Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Epididimis

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Epididimis – Setelah pernah membahas bagian di alat reproduksi seperti vas deferens, vesika urinaria, dan fungsi Rahim (uterus).

Sekarang saya akan membahas untuk anda tentang pengertian, fungsi, struktur, dan bagian bagian epididimis.

Bagaimana pengertiannya?

Fungsi dari epididimis?

Struktur dan bagian bagian epididimis kita berbentuk seperti apa?

Baca Juga : Anatomi Tumbuhan Pada Meristem Jaringan Muda

Saya akan jelaskan secara singkat dan jelas supaya anda faham dengan mudah dengan apa yang telah saya berikan.

Pengertian

Epididymis adalah bagian yang ada termasuk di bagian sistem kelamin. Epididimis merupakan saluran yang berkelok kelok yang menghubungkan antara testis dengan vas deferens. Manusia memiliki sepasang testis dan epididimis.

Letak dari sepasang testis dan epididimis berada di belakang kedua testis tersebut. Melalui epididimis, sperma yang kita miliki dan masuk dari testis menuju ke vas deferens.

Epididimis ini memiliki fungsi tempat menyimpan sementara sperma yang kita miliki hingga sperma itu muncul dan keluar karena perilaku seks ataupun ejakulasi.

Karena adanya epididimis, sperma yang ada di epididimis selama 1 sampai 3 minggu dalam waktu itu terjadi perubahan baik pada penampilan sperma, kemampuan gerak sperma, ukuran besarnya sperma, daya tembus sperma, membrane, kepekaan terhadap suhu, dan fungsimetabolisme.

Peran dari epididimis dalam sperma yang masak tergantung dari androgen, dan sel sel epitel utama yang melapisi epididimis membutuhkan adrandrogentuk sekresi dan memelihara bentuk sperma, fungsi sekresi sperma, dan absropsi.

Fungsi

Fungsi utama dari epididimis adalah tempat penyimpanan sementara sperma sebelum ejakulasi terjadi. Fungsi lain dari epididimis adalah sebagai berikut :

  1. Konsentrasi

fungsi epididimis ini adalah konsentrasi spermatozoa yang masuk ke epididimis dari testis relative 100 juta per milliliter, kemudian mencapai di epididimis konsentrasi meningkat menjadi 4 miliar per milliliter.

Konsentrasi terjadi sebagai cairan yang sanggup menangguhkan spermatozoa pada testis yang di serap sel epitel dari epididimis.

Penyerapan terjadi di ujung proksimal dan korpus.

  1. Penyimpanan

Salah satu fungsi dari epididimis adalah menyimpan spermatozoa. Kebanyakan spermatozoa di simpan di cauda epididimis sehingga spermatozoa dapat terkonsentrasi di kemas dalam epididimis lumen.

Kondisi yang optimal dalam cauda epididimis  dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup spermatozoa.

  1. Pematangan spermatozoa

Di dalam epididimis juga terjadi pematangan sperma sebelum ejakulasi.

Spermatozoa yang melewati epididimis maka ia akan memperoleh kesuburan dan menjadi motil. Spermatozoa dapat meningkat hingga 25 hari masa hidupnnya.

Struktur

epididimis memiliki panjang sekitar 4 cm. saluran epididimis dilapisioleh epitel pseudostatiified columnar yang dikeilingi jaringan ikat dan otot polos. Epididimis juga memiliki  struktur microvilli yang disebut stereocilia.

Stereocilia memiliki fungsi menyerap cairan dari rongga ronggapada tubuh epididimis.

Otot polos pada epididimis akan berkontraksi dan membuat gerakan peristaltic yang membawa  sperma dari testis menuju vas deferens.

Bagian bagian

Tubuh epididimis terdiri dari 3 bagian utama yaitu kepala, badan dan ekor. Berikut sedikit penjelasannya :

  1. Kepala epididimis : merupakan bagian terluas dari epididimis, bagian ini menerima spermatozoa dari testis. Konsentrasi saat di bagian ini masih berbentuk cair
  2. Badan epididimis : bagian yang terletak setelah kepala dan berfungsi sebagai tempat terjadinya pematangan sperma.
  3. Ekor epididimis : merupakan bagian yang lebih tebal daripada bagian kepala. Berfungsi sebagai proses penyerapan cairan untuk membuat sperma menjadi kental.

Demikian artikel pengertian, fungsi, struktur, dan bagian bagian epididimis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Dan Mekanisme Siklus Krebs

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test