Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan beberapa Jenis Dari Investasi

Pengertian, Fungsi, Tujuan dan beberapa Jenis Dari Investasi – Investasi biasa disebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal yaitu merupakan suatu komponen dari kedua pokok bahasan yang mampu menentukan tingkat pengeluaran agregat.

Tabungan dari sektor rumah tangga yang berasal melalui institusi keuangan akan mengalir ke suatu sektor perusahaan.

Apabila para pengusaha mengeluarkan atau menggunakan dana tersebut untuk membeli barang-barang modal, pengeluaran seperti itu dapat disebut sebagai investasi.

Baca Juga : Pengertian dan jenis-jenis saham

Definisi lain dari investasi yaitu suatu kegiatan pengeluaran penanam modal atau perusahaan yang digunakan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan produksi yang dapat menambah kemampuan suatu produksi barang ataupun jasa dalam perekonomian dan bisnis.

Fungsi Investasi

Terdapat dua fungsi investasi, antara lain sebagai berikut :

  1. Fungsi Investasi yang pertama adalah investasi merupakan suatu kegiatan pengeluaran dalam pembelian barang modal dan peralatan produksi yang mempunyai tujuan untuk mengganti atau menambah barang-barang modal yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa sebagai hasil produksi di masa yang akan datang menurut sudono tahun 2000.
  2. Fungsi Investasi yang kedua yaitu berupa kurva yang dapat menggambarkan sebuah hubungan antara tingkat investasi dengan tingkat pendapatan nasional. Fungsi investasi ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
  • Bentuk kurva sejajar dengan sumbu datar
  • Bentuk kurva naik ke atas condong sebelah kanan

Tujuan Investasi

Adapun beberapa tujuan dari investasi adalah sebagai berikut :

  • Untuk mendapatkan penghasilan tetap dalam setiap periode waktu tertentu, contohnya antara lain dapat berupa bunga, royalti, deviden, atau uang sewa dan lain sebagainya.
  • Untuk menciptakan dana khusus untuk tujuan tertentu, misalnya dana untuk kepentingan ekspansi, kepentingan sosial.
  • Untuk memantau atau mengendalikan kegiatan suatu perusahaan lain, melalui kepemilikan sebagian ekuitas suatu perusahaan tersebut.
  • Untuk menjamin ketersediaan bahan baku dan juga untuk memperoleh pasar untuk produk yang dihasilkan.
  • Untuk mengurangi persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang sejenis atau dalam bidang yang sama.
  • Untuk menjaga hubungan antar perusahaan.

Jenis-jenis Investasi

1). Jenis Investasi berdasarkan Asetnya

Jenis investasi berdasarkan asetnya merupakan salah satu kelompok investasi yang dapat dilihat dari sisi aspek modal atau kekayaan suatu pemegang investasi. Investasi berdasarkan asetnya terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Real Asset, merupakan investasi yang memiliki wujud berupa benda fisik seperti gedung-gedung, kendaraan dan lain-lain.
  • Financial Asset, merupakan investasi yang didalamnya meliputi dokumen atau surat-surat klaim tidak langsung dari pemegang investasi terhadap sebuah aktivitas riil pihak perusahaan yang menerbitkan keamanan tersebut.

2). Jenis Investasi berdasarkan Pengaruhnya

Jenis investasi berdasarkan pengaruhnya merupakan investasi yang didasarkan pada suatu faktor-faktor yang dapat memengaruhi atau tidak berpengaruh terhadap suatu kegiatan investasi.

Jenis investasi yang berdasarkan pengaruhnya terdiri menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut:

  • Investasi Autonomus, merupakan investasi yang tidak dipengaruhi pada tingkat pendapatan. Invesitasi ini memiliki sifat spekulatif. Contohnya seperti pembelian surat-surat berharga.
  • Investasi Induced merupakan investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintaan barang atau jasa dan berpengaruh dalam tingkat pendapatan. Contoh investasi ini dapat berupa pendapatan transitori, yang merupakan suatu pendapatan yang dapat diperoleh selain dari bekerja. investasi ini dapat berupa bunga dan sebagainya.

3). Jenis Investasi berdasarkan Sumber Pembiayaannya

Jenis investasi berdasarkan sumber pembiayaannya merupakan investasi yang didasarkan pada asaal muasal investasi yang didapatkan.

Jenis investasi ini juga terdiri dari dua macam, yakni investasi yang bersumber dari modal asing dan yang kedua investasi yang bersumber dari modal dalam negeri.

4). Jenis Investasi berdasarkan bentuknya.

Jenis investasi berdasarkan bentuknya merupakan salah satu investasi yang dapat dilihat melalui cara dalam penanaman investasi dalam suatu perusahaan. Jenis investasi ini juga terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut:

  • Investasi Portopolio, merupakan investasi yang dilakukan melalui pasar modal yang dapat berupa instrumen surat berharga, contohnya seperti pada saham dan obligasi.
  • Investasi langsung, merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat dilakukan dengan membangun, membeli secara keseluruhan, ataupun dengan mengakuisi sebuah perusahaan.

Baca Juga : Cara dan panduan sederhana manajemen Adwords untuk UKM


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test