Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, dan Struktur Pembuluh Nadi (Arteri)

Ritaelfianis.com – Setelah membahas bagian tubuh yaitu pengertian, struktur, dan bagian bagian anus.

Sekarang saya akan membahas bagian tubuh lainnya yaitu pengertian, fungsi, dan struktur pembuluh nadi (arteri).

Apa yang dimaksud pembuluh nadi?

Memiliki fungsi seperti apa?

Struktur dari pembuluh nadi berbentuk seperti apa?

Saya akan menjelaskannya untuk anda dengan mudah dan singkat serta jelas. Oke, langsung saja saya bahas pembuluh nadi atau arteri ini.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi Dan Struktur Vena (Pembuluh Balik)

Pengertian Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi atau Bahasa kerennya adalah arteri adalah pembuluh darah yang sangat penting fungsinya bagi tubuh manusia atau hewan yang memiliki arteri.

Fungsi dari arteri atau pembuluh nadi yaitu membawa darah segar dari jantung yang berisi oksigen dan zat zat yang di perlukan oleh tubuh untuk bertahan hidup.

Fungsi dari arteri atau pembuluh nadi berbanding terbalik dengan pembuluh balik atau vena. pembuluh nadi memiliki dinding yang kuat, tebal, dan elastis sehingga mempermudah dari fungsinya di dalam tubuh.

Pembuluh nadi dalam tubuh memiliki ukuran yang berbeda beda sehingga bervariasi.

Jika pembuluh nadi atau arteri ini mengalami kerusakan maka dapat berakibat buruk bagi mahluk hidup yang mengalaminya.

Fungsi Pembuluh Nadi

Fungsi dari pembuluh nadi atau arteri ini sangat penting sekali bagi tubuh, fungsi pembuluh arteri adalah sebagai berikut :

  1. Membawa darah bersih yang kaya akan oksigen dan zat zat yang diperlukan oleh tubuh dari jantung menuju ke seluruh tubuh.
  2. Membantu proses pengeluaran karbon dioksida dan zat yang sudah rusak atau tidak diperlukan tubuh menuju keluar tubuh.
  3. Menjaga keseimbangan komponen komponen penting di dalam darah seperti zat kimia, protein, faktor kekebalan tubuh dan sel

Struktur Pembuluh Nadi

Struktur dari pembuluh nadi atau arteri memiliki dasar dari dinding yang terdiri dari 3 lapisan, sebagai berikut :

  1. Tunika Intina

Tunika intina atau disebut lapisan dalam pembuluh arteri. Tunika intina adalah lapisan yang disusun oleh sel epitel skuamos yang dikeliligi oleh jaringat ikat dengan serat elastin

  1. Tunika media

Tunika media merupakan lapisan tengahnya arteri. Disusun oleh sel dari otot polos yang berorientasi melingkar.

Tunika media merupakan lapisan arteri yang paling tebal di dalam tubuh. Tunika media memiliki fungsi yaitu dilatasi atau melebarkan katup arteri dan kontraksi yaitu melakukan pengkecilan diameter arteri.

Tunika media memiliki fungsi penting yaitu memberi jumlah sesuai kebutuhan di dalam tubuh. Adanya tunika media juga membuat pengaruh tekanan pada darah manusia atau hewan.

  1. Tunika adventisia

Tunika adventisia adalah lapisan terluar dari pembuluh nadi yang tempatnya menempel pada jaringan sekitar pembuluh darah. Susunan jaringan tunika adventisia adalah jaringan ikat kolagen dan elastin.

Tambahan

  • Anastomosis Arteriovenosa

Anastomosis arteriovenosa adalah suatu bagian yang menghubungkan antara pembuluh nadi atau arteri dengan pembuluh balik atau vena. anastomosis arteriovenosa ini tersebar di seluruh tubuh.

Anastomosis arteriovenosa biasanya terdapat pada pembuluh darah kecil yang berfungsi mengatur sirkulasi pada daerah pembuluh darah tertentu. Contoh anastomosis ini berada pada jari, kuku dan telinga.

Anastomosis arteriovenosa ini memiliki saraf oleh sistem saraf otonom. Selain berfungsi sebagai sistem sirkulasi, anastomosis arteriovenosa juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.

Demikian artikel yang telah saya berikan tentang pengertian, fungsi, dan struktur pembuluh nadi (arteri). Semoga anda dapat memahami dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Manfaat Mineral


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test