Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DHCP

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DHCP – Ritaelfianis.com – DHCP merupakan salah satu protocol pada jaringan komputer yang memungkinkan untuk meminjamkan atau memberikan alamat IP.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai DHCP dari pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Berikut penjelasannya.

Pengertian DHCP

DHCP atau singkatan Dynamic Host Control Protocol merupakan layanan  pengalamatan host atau pemberian nomor IP secara otomatis dan dinamis pada host yang masih berada dalam satu jaringan.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja FTP

DHCP yang meminjamkan alamat IP disebut DHCP server, sementara DHCP yang mendapat pinjaman alamat IP dari DHCP server disebut DHCP client.

Jika suatu jaringan melakukan pemberian IP secara manual atau satu per satu, makan akan memakan waktu yang sangat lama.

Jika ada 1000 pengguna, maka pengaturan alamat IP secara manual pada setiap komputer juga dilakukan sebanyak 1000 kali.

Dengan adanya DHCP, komputer host akan tetap terhubung dengan jaringan secara otomatis, meski tidak menggunakan IP Address sesuai permintaan.

Meski DHCP mengatur IP dapat diakses berulang-ulang, namun pendapatan IP juga memiliki tenggang waktu.

Sehingga jika waktunya habis host dapat menentukan apakah IP dapat menyewa kembali atau diberhentikan dan memberikan IP itu ke host lain.

Fungsi DHCP

  • Menghemat waktu dan tenaga dalam pemberian IP, karena pemberian IP otomatis
  • Memudahkan transfer data pada PC client lain maupun PC server.
  • Memungkinkan suatu PC client menggunakan alamat IP yang tidak dapat digunakan oleh client lain
  • Mencegah terjadinya IP conflict
  • Memungkinkan client menggunakan IP dalam jangka waktu tertentu

Cara Kerja DHCP   

Dalam proses peminjaman Alamat IP ada 4 tahapan. Berikut penjelasannya :

  1. IP Least Request

Pada tahap ini, client dalam jaringan akan meminta alamat IP yang tersedia pada DHCP server. Saat client terhubung ke jaringan, client akan mencari apakah ada DHCP server yang bekerja pada jaringan tersebut. Setelah DHCP server ditemukan, maka DHCP client akan meminta alamat IP yang tersedia.

  1. IP Least Offer

Pada tahap ini, DHCP Server yang terhubung pada jaringan dan memiliki nomor IP akan memberikan penawaran pada client berupa alamat IP

  1. IP Lease Selection

Pada tahap ini, client yang mendapat penawaran dari DHCP server akan memilih penawaran yang diberikan dengan kembali melakukan broadcast pesan kepada DHCP server agar dapat meminjamkan alamat IP yang tersedia dalam DHCP Pool DHCP Pool adalah range alamat IP yang dapat digunakan oleh host yang terhubung.

  1. IP Least Acknowledge

Pada tahap terakhir, DHCP akan merespon pesan yang dikirimkan client dengan mengirimkan paket acknowledget berupa alamat IP dan informasi lainnya. DHCP Server kemudian memperbarui database, sementara client akan melakukan inisialisasi pada nomor IP yang didapatkan sehingga client dapat beroperasi pada jaringan tersebut.

Agar lebih mudah memahaminya, prosesnya sebagai berikut :

Saat komputer client meminta IP pada DHCP Server, DHCP akan menjawab dan memberikan informasi seputar IP kepada client seperti subnetmask, gateway, dns, dan lainnya. Setelah meminjamkan IP, DHCP akan memperbarui database dengan mencoret IP yang telah dipinjamkan pada daftar pool.

Jika pada daftar pool, nomor IP tidak lagi tersedia, maka client tidak akan mendapat nomor IP dari server sehingga client tidak akan bisa terhubung pada jaringan tersebut.

Pada peminjaman IP Address biasanya memilki tenggat waktu tertentu sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan oleh Administrator jaringan.  Jika client tidak melakukan permintaan ulang pada nomor IP address, makan nomor IP akan dikembalikan pada DHCP Server dan DHCP server dapat meminjamkan IP tersebut ke client lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DHCP. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai jaringan pada komputer khususnya mengenai DHCP. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Bagian Bagian Vesika Urinaria (Kandung Kemih)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test