • Sebagai alat untuk pembiayaan luar negeri seperti untuk biaya perjalanan dinas maupun biaya misi kesenian.
  • Sebagai alat untuk pemberian bantuan luar negeri dan biaya korp diplomatic
  • Sebagai sumber suatu negera yang bisa di gunakan untuk membiayai pembangunan.

Tujuan Penggunaan Devisa

Seperti yang telah di sebutkan bahwa fungsi devisa sangatlah penting sekali karena di dalam nya terdapat tujuan-tujuan dari penggunaan devisa yang dapat di lakukan untuk:

  • Untuk memberikan sumbangan terhadap Negara lain yang mengalami musibah.
  • Untuk membiayai para mahasiswa yang biasanya melakukan studi ke luar negeri.
  • Di gunakan untuk membangun berbagai macam fasilitas umum di dalam negeri.
  • Untuk membayar suatu jasa ke luar negeri seperi membayar jasa pelayaran
  • Untuk membiayai salah satu korps diplomatic luar negeri
  • Untuk membiayai dalam pengirimian tim olahraga atau kesenian yang biasanya di lakukan oleh setiap negera.
  • Untuk membayar barang-barang import.
  • Dan juga untuk membayar barang-barang yang saat ini masih di import misalnya handpone serta kain.

Sumber Devisa

Nilai devisa bisa tinggi dan rendah hal itu dapat di pengaruhi oleh Negara yang di lihat dari perkembangan neraca pembayaran pada suatu Negara. Selain itu, devisa juga memiliki sumber-sumber yang datang dari:

  1. Kegiatan Ekspor

Negara yang mempunyai sistem ekonomi terbuka sudah pasti melakukan kegiatan ekspor yang merupakan salah satu andalan sebuah Negara untuk mendapatkan devisa.

Semakin banyak barang/jasa yang di ekspor maka semakin besar pula pemasukan devisa untuk Negara tersebut.

  1. Perdagangan Jasa

Tidak semua Negara kaya akan sumber daya alam nya, oleh sebab itu Negara tersebut dapat mengandalkan perdangan jasa sebagai sumber devisa Negara. Seperti Negara Singapura.

  1. Kegiatan Pariwisata

Kegiatan pariwisata dapat di jadikan sebagai sumber devisa bagi suatu Negara, hal itu dapat di terima karena banyak nya turis mancanegara/domestic  yang berkunjung ke Negara yang banyak memiliki tempat wisata.

Biasanya semakin banyak turis asing yang berkunjung maka semakin besar pula pendapatan devisa untuk Negara tersebut.

  1. Pinjaman Luar Negeri

Pinjaman luar negeri adalah sumber devisa untuk suatu Negara khususnya untuk Negara yang sedang berkembang di mana Negara tersebut biasanya bergantung kepada bantuan luar negeri.

  1. Hibah (hadiah dari luar negeri)

Hibah atau hadian pada suatu Negara yang di berikan ke Negara lain adalah sumber devisa yang mempunyai sifat tidak mengikat.

  1. Warga Negara yang bekerja di laur negeri

Devisa negera juga dapat di peroleh dai warga nya yang bekerja di laur negeri seperti TKI/TKW di mana pekerja tersebut memiliki peran yang sangat besat dalam pendapatan devisa suatu Negara dengan uang yang di berikan dari Negara asal tempat dia bekerja.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test