Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Hipotalamus

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Hipotalamus – Ada thalamus ada hipotalamus di dalam otak kita.

Jika thalamus sudah di bahas sebelumnya. Sekarang membahas yang hipotalamus atau lebih jelasnya pengertian, fungsi, struktur, dan bagian hipotalamus. Bagaimana pengertiannya?

Apa saja fungsinya?

Bagaimana strukturnya?

Apa aja bagian bagiannya?

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Epididimis

Saya akan menjelaskannya untuk anda supaya anda mengerti tentang hipotalamus. Oke, langsung saja saya akan bahas dengan mudah, singkat dan jelas.

Pengertian Hipotalamus

Hipotalamus adalah sesuatu bagian otak yang sangat penting keberadaannya. Hipotalamus adalah bagian otak yang merupakan pusat kontrol isitem saraf autonom. Hipotalamus terletak tepat di atas batang otak.

Organ ini berbentuk kelenjar yang berbentuk ke dalam bagian sistem endokin. Hal ini terkait dengan kelenjar kecil dan penting yang disebut kelenjar pituitari.

Pada manusia ukurannya hampir sama seperti kacang. Hipotalamus menyumbang 1% berat keseluruhan dari otak manusia.

Hipotalamus memainkan peran sangat penting untuk kehidupan sehari hari makhluk hidup baik itu manusia atau hewan, demi keberlangsungan hidupnya tersebut.

Melakukan tugas ini memerlukan koordinasi utama tunggal aktivitas saraf otonom dan endokrin, sehingga mempengaruhi beberapa perilaku penting bagi kehidupan manusia maupun hewan.

Contohnya saja memberi tingkat kesadaran, mengatur rasa emosi, marah, sedih, takut, senang dan sebagainya.

Perbedaan antara hipotalamus dan thalamus adalah jika thalamus adalah menyampaikan sistem sensorik dan sistem motorik yang di dapat srhingga menjadi gerakan dalam tubuh dan thalamus merupakan bagian dari diencepalon.

Sedangkan hipotalamus adalah tugasnya lebih spesifik dari thalamus, yaitu mengatur hampir seluruh kegiatan perilaku manusia termasuk emosi, tidur, reproduksi, perilaku seksual dan juga perilaku lainnya.

Fungsi Hipotalamus

Fungsi dari hipotalamus sangat penting yaitu mengontrol proses metabolisme tertentu dan kegiatan lain dari sistem otonom. Fungsi dari hipotalamus yang lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Mediasi respon emosional
  2. Mengontrol dari perilaku reproduksi pada wanita dan pria
  3. Mengontrol perilaku seksual pada manusia
  4. Dapat mengontrol suhu tubuh dan di jaga secara konstan
  5. Mengontrol pelepasan 8 hormon yang di sekresikan oleh kelenjar hipotalamus
  6. Mengontrol makanan dan asupan air, seperti manusia bisa merasakan lapar dan haus
  7. Mengontrol siklus harian dan perilaku fisiologis yang dikenal dengan ritme sirkadian
  8. Dapat mengatur siklus tidur tergantung situasi dan keberadaan orangnya
  9. Mengatur dalam keseimbangan tubuh supaya manusia bisa bergerak dengan tepat sehingga tidak tergoyang atau jatuh
  10. Mengontrol rasa takut, rasa marah, dan rasa kemarahan yang bisa diatur

Itulah beberapa fungsi dari hipotalamus. Dari data diatas mungkin sistem kerjanya ada yang sama dengan bagian tubuh lainnya seperti thalamus karena kerja dari kelenjar hipotalamus dan kelenjar lainnya memiliki satu kesamaan dan untuk saling membantu agar bekerja secara maksimal dan benar.

Struktur dan Bagian Hipotalamus

Hipotalamus terdiri dari banyak sekali jaringan saraf dan nucleus dari sel saraf. Hipotalamus berhubungan langsung dengan bagian tubuh yang lainnya contohnya seperti batang otak, kelenjar hipofisis, sistem limbrik, dan sistem saraf otonom. Nucleus dari sistem saraf terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu preoptic region, supraoptic region, tuberal region, dan mammillary region. Setiap region ini memiliki fungsi yang berbeda beda dan menghasilkan hormon yang berbeda beda pula.

Demikian artikel dari saya tentang pengertian, fungsi, struktur dan bagian hipotalamus. Semoga anda dapat memahaminya sehingga mendapat ilmunya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Pengertian, Sifat, Struktur, Fungsi dan Jenis-jenis Antibodi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test