Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian MidBrain (Otak Tengah)

By On Tuesday, November 28th, 2017 Categories : Manusia

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian MidBrain (Otak Tengah) – Dari seluruh banyaknya bagian dari otak. Otak memiliki bagian lain yang disebut midbrain atau otak tengah.

Disini saya akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, struktur dan bagian midbrain (otak tengah). Oke, langsung saja saya bahas dengan singkat dan jelas.

Pengertian Midbrain

Otak tengah atau midbrain atau juga disebut dengan nama mesencephalon bagian terkecil dari otak. Sebenarnya bentuk otak dibagi 3 yaitu forebrain, midbrain dan hindbrain. Sesuai dengan namanya midbrain memang terletak di tengah atara forebrain dan hindbrain.

Lebih jelasnya berada diatas batang otak (brainstem) dan dibawah otak besar (cerebrum). Fungsi utama dari midbrain atau otak tengah adalah sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).

Baca Juga :

Fungsi Midbrain

Midbrain atau otak tengah memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Fungsi utama dari bagian midbrain ini adalah sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).
  2. Fungsi lain dari otak tengah adalah untuk mengatur tanggapan dari rangsangan yang berkaitan dengan informasi sensorik. Contoh supaya lebih paham, misal kita menginjak duri maka otak tengah memberikan sensor pada kaki untuk mengangkat menjauhi duri. Misalnya lagi memegang barang panas seperti teko, otak tengah akan memberikan informasi sensorik untuk menjauhi teko panas tersebut
  3. Memiliki peran juga dalam pergerakan otot
  4. Meningkatkan daya ingat sehingga mempermudah dalam proses belajar
  5. Berfungsi dan berperan sebagai pengembang kemampuan inovasi dan pengembangan kreativitas
  6. Otak tengah juga dapat berfungsi Meningkatkan intuisi dan daya tangkap

Struktur Midbrain

Struktur dari midbrain atau otak tengah ini terletak di tengah, diantara forebrain dan hindbrain. Lebih spesifiknya di atas dari batang otak atau brainstem dan dibawah otak besar atau cerebrum. Bagian bagian dari otak tengah atau midbrain ini memiliki 2 bagian utama yaitu tegmentum dan tegtum serta beberapa bagian penunjang, untuk lebih jelasnya saya jelaskan pada bagian midbrain.

Bagian Midbrain

Bagian bagian midbrain terdiri atas :

1). Tegmentum

Tegmentum merupakan jaringan multisinapsis, jaringan tegmentum ini terlibat dalam sistem keseimbangan bagi tubuh dan sebagai lintasan reflex bagi tubuh. Tegmentum memiliki fungsi utama yaitu mengatur kesadaran manusia. Di dalam tegmentum, tegmentum memiliki beberapa bagian struktur lain, antara lain :

  • Nucleus merah (red nuclei)

Nucleus merah ini adalah bagian dari tegmentum yang memiliki fungsi penting dalam koordinasi gerakan pada tubuh.

  • Substansi nigra

Substansi nigra adalah tempat dimana tegmentum membentang. Tegmentum yang mengandung nucleus merah yang mengatur fungsi mengatur kesadaran manusia, dan mengatur fungsi motorik. Struktur dari substansi nigra ini memiliki warna yang gelap tang berisi banyak neuron yang menghasilkan dopamin. Bagian substansi nigra ini juga memiliki fungsi untuk menggerakkan badan.

2). Tegtum

Memiliki 2 pasang colliculi yang bekerja secara bersama sama, yang disebut corpora quadigremina. Dua pasang tegtum yaitu :

  • Inferios colliculi

Bagian colliculi ini memiliki keterlibatan dalam proses pendengaran

  • Superior colliculi

Bagian colliculi ini memiliki keterlibatan dalam proses awal penglihatan (visual) dan mampu mengendalikan gerakan mata

3). Penduculus serebri (cerebral peduncle)

Pendukulus cerebri ini atau juga memiliki sebutan crus serebri merupakan bundle saraf yang terdiri dari saraf sensoris dan saraf motoris yang membawa informasi dari cerebrum atau otak besar menuju pons.

Demikian artikel dari saya tentang pengertian, fungsi, struktur, dan bagian midbrain (otak tengah). Semoga artikel ini bermanfaat.

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian MidBrain (Otak Tengah) | ritaelfianis | 4.5