Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi Dan Struktur Vena (Pembuluh Balik)

Pengertian, Fungsi Dan Struktur Vena (Pembuluh Balik) – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai vena (pembuluh balik) tentunya tidak asing di telinga yha.

Tapi readers tahu nggak apa itu vena (pembuluh balik), fungsi dan strukturnya apa saja?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Glukosa pada Manusia

Karena pada kesempatan kali ini, informasi yang akan dibahas yaitu mengenai vena (pembuluh balik).

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan vena (pembuluh balik) ?

Pembuluh vena atau yang biasa disebut dengan pembuluh balik yaitu salah satu pembuluh darah yang menghantarkan darah menuju ke jantung.

Pembuluh vena atau pembuluh balik ini memiliki dinding yang lebih tipis dan juga tidak elastis.

Selain itu, diameternya lebih kecil daripada pembuluh nadi. Hal ini terjadi disebabkan karena darah ketika perjalanan kembali menuju ke jantung memiliki suatu tekanan yang sangat rendah.

Tekanan yang sangat rendah pada pembuluh vena tersebut menyebabkan darah cenderung mengalir kembali meninggalkan jatung.

Dalam mencegah hal itu terjadi, pembuluh vena (pembuluh balik) ini memiliki banyak katup yang memastikan darah agar dapat mengalir ke satu arah menuju ke jantung.

Tekanan darah yang rendah pada pembuluh vena (pembuluh balik) akan menyebabkan tidak adanya rasa denyutan sehingga kemudia hanya menetes apabila pembuluh vena (pembuluh balik) ini terluka.

Pembuluh vena (pembuluh balik)ini letaknya berada di dekat permukaan tubuh dengan warna kebiru-biruan yang dapat terlihat oleh mata.

Fungsi dai pembuluh vena (pembuluh balik)

Membantu darah yang kaya CO2 (Karbon dioksida) kembali ke jantung. Setelah darah terdeoksigenasi dilewatkan pada kapiler, kemudian akan bergerak menuju ke vena terkecil atau yang biasa disebut dengan venula, dan selanjutnya akan dibawa ke vena besar.

Vena pulmonalis (paru) sendiri merupakan satu-satunya vena (pembuluh balik) yang membawa darah yang kaya akan oksigen, dan berfungsi membawa darah dari paru-paru menuju ke atrium kiri jantung.

Struktur pembuluh vena (pembuluh balik)

  1. Tunika Intima (Lapisan Dalam)

Yang dimaksud dengan tunika intima yaitu lapisan yang disusun oleh sel epitel skuamos dan dikelilingi oleh jaringan ikat dengan serat elastin.

  1. Tunika Media (Lapisan Tengah)

Tunika media ini disusun dari sel otot polos yang terorientasi melingkar. Fungsi dari otot ini yaitu untuk melebarkan dan mengecilkan diameter arteri sesuai dengan kebutuhan masing-masing tubuh. Fungsi dari struktur ini bisa juga mempengaruhi tekanan darah seseorang.

  1. Tunika Adventisia (Lapisan Terluar)

Merupakan bagian terluar dari pembuluh vena (pembuluh balik) yang menempel pada jaringan sekitar pembuluh darah. pada lapisan ini tersusun dari jaringan ikat kolagen dan elastin.

  1. Katup Vena

Fungsi katup pada vena (pembuluh balik) yaitu untuk membuat darah mengalir satu arah menuju ke jantung dan mencegah terjadinya pembalikan arah.

  1. Anastomosis Arteriovenosa

Yaitu hubungan langsung dari pembuluh nadi (arteri) dengan pembuluh vena (pembuluh balik). Memiliki fungsi dalam sistem sirkulasi dan juga membantu pengatur suhu tubuh.

Nah readers, gimana?

Sudah paham kan mengenai vena (pembuluh balik), fungsi dan juga strukturnya. Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali.

Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Tuba Falopi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test