Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Tujuan Sosialisasi

Pengertian dan Tujuan Sosialisasi – Ritaelfianis.com – Sosialisasi merupakan suatu proses yang dapat membuat individu belajar menjadi bagian dari masyarakat.

Proses ini akan membantu individu mengembangkan diri dengan proses pendewasaan yang ada pada dirinya.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai apa itu Sosialisasi dan apa saja tujuannya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga :

Pengertian Sosialisasi           

Berikut adalah beberapa pengertian sosialisasi dari para ahli

  • Charlotte Buchler

Menurut Charlotte Buchler, Sosialisasi merupakan proses yang dapat membantu individu dalam menyesuaikan dan belajar mengenai cara hidup serta pola pikir dalam suatu kelompok sehingga individu tersebut dapat berperan dalam kelompoknya.

  • Peter Burger

Menurut Peter Burger, Sosialisasi merupakan proses seorang anak menjadi anggota masyarakat dan berpartisipasi di dalamnya.

  • Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J. Cohen, Sosialisasi merupakan proses dimana manusia mempelajari tentang tata cara hidup dalam suatu masyarakat atau dikenal dengan ways of life in society.

Proses ini bertujuan untuk mendapatkan kepribadian sehingga dapat berperan baik dalam suatu kelompok.

  • Z Lawang

Menurut M.Z Lawang, Sosialisasi merupakan proses dalam mempelajari nilai, norma, peran dan seluruh persyaratan dalam partisipasi efektif kehidupan bermasyarakat

  • Soerjono Soekamto

Menurut Soerjono Soekamto, sosialisasi merupakan proses dimana anggota masyarakat masih baru mempelajari norma dan nilai masyarakat, saat ia menjadi anggota.

Dari pengertian para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa sosialisasi adalah proses dimana individu mempelajari tentang pola hidup yang berkembang dalam masyarakat sesuai dengan nilai, norma dan kebiasaan yang ada di lingkungan masyarakat tersebut.

Berdasar pengertian sosialisasi diatas, dapat ditarik sebuah Batasan dan poin penting, yaitu :

  • Sosialisasi berjalan melalui beberapa proses belajar. Dimulai dari memahami, menghayati, menyesuaikan dan melakukan tindakan sosial tersebut sesuai dengan pola perilaku yang diterapkan.
  • Sosialisasi dilakukan secara bertahap dan kontinu. Mulai dari individu dilahirkan hingga individu itu mati.
  • Sosialisasi memiliki keterkaitan dengan enkultrurasi atau disebut juga proses pembudayaan. Proses pembudayaan merupakan proses belajar seorang individu dalam menerapkan tindakan sosial yang ada dalam lingkungan kebudayaan masyarakat tersebut.

Dan berikut adalah fungsi sosialisasi dalam pembentukan status dan peran dalam lingkungan masyarakat :

  • Mempelajari dan menghayati nilai ataupun norma yang ada di lingkungan masyarakat tersebut.
  • Mengenal masyarakat secara lebih luas
  • Mengetahui peranan dari tiap-tiap anggota masyarakat

Mengembangkan kemampuan sesuai dengan status maupun peran sosialnya. Secara garis besar, fungsi dari sosialisasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Sosialisasi untuk kepentingan Individu

Individu melakukan pengenalan dan penyesuaian diri dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat

  1. Sosialisasi untuk kepentingan Masyarakat

Sosialisasi digunakan sebagai alat dalam menyebarkan, melestarikan dan mewariskan norma serta kepercayaan yang ada di masyarakat. Sehingga norma maupun kepercayaan tersebut akan terpelihara oleh seluruh anggota masyarakat

Tujuan Sosialisasi

Berikut adalah tujuan dari sosialisasi menurut Bruce J. Cohen :

  • Sosialisasi memiliki tujuan untuk membuat individu memiliki bekal keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Sosialisasi memiliki tujuan dalam hal komunikasi individu yang lebih efektif, mulai dari membaca, menulis hingga berbicara
  • Sosialisasi memiliki tujuan untuk mengendalikan fungsi untuk pelatihaan diri dengan cara yang tepat
  • Sosialisasi memiliki tujuan untuk membiasakan individu dengan kondisi lingkungan masyarakat dari segi nilai dan kepercayaan pokok yang berlaku.
  • Sosialisasi memiliki tujuan untuk membentuk sistem perilaku melalui penilaian reaksi pada pengalaman menuju proses kedewasaan

Itulah penjelasan mengenai Pengertian dan Tujuan Sosialisasi. Semoga informasi yang disampaikan dapat menambah wawasan anda mengenai Sosialisasi. Semoga bermanfaat.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test