Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi dan Beberapa Sumber dari Karbohidrat

Pengertian, Fungsi dan Beberapa Sumber dari Karbohidrat – Karbohidrat merupakan salah satu senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh yang bermanfaat dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Pengertian, Fungsi dan Beberapa Sumber dari Karbohidrat.

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa organik yang dapat ditemukan di alam dari sintesis karbondioksida dengan sinar matahari dan zat hijau daun atau klorofil.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Dan Mekanisme Siklus Krebs

Menurut Pekik (2007) Karbohidrat merupakan komposisi yang terdiri dari beberapa elemen seperti karbon, oksigen dan hidrogen yang bisa didapatkan dari beberapa jenis tumbuhan seperti padi, jagung atau umbi-umbian, dan dapat terbentuk karena proses asimilasi tumbuhan.

Karbohidrat berperan sebagai sumber energi bagi tubuh dalam pembentukan glukosa.

Berdasarkan nilai gizinya, karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang terdiri  dari jenis gula sederhana seperti glukosa, sukrosa, laktosa dan fruktosa.

Sementara karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang tersusun dari gabungan beberapa jenis gula sederhana.

Jika ditinjau dari gugus gula penyusun, karbohidrat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Monosakarida merupakan jenis karbohidrat yang paling sederhana dan hanya terdiri dari satu gugus gula, serta mudah larut dalam air. Karbohidrat ini terdiri atas tiga golongan yaitu, glukosa, galaktosa dan fruktosa.

Disakarida merupakan jenis karbohidart yang tersusun dari dua gugus gula, atau gabungan dari dua macam monosakarida. Disakarida juga terdiri atas tiga golongan yaitu, galaktosa, maltosa, dan sukrosa.

Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang tersusun dari beberapa gugus gula, dan biasanya tersusun dari enam atau lebih molekul monosakarida.

Umumnya jenis gula ini tidak mudah larut dalam air dan terasa pahit. Karbohidrat yang termasuk golongan polisakarida seperti glikogen, pati dan serat.

Fungsi Karbohidrat

  • Sebagai sumber energi yang diperlukan untuk gerak. Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang diperlukan oleh tubuh dan tidak dapat digantikan oleh sumber energi lain
  • Membentuk cadangan sumber energi, saat tubuh mengalami kelebihan karbohidrat, maka karbohidrat akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan makanan
  • Berperan dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam basa pada organ tubuh, serta membentuk struktur sel, jaringan dan organ.
  • Membantu dalam penyerapan kalsium
  • Berperan dalam sistem pencernaan pada tubuh
  • Sebagai penyusun gen yang berperan dalam pewarisan sifat
  • Membantu proses ekskresi. Selulosa merupakan karbohidrat jenis polisakarida yang sulit dicerna, namun keberadaan polisakarida dalam sisa pencernaan dapat mencegah sembelit.

Sumber Karbohidrat

Berikut adalah jenis makanan dengan sumber karbohidrat terbaik :

  1. Kentang

Kentang tercatat sebagai sumber karbohidrat yang tinggi karena kandungan patinya. Dengan penyajian direbus kentang memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 35% dengan kalori yang cukup besar yaitu 110 kalori/buah kentang berukuran sedang.

Namun persentase karbohidrat dari kentang akan berkurang saat penyajiaan digoreng.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat dari golongan tumbuhan umbi-umbian dengan besar karbohidrat sebanyak 20,12 gram/buahnya.

Selain karbohidrat, ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin yang berperan sebagai antioksidan dan sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, radang sendi, maag atau bagi orang yang mengalami masalah dengan berat badan.

  1. Jagung

Jagung memiliki sumber karbohidrat yang baik dengan kandungan serta dan asam folat yang baik untuk kesehatan.

Penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi jagung sebagai pengganti beras atau nasi karena, kandungan gula pada jagung lebih rendah

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis karbohidrat kompleks yang dapat membuat perut merasa kenyang saat mengonsumsinya.

Kacang-kacangan juga memiliki banyak kandungan gizi lain seperti asam lemak, vitamin, protein dan omega. Contoh kacang-kacangan dengan sumber karbohidrat yang baik adalah kacang kedelai, kacang merah, kacau hijau, dan polong

  1. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh memiliki kandungan karbohidrat sebesar 20 gram. Roti gandum utuh juga sangat baik dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Beras merah

Pada satu porsi beras merah terdapat sekitar 38 gram karbohidrat. Beras merah juga memiliki beberapa kandungan lain seperti vitamin, zat besi dan magnesium. Beras merah juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan mengontrol kolestrol dalam tubuh.

Demikianlah, penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Beberapa Sumber dari Karbohidrat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Pengertian, Proses dan Tahapan Siklus Calvin

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test