Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi dan Ciri Interaksi Sosial

Pengertian, Fungsi dan Ciri Interaksi Sosial – Pada dasarnya, manusia ialah makhluk sosial yang artinya manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bertahan hidup dan berinteraksi.

Interaksi ini terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

Interaksi sosial ini merupakan kegiatan interaksi dengan kesadaran penuh dan didasari pada nilai sosial serta norma dalam masyarakat.

Beberapa ahli mengemukakan pengertian interaksi sosial, yakni:

  • Homans berpendapat bahwa interaksi dapat terjadi ketika suatu aktivitas yang sedang atau akan dilakukan oleh seseorang terhadapap individu yang lain akan diberi ganjaran ataupun hukuman berdasarkan pada interaksi yang dilakukan.
  • Raymond W. Mack dan Kimball Young beranggapan bahwa interaksi ialah hubungan sosial yang sifatnya dinamis dan berkaitan dengan hubungan antar individu-individu, individu-kelompok dan kelompok-kelompok.

Interaksi sosial bertumpu pada proses komunikasi yang baik antara masing-masing pihak. Interaksi sosial dikatakan buruk apabila komunikasi yang terjalin tidak lancar dan menemui hambatan seperti rasa tidak nyaman dan terjadinya miskomunikasi.

Fungsi Interaksi Sosial

Dalam prosesnya, interaksi memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Mempererat Silaturahmi

Kebudayaan Indonesia mengacu kepada budaya Timur, dimana bersosialisasi dengan orang lain merupakan kewajiban yang hendaknya dipenuhi.

Budaya Timur sangat mengerti bagaimana kodrat seorang manusia yang membutuhkan manusia lain agar dapat bertahan hidup.

Silaturahmi adalah salah satu bentuk budaya Timur dimana silaturahmi menghendaki adanya kesinambungan dan kelanjutan pada proses interaksi sosial.

Sesama manusia hendaknya menjaga tali silaturahmi karena hal itu dipandang baik oleh Tuhan dan termasuk dalam kegiatan yang mendapat pahala atau berkat dari Tuhan.

  • Menhindari Adanya Perpecahan

Interaksi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap keberagaman ras, suku dan agama di masyarakat.

Dengan terjalinnya interaksi sosial yang baik, perbedaan yang ada dalam masyarakat akan berangsur melebur dan hilang berganti dengan rasa kebersamaan yang kuat.

Hal ini dikarenakan adanya komunikasi yang baik antar individu untuk menghindari perpecahan akibat salah paham atau alasan lainnya dalam waktu yang tidak terduga.

  • Menjalankan Kehidupan Sosial

Interaksi sosial merupakan salah satu norma dan nilai sosial yang tidak tertulis namun dimengerti oleh masyarakat. Proses interaksi ini akan membawa dampak baik apabila berjalan sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku.

Sebaliknya, apabila dalam proses nya bertentangan dengan nilai dan norma yang ada, maka interaksi sosial ini dianggap salah atau gagal.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Menurut beberapa ahli, interaksi sosial di masyarakat mempunyai beberapa ciri-ciri, antara lain:

  • Melibatkan Lebih dari 1 Orang

Proses interaksi sosial mengharuskan adanya dua pihak atau lebih dalam prosesnya. Sangat tidak mungkin apabila seroang manusia melakukan interaksi dengan tanpa lawan bicara.

  • Terjadi Komunikasi

Komunikasi dapat terjadi apabila terjadi secara dua arah; kedua pihak harus aktif dalam komunikasi dan salah satunya tidak pasif.

Komunikasi berlangsung dengan seseorang yang ingin menyampaikan pesan kepada lawan bicaranya dan sang lawan bicara mengerti apa isi dari pesan tersebut dan kemudian menanggapi pesan yang telah ia terima.

  • Memiliki Maksud dan Tujuan yang Jelas

Komunikasi tidak dapat berlangsung dengan baik apabila masing-masing pihak tidak memiliki maksud dan tujuan yang jelas dalam berinteraksi.

Proses encoding ialah proses dimana komunikator dapat memberi pesan yang jelas agar dimengerti oleh penerima sehingga proses interaksi sosial dapat berjalan dengan semestinya.

  • Adanya Dimensi Waktu

Di dalam pesan yang ingin atau akan disampaikan harus ada batasan waktu yang jelas; masa kini, masa lampau atau masa depan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian interaksi sosial di masyarakat, bagaimana proses interaksi sosial terjadi serta ciri-ciri dari interaksi sosial tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta ilmu para pembaca sekalian, ya!

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test