Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, dan Struktur Kelenjar Cowper (Bulbouretral)

Pengertian, Fungsi, dan Struktur Kelenjar Cowper (Bulbouretral) – Pada bagian tubuh pria ada bagian penting yaitu kelenjar cowper (bulbouretra).

Ya, disini saya akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, dan struktur kelenjar cowper (bulbouretra).

Apa pengertian dari kelenjar cowper?

Fungsi kelenjar cowper apa saja?

Bagaimana bentuk struktur kelenjar cowper ini?

Nah, saya akan menjelaskan untuk anda untuk menambah ilmu bagi pria dan wanita jika ingin tahu. Saya akan menjelaskan secara singkat dan jelas untuk anda.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian-Bagian Kelenjar Pineal

Pengertian Kelenjar Cowper

Kelenjar cowper atau dalam Bahasa ilmu biologinya bulbouretra. Bolbuoretra atau kelenjar cowper adalah  sepasang eksokrin kecil yang merupakan bagian yang di miliki oleh pria untuk melakukan reproduksi.

Kelenjar cowper terletak pada bagian belakang sambaing bagian uretra dasar dan dibawah kelenjar prostat.

Kelenjar cowper ini bertanggung jawab untuk memproduksi cairan pra ejakulasi dalam sistem reproduksi laki laki.

Kelenjar cowper ini mudahnya memberi pelumas untuk memudahkan cairan sperma untuk keluar serta juga sebagai pembersih bagi saluran pada laki laki. Cairan ini transparan, tidak berwarna namun juga kental.

Cairan ini akan keluar dengan sendirinya saat terangsang, tapi tidak sampai keluar banyak seperti cairan sperma, karena memang tugasnya adalah memberi kemudahan sperma untuk keluar.

Menurut Wiliam Cowper atau penemu anatomi ini, pertama kali di identifikasi laki laki punya dua kelenjar cowper terletak di kantong perineum di bagian bawah penis. Lokasinya posterior dan lateral terhadap uretra.

Pada laki laki, kelenjar cowper memiliki panjang sekitar 2,5 cm yang melewati membrane perineum ke uretra.

Fungsi Kelenjar Cowper

Kelenjar cowper atau bulbouretra memiliki beberbagai fungsi yang penting bagi reprodusi dari laki laki. Fungsi dari kelenjar cowper adalah sebagai berikut :

  1. Mengeluarkan cairan pra ejakulasi yang berguna untuk membuat lingkungan di dalam uretra menjadi lebih ramah untuk sperma saat keluar dan mempermudah dalam proses reproduksi
  2. Mengeluarkan cairan pra ejakulasi untuk mengurangi keasaman dalam uretra akibat dari berlalunya urin. Tempat keluarnya sama urin dengan sperma namun saat sperma keluar kelenjar inilah yang membersihkan sisa urin sehingga memudahkan untuk keluar.
  3. Kelenjar cowper bertanggung jawab untuk produksi dan sekresi prostate specific antigen (PSA) yaitu enzim yang mencairkan air mani dan memungkinkan sperma berenang dengan mudah melalui uretra dan masuk ke bagian reproduksi wanita dengan mudah dan bebas
  4. Adanya enzim PSA ini dari kelenjar cowper mempermudah atau meningkatkan kemungkinan pembuahan karena membantu melarutkan lender serviks agar memungkinkan sperma ke dalam Rahim menuju sel telur.

Struktur Kelenjar Cowper

Struktur dari kelenjar cowper atau bulbouretra ini memiliki bagian kepala dan ekor.

Kelenjar cowper ini tersusun dari lobus grandular yang di hubungkan dengan serat fibrosa satu dengan yang lainnya.

Diantara lobus lobus tadi terdapat pori pori kecil yang di kelilingi oleh epitel kolumnar.

Lobus yang saling berhubungan satu dengan yang lain ini membentuk saluran yang panjang mencapai sekitaran 2,5 cm.

Sel epitel yang melpisi tersebut memiliki nucleus yang berbentuk datar dan kecil, serta memiliki sitoplasma yang bersifat basophilic.

Demikian artikel yang telah saya buat tentang pengertian, fungsi, dan struktur kelenjar cowper (bulbouretra) ini. Semoga anda mengerti kelenjar ini hanya memberikan pra ejakulasi dan belum tentu mengandung sel sperma dan bisa saja ada. Jika anda keluar cairan seperti itu itu normal kok. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, dan Fungsi Kelenjar Hormon

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test