Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Thalamus

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Thalamus – Disini saya akan membahas tentang thalamus.

Setelah sudah membahas tentang bagian tubuh yang lain yaitu anus dan pembuluh nadi atau arteri.

Saya membahas pengertian, fungsi, struktur, dan bagian thalamus saat ini.

Mungkin dari anda belum tahu di dalam tubuh manusia ada thalamus. Bagaimana pengertiannya?

Fungsi dari thalamus apa saja?

Struktur serta bagian bagian dari thalamus?

Oke, langsung saja saya bahas secara singkat dan jelas untuk anda.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian-Bagian Kelenjar Pineal

Pengertian Thalamus

Thalamus adalah sebuah kelenjar, kelenjar thalamus ini terdapat pada otak. Tepatnya, terletak di bagian tengah otak.

Thalamus memiliki arti ruang bagian dalam jika di artikan dalam Bahasa yunani. Letak terperincinya ada di antara korteks serebral dan otak tengah.

Fungsi utama kelenjar thalamus memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk menyampaikan sinyal motorik dan sinyal sensorik yang berhubungan dengan perilaku kesadaran, tidur dan perilaku yang lainnya menuju korteks otak. Thalamus merupakan sub organ dari dienchepalon.

Fungsi Thalamus

Fungsi dari kelenjar thalamus adalah sebagai berikut

  1. Sistem visual

Maksud dari sistem visual adalah saat kita dapat melihat. Cahaya yang masuk ke mata yang menuju retina ini berjalan melalui saraf dan sampai di kelenjar thalamus.

Kelenjar thalamus ini memberikan rangsangan ke mata secara sensorik ke otak korteks. Sehingga otak korteks menerima rangsangan dan dikembalikan ke retina sehingga kita dapat melihat.

  1. Sistem pendengaran

Sama seperti mata telinga yang mendapat sensor suara di teruskan ke dalam dengan saraf di telinga menuju ke kelenjar thalamus.

Kemudian di salurkan menuju ke otak dan dikembalikan lagi ke telinga sehigga kita bisa mendengar dengan jelas.

  1. Sistem sentuhan

Kulit ini juga memiliki saraf. Saraf ini yang bisa membuat kita merasakan sentuhan seperti kasar lembut, basah, panas dan lain lain.

Kelenjar thalamus inilah yang memberikan sensor saraf dari kulit ke otak dan mengakibatkan kita bisa merasakan sentuhan.

  1. Mengatur kesadaran, gairah, dan terjaga dari kewaspadaan

Kelenjar thalamus ada di dalam tubuh ini mampu membuat kita bisa sadar akan semua yang kita lihat, rasa, sentuh serta dengarkan.

Adanya thalamus dapat meningkatkan terjaga dan waspada. Jika kita capek maka kelenjar ini dapat membantu kita untuk bisa terjaga dari tidur tetapi juga memberikan kewaspadaan dari sesuatu yang membahayakan.

Gairah dalam artian ini juga bisa dikatakan gairah seperti melakukan seks. Melakukan adegan seks sehingga kita merasakan kenikmatan yang luar biasa itu juga berkat ada kelenjar thalamus.

Thalamus memberi sensor motorik dan sensorik sehingga melakukan seks serasa nikmat sekali.

Struktur dan Bagian Thalamus

Thalamus terletak di dalam otak, di atas batang otak, di dekat pusat otak. Thalamus berbentuk seperti bola lampu yang terdiri dari mass yang terbagi menjadi 2, memiliki panjang 5,7 cm dan simetris kiri dan kanan.

Kelenjar thalamus menerima oksigen dan nutrisi dari 4 cabang pembuluh darah cerebral posterior.

Kelenjar thalamus juga mengandung saraf bermielin yang disebut Lamela. Thalamus merupkan salah satu bagian dari nucleus kompleks.

Thalamus juga bisa rusak maka dari itu jika rusak atau terganggu, bisa membuat sistem saraf tidak bekerja maksimal membuat sistem lainnya tidak bisa bekerja. Parahnya jika memang rusak bisa membuat orang menjadi koma.

Demikian artikel dari saya tentang pengertian, fungsi, struktur, dan bagian bagian thalamus. Semoga dapat menambah keilmuan tentang bagian tubuh dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Struktur, dan Fungsi Hipofisis (Kelenjar Pituitari)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test