Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi dan Struktur Organ Hepar (Hati)

Pengertian, Fungsi dan Struktur Organ Hepar (Hati) – Hati atau hepar merupakan organ dalam yang sangat penting bagi tubuh dan memiliki peranan dalam menunjang kehidupan.

Salah satu peranan hati yang kita kenal adalah sebagai organ ekskresi dan juga organ pencernaan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai hati

Pengertian Hati

Hepar atau hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh manusia dengan berat sekitar 1300-1550 gram atau setara dengan 3-5% berat tubuh seseorang.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Proses Terbentuknya Eritrosit

Hati terletak pada bagian atas kanan abdomen atau rongga perut. Hati merupakan organ dalam yang memiliki struktur lembut dan bewarna merah kecoklatan.

Fungsi Hati

1). Fungsi Vaskular, yaitu sebagai tempat penyimpanan dan penyaringan darah

2). Fungsi Sekresi, yaitu untuk menghasilkan garam empedu dan urea yang akan disalurkan menuju saluran pencernaan.

3). Fungsi Penyimpanan. Hati juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan, yaitu menyimpan lemak, glikogen, vitamin maupun zat besi ketika tubuh sedang membutuhkannya.

4). Fungsi Metabolisme. Hati dapat berfungsi untuk mengontrol senyawa metabolisme dalam tubuh. Metabolisme pada hati ini berupa karbohidrat, protein, lemak dan beberapa komponen tubuh lain.

  • Metabolisme karbohidrat, pengubahan glukosa dan monosakarida seperti fruktosa dan galaktosa menjadi glikogen. Penyimpanan karbohidrat dalam bentuk glikogen ini memiliki kelebihan yaitu dapat memproduksi energi lebih tinggi, dan tidak mengganggu cairan intrasel karena bentuk penyimpanan ini tidak bocor ke dalam sel.
  • Metabolisme Protein, asam amino yang tidak dibutuhkan akan diubah kembali menjadi asam urat dan urea untuk dikeluarkan ke dalam sel darah dan diekskresikan oleh ginjal melalui urine.
  • Metabolisme lemak, saat lemak dibutuhkan oleh tubuh, lemak akan diambil dari tempat penyimpanan dalam tubuh, kemudian di angkut dan dipecah menjadi gliserol dan asam lemak menuju ke hati melalui darah.

5). Fungsi Penawar Racun, fungsi utama dari hati adalah sebagai penawar racun, yaitu dengan mengubah komponen racun menjadi zat bermanfaat atau dengan cara mengeluarkan racun tersebut. Proses metabolisme dalam tubuh akan menghasilkan asam laktat yang merugikan namun dengan fungsi penawar racun, hati akan mengubah asam laktat tersebut menjadi glikogen sebagai sumber energi dan disimpan dalam otot.

6). Immunitas atau daya tahan tubuh. Hati juga memiliki fungsi sebagai organ yang menjaga kekebalan tubuh. Sel-sel Kupffer dalam hati akan menghancurkan patogen yang memasuki hati melalui pembuluh darah, mulai dari bakteri, protozoa dan lainnya.

Struktur dan Bagian-bagian Hati

  • Lobus kiri dan kanan.

Hati terdiri dari 2 bagian utama, yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Kedua lobus ini dipisahkan oleh fissure yang terbentuk dari beberapa gabungan ligamen. Lobus kanan umumnya berukuran lebih besar dari lobus kiri, Pada setiap lobus ada sekitar 100.000 lobulus yang dikelilingi 6 pembuluh darah.

  • Lobulus

Lobulus merupakan unit fungsional berbentuk heksagonal yang menyusun setiap lobus. Pada bagian tengah lobulus terdapat pembuluh vena yaitu vena sentralis. Lobulus pada hati dipisahkan oleh lakuna.

  • Vena Sentralis.

Setiap Vena sentralis akan bergabung menjadi vena dengan ukuran lebih besar dan membentuk pembuluh darah hepatica atau pembuluh darah vena utama dalam organ hati.

Lakuna merupakan ruang yang memisahkan antar lobulus

  • Sel Kupffer

Sel ini merupakan kelompok sel darah putih atau makrofag yang berfungsi untuk menghancurkan sel darah merah yang telah rusak atau  mati.

  • Sel Hepatosit (Sel Hepar)

Sel hepar merupakan salah satu penyusun hati yang berperan dalam menghasilkan empedu dan metabolisme.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Struktur Organ pada Hepar atau Hati. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda dalam mengenal organ dalam pada tubuh manusia, khususnya pada hati. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Fungsi Jaringan Ikat


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test