Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi Rontok Rambut

Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi Rontok Rambut – Anda sering mengalami kerontokan rambut ?, terutama rambut panjang dan berketombe.

Hal ni tentu sangat mengganggu penampilan dan sangat merugikan dalam hal pertumbuhan rambut.

Berikut akan dijelaskan begaimana penyebab sampai tips mengatasi rambut rontok.

Pengertian Rambut Rontok

Pada dasarnya rambut merupakan mahkota yang sangat istimewa, perawatan dan perhatian terhadap rambut tentu sangat ektra bahkan sensitive.

Baca Juga : Gangguan-Gangguan Pada Pencernaan Manusia

Bagi sebagian orang terutama wanita hal ini tentu sangatlah penting, dalam menunjang penampilan dan gaya hidup yang menjadi prioritas utama.

Pengertian rambut rontok atau disebut alopesia, yang mana pada umumnya setiap orang mengalami hal ini hanya saja jika berlebihan tentu ini merupakan ssuatu pertanda tidak baik dimana terjadinya penurunan jumlah rambut baik karena factor usia atau penyakit.

Pada normalnya kerontokan rambut terjadi antara 50 – 100 helai rambut perhari. Rambut sendiri  terdiri dari protein yang disebut sebagai keratin yang dapat memproduksi folikel rambut di lapisan luar kulit.

Diagnosa Rambut Rontok

Kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Adapun diagnosis kerontokan sangat beragam mulai dari kebotakan sampai pada penyakit. Berikut beberapa diagnosanya :

  1. Androgenic alopecia, pada pria gejala kerontokan rambut di awal usia sekitar 20 – 40 tahuan. Hal ini dikarenakan banyak rambut yang menipis dan factor usia,  genetic atau bawaan bisa jadi karena kelebihan hormone dan folikel rambut yang sensitive. Sedangkan pada wanita penyebanya bisa jadi karena masa kehamilan atau factor usia, dimana factor genetic dan juga menopause.
  2. Alopecia areata, gejala awal dapat berupa pitak kecil dan gejala dapat meluas menjadi kebotakan. Namun rambut tersebut dapat tumbuh kembali dengan sendiri atau dengan bantuan terapi dan obat. Rambut yang tumbuh ini biasanya berwarna putih seperti rambut uban, tetapi rambut ini dapat tumbuh dengan warna normal kembali yaitu hitam. Diagnosa ini juga dapat disebabkan karena sistem imun seseorang  yang menyerang tubuhnya sendiri atau dunia medis menyebutnya autoimun.
  3. Anagen effluvium, kerontokan rambut terjadi akibat adanya tindakan kemoterapi dan radiologi. Hal ini karena terjadinya malnutrisi berat, pemfigus vulgaris, paparan merkuri, boraks dan obat-obatan. Penyakit seperti lupus dan sifilis juga dapat menyebabkan hal ini terjadi, kondisi tersebut mengakibatkan gangguan pertumbuhan sel rambut,  sehingga rambut menjadi rusak dan rontok . Namun kerontokan ini hanya bersifat sementara dan rambut dapat tumbuh kembali dengan perawatan yang baik.

Gejala Rambut Rontok

Banyak yang dapat menyebkan terjadi kerontokan pada rambut, contohnya sebagai berikut :

  1. Penipisan rambut, rambut dapatterlihat tipis. Hal dapat terjadi secara perlahan namun pasti, biasanya rambut tipis ini terjadi pada wanita dan pria dan rambut baru pun akan tumbuh dengan volume yang tidak banyak.
  2. Rambut yang mengendur, hal ini dapat disebabkan oleh stress dan tekanan secara fisik dan psikologi seseorang.
  3. Rambut berketombe, rambut jenis juga menjadi gejala awal kerontokan rambut.Hal ini disebabkan karena pada saat folikel rambut terdapat ketombe, maka rambut baru tidak dapat  tumbuh sehingga rambut menjadi rontok
  4. Penyakit lain, selain hal diatas gejala lain kerontokan rambut karena penyakit seperti lupus, kanker dan lain sebagainya.

Penyebab Rambut Rontok

Beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut Anda rontok, diantaranya :

  1. Adanya stress dan factor emosi pada seseorang.
  2. Pada wanita biasanya setelah melahirkan dan masa kehamilan.
  3. Perubahan hormon.
  4. Karena penyakit seperti kanker dan sejenisnya.
  5. Akibat kemoterapi dan radiologi.
  6. Kurangnya asupanseperti zat besi, zinc, dan protein dalam tubuh.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok :

  1. Gunakan jenis shampoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.
  2. Gunakan vitamin dan hair tonic rambut yang dianjurkan.
  3. Perbanyak konsumsi makanan bervitamin dan berprotein tinggi.
  4. Coba membuat ramuan alami seperti : rebusan daun pandan, lidah buaya, santan, dan minyak kelapa murni.
  5. Hindari gaya hidup yang tidak sehat.
  6. Lakukan perawatan di salon atau dokter specialis kecantikan.

Semoga pemaparan diatas dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi Anda, selamat mencoba.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Medis

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test