Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Diensefalon

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Diensefalon – Bagian organ di dalam otak memiliki banyak sekali organ lain seperti otak kecil, otak besar, dan bagian yang lebih mendalam seperti cerebrum, thalamus, hipotalamus dan sebagainya.

Disini saya juga akan membahas salah satu bagian otak yaitu Diensefalon. Lebih rincinya adalah pengertian, fungsi, struktur, dan bagian bagian diensefalon. Oke, langsung saja saya bahaskan untuk anda secara jelas dan ringkas.

Pengertian

Diensefalon adalah nama istilah yang digunakan untuk menyatakan struktur di ventrikel ke 3 dan membentuk inti cerebrum atau otak besar.

Baca Juga :

Anggota dari diensefalon terbagi atas 4 bagian yaitu thalamus, hipotalamus, epitalamus dan subtalamus.

Diensefalon memegang peranan yaitu dalam pergerakan motorik, pergantian sistem informasi pengindraan, dan pergerakan otonom dari sistem tubuh.

Fungsi

Fungsi dari diensefalon adalah sebagai berikut :

  1. Pengendali Motorik

Makhluk hidup terutama manusia dan hewan memiliki sistem pergerakan motorik, yang dimaksud motorik adalah gerakan secara sadar dari tubuh manusia dan hewan.

Contoh dari gerak motorik adalah berjalan, berlari, lompat, dan sebagainya

  1. Penggantian sistem indera

Maksud dari penggantian sistem indera adalah kita bisa berganti ganti dengan sistem indera kita, indera kita mendengar, mencium, melihat, menyentuh, dan merasakan.

Contoh dari penggantian sistem indera misalkan anda melihat kemudian anda ingin menyentuh sesuatu maka diensefalon akan bekerja untuk tangan kita untuk bergerak menyentuh setelah kita melihat apa yang ingin pegang atau setelah anda lihat.

  1. Pengendalian sistem otonom di seluruh tubuh

Diensefalon memiliki fungsi mengendalikan seluruh tubuh kita. Seluruh gerakan atau indera adalah diensefalon yang mengaturnya.

Fungsinya lebih merinci lebih dalam contohnya seperti kita mengunyah makanan, melihat suatu benda seperti tiang listrik, menggerakkan mata ke segala arah, mencium bau bau yang ada di sekitar kita, benafas, menelan makanan, dan lain sebagainya

  1. Mengatur keseimbangan tubuh

Diensefalon mampu mengatur keseimbangan tubuh kita, manusia menggunakan dua kaki tidak jatuh itulah fungsi diensefalon untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Bagian bagian dari diensefalon juga yang penting dalam sistem keseimbangan dari tubuh.

Struktur

Struktur dari diensefalon terdiri dari 4 bagian yang saling bantu membantu dalam otak kita. Bagian dari diensefalon meliputi thalamus, hipotalamus, epitalamus, dan subtalamus.

Bagian

Bagian dari diensefalon meliputi :

1). Thalamus

Thalamus adalah bagian yang terletak di tengah, lebih tepatnya berada di tengah korteks cerebral dan otak tengah. Thalamus adalah bagian suborgan dari diensefalon. Fungsi dari thalamus contohnya sebagai berikut :

  1. Fungsi utama dari thalamus adalah menyampaikan sinyal motorik dan sensorik yang berhubungan dengan kesadaran, tidur, dan kewaspadaan menuju ke korteks otak.
  2. Sebagai stasiun pemancar dan meneruskan sinyal informasi reseptor indera seperti penglihatan, rasa, pendengaran, sentuhan kecuali penciuman.

2). Hipotalamus

Hipotalamus merupakan bagian otak yang merupakan pusat kontrol sistem saraf otonom. Letak hipotalamus terletak tepat diatas batang otak. Hipotalamus mengandung 1% dari berat otak. Fungsi dari hipotalamus :

  1. Orentasi seksual
  2. Pengatur siklus tidur
  3. Keseimbangan tubuh
  4. Fungsi kontrol otonom
  5. Mengontrol rasa takut
  6. Mengontrol asupan makanan
  7. Pelepasan berbagai hormon untuk kondisi tubuh

3). Substalamus

Merupakan nucleus motorik ekstrapiramidal yang mempunyai banyak hubungan dengan nucleus lainnya.

Jika subtalamus ini mengalami kerusakan menurut dokter dapat mengakibatkan bagian tangan atau kaki dapat bergerak sendiri terhempas ke sisi tubuh.

4). Epitalamus

Epitalamus merupakan pita sempit pada jaringan saraf yang membentuk atap diensefalon.memiliki fungsi mengatur irama sirkadian tubuh dan menghambat hormon gonadotropik

Demikian artikel tentang pengertian, fungsi, struktur, dan bagian bagian diensefalon. Semoga bermanfaat.


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test