Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

PENGERTIAN DESA

PENGERTIAN DESAIstilah desa memiliki sebutannya masing-masing pada seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sumatera Barat menyebut desa dengan sebutan nagari, di Aceh menyebutnya dengan istilah gampong, Papua dan Kutai menyebut desa dengan istilah gampong.

Sementara itu di Kalimantan Timur menyebut desa dengan istilah kampung. Penyebutan istilah serta institusi desa berlainan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Hal tersebut merupakan salah satu pengakuan dan penghormatan yang dilakukan oleh Pemerintah terhadap asal-usul serta adat istiadat setempat.

Menurut UU No. 6 tahun 2014 desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdasarkan pengertian tersebut terbukti bahwa kesatuan masyarakat hukum, yaitu warga desa yang tinggal dalam suatu lokasi dengan hak atau wewenang untuk melakukan atau menjalankan pemerintahannya untuk warga yang tinggal dalam kawasan desa tersebut.

Pengertian desa sebelumnya tercantum pada UU No. 22 tahun 1999 sebelum diperbaharui pada UU No. 6 tahun 2014. Menurut UU No. 22 tahun 1999  desa memiliki definisi sebagai kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dalam sistem pemerintahan Nasional dan berada di daerah Kabupaten.

Sementara itu, menurut UU No. 5 tahun 1979 desa merupakan suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah Camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Sutardjo Kartohadikusumo selaku Gubernur Jawa Barat yang pertama, desa adalah suatu kesatuan hukum dan di dalamnya bertempat tinggal sekelompok masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri.

Selanjutnya, R. Bintarto menjelaskan bahwa desa memiliki definisi sebagai perwujudan geografis yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomis politik, kultural setempat dalam hubungan dan pengaruh timbal balik dengan daerah lain.

Lebih lanjut, Paul H. Landis menjabarkan desa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Desa adalah suatu wilayah yang jumlah penduduknya kurang dari 2.500 jiwa
  • Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antar ribuan jiwa
  • Ada pertalian perasaan yang sama tentang kesukuan terhadap kebiasaan
  • Cara berusaha (ekonomi) adalah agraris yang paling umum yang sangat dipengaruhi alam sekitar seperti iklim, keadaan alam, kekayaan alam, sedangkan pekerjaan yang bukan agraris adalah bersifat sambilan.
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test