Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Fungsi, Cara dan Contoh Pemakaian Kerja Bandwidth

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Contoh Pemakaian Bandwidth – Saat kita melakukan transfer data, baik upload maupun download antara server dengan client, maka yang dihitung adalah satuan bit per-detiknya.

Dalam akses website, hal ini sangat berkaitan dengan bandwidth. Lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan bandwidth?

Berikut akan kami bahas mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja dari Bandwidth.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan istilah yang menyatakan nilai atau lebar jalur data pada jaringan komputer.

Jika di analogikan, bandwidth adalah jalan yang dilalui kendaraan, semakin lebar jalan maka transportasi akan semakin cepat.

Bandwidth merujuk pada ukuran transfer data seperti upload atau download yang dihitung dalam satuan bit/detik atau disebut juga bps (bit per second) antara server dengan client.

Definisi bandwidth lainnya yaitu luas atau besar cakupan frekuensi yang digunakan sinyal pada medium transmisi.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bandwidth adalah kapasitas maksimum pada suatu jalur komunikasi data yang dihitung dalam satuan detik.

Bandwidth pada jaringan komputer disebut juga dengan data transfer rate atau merupakan jumlah data dalam rentang waktu tertentu yang diambil dari sebuah titik ke titik lainnya.

Pada jaringan komputer, bandwidth dibagi menjadi dua macam yaitu bandwidth digital dan bandwidth analog

  • Bandwidth digital, merupakan jumlah data dalam satuan bps yang dikirimkan tanpa adanya distorsi melalui saluran komunikasi
  • Bandwidth analog, merupakan perbedaan antara frekuensi paling rendah dengan frekuensi paling tinggi pada sebuah rentang frekuensi yang diukur menggunakan satuan Hertz (Hz) sehingga bisa ditentukan berapa banyak informasi yang ditransmisikan

Fungsi Bandwidth

Bandwidth memiliki fungsi utama dalam penghitungan jumlah besaran transaksi atau nilai transfer data terhadap user yang melakukan akses data pada server.

Jika dalam akses website,  maka jumlah bandwidth yang digunakan akan dihitung sama dengan jumlah data yang diakses oleh pengunjung website.

Cara Kerja Bandwidth

Semakin besar nilai bandwidth yang tersedia, maka semakin besar pula data yang dapat ditampung.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bandwidth selalu dinyatakan dalam satuan bps atau bit per second.

Meskipun bandwidth bekerja dalam perhitungan transaksi data, namun bandwidth bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja jaringan. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan seperti latency, jiter, packet loss dan lainnya.

Sama halnya dengan web hosting, keberadaan bandwidth membuat sebuah website dalam web hosting dapat melakukan akses, serta transfer data maupun informasi dalam waktu yang cepat.

Hal ini didukung dengan cara kerja bandwidth pada web hosting juga menggunakan bit per detik (bps).

Semakin besar bandwidth, maka website akan dimuat lebih cepat karena transfer data yang dilakukan server lebih besar. Namun hal ini tidak membuat data transfer besar, karena jumlah data transfer bergantung dengan banyaknya pengunjunng website serta berapa besar ukuran website yang memuat gambar, video, audio atau lainnya.

Berikut yang mempengaruhi pemakaian bandwidth :

  1. Tampilan website

Saat website diakses, maka bandwidth akan berkurang sesuai dengan besar halaman yang dimuat dalam ukuran byte. Website yang memiliki banyak konten seperti gambar atau video akan lebih cepat menghabiskan bandwidth.

  1. Upload dan Download

Transfer data seperti upload dan download juga mempengaruhi pemakaian bandwidth. Upload dan download akan membuat bandwidth pada akun berkurang, sehingga jika memang kurang dibutuhkan lebih baik kurangi aktifitas upload maupun download

  1. POP3 dan SMTP

Salah satu yang mempengaruhi pemakaian bandwidth adalah penggunaan email cliet, baik dalam pengiriman maupun penerimaan. File lampiran (Attach) juga dapat mengurangi lebih banyak bandwidth.

Contoh pemakaian bandwidth

Misalnya suatu halaman sebesar 100 Kb, maka setiap pengunjung akan mengunduh informasi sebesar 100 KB ke komputer masing-masing.

Jika terdapat 100 pengunjung maka jumlah transfer data dari server file berada ke komputer pengunjung sebesar 10000 Kb.

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa bandwidth merupakan istilah untuk menunjukkan jumlah data yang ditransfer keluar dari kuota space hosting.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Bandwidth. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja FTP

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test