Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Ciri Ketahanan Nasional

Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Ciri Ketahanan Nasional – Setiap negara memiliki ketahanan nasional masing masing. Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, tujuan, dan ciri ketahanan nasional. Oke, langsung saja saya bahas secara singkat, jelas, dan mudah.

Pengertian ketahanan nasional

Ketahanan nasional adalah kemampuan, keuletan, dan ketangguhan suatu bangsa untuk mempertahankan wilayahnya.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan Dan Kekurangan Fasisme

Mampu menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan, dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung yang tidak membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Ketahanan nasional sangat dibutuhkan oleh setip negara untuk melindungi negaranya, bangsa, dan rakyatnya untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

Dengan adanya ketahanan nasional jika ada serangan langsung atau tidak langsung akan bisa segera diselesaikan dengan cara yang tidak meresahkan dan memberikan dampak negatif bagi bangsa dan negara.

Fungsi ketahanan nasional

Fungsi dari ketahanan nasional adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai doktrin dasar nasional, untuk menjamin pola pikir, pola tindak, pola sikap, dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa baik yang bersifat inter regional, inter sectoral, maupun multi disiplin.
  2. Sebagai pola dasar pembangunan nasional, pada hakikatnya merupakan pedoman dana rah dalam pembangunan nasional di segala bidang dan sector pembangunan secara terpadu, yang dilakukan sesuai rancangan program.
  3. Sebagai metode pembinaan nasional, merupakan suatu metode integral yang mencakup seluruh aspek dalam kehidupan negara yang dikenal sebagai astragatra yang terdiri dari aspek alamiah seperti geografi, kekayaan alan dan penduduk serta aspek sosial dan budaya seperti ideologi, politik, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Itulah beberapa fungsi ketahanan nasional.

Tujuan ketahanan nasional

Tujuan dari ketahanan nasional Indonesia tertuang dan sudah ada dalam Undang Undang Dasar 1945 di alinea ke 4 pembukaan, yang berbunyi

melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi dan keadilan sosial “.

Dari UUD 1945 pembukaan alinea 4 ini di sebutkan secara jelas bahwa akan melindungi seluruh bangsa dengan tumpuh darah dengan segenap kemampuan nasional.

Memberikan kesejahteraan umum dan memberikan kecerdasan secara pendidikan supaya terus menciptakan bibit bibit unggul untuk ketahanan nasional seterusnya.

Melaksanakan ketertiban dunia dan perdamaian abadi serta keadilan sosial ini menjelaskan sangat bahwa berusaha menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan, dan ancaman baik dalam dari dalam maupun dari luar, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung yang tidak membahayakan integritas, indentitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Ciri ketahanan nasional

Ciri ciri dari ketahanan nasional adalah sebagai berikut :

  1. Didasari dari aspek astragatra yang terdiri dari aspek alamiah seperti geografi, kekayaan alan dan penduduk serta aspek sosial dan budaya seperti ideologi, politik, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.
  2. Berpedoman pada wawasan nasional.
  3. Merupakan syarat bagi suatu negara yang masih menjadi negara berkembang.
  4. Di fokuskan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan kehidupan.
  5. Untuk mengatasi dan menghadapi tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan dari dalam maupun dari luar.
  6. Sebagai ketahanan yang ditujukan secara langsung untuk memelihara keamanan dan kesejahteraan
  7. Lebih menonjolkan pendekatan persuasive.

Demikian artikel tentang pengertian, fungsi, tujuan, dan ciri ketahanan nasional. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Dan Teori Wawasan Nasional

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test