Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Tugas PMI

Pengertian dan Tugas PMI – Palang Merah Indonesia atau yang biasa disingkat dengan PMI merupakan sebuah organisasi di bidang sosial kemanusiaan.

Mungkin hampir semua dari kita pernah merasakan atau melihat adanya program donor darah yang biasa dilakukan di sekolah atau ditempat publik, program donor darah inilah yang menjadi tugas utama palang merah Indonesia.

Organisasi palang merah Indonesia merupakan satu organisasi yang netral dan independen.

Palang Merah Indonesia didirkan dengan tidak memihak kepada golongan, ras, suku ataupun agama tertentu.

Palang Merah Indonesia sendiri memiliki beberapa prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah diantaranya kemanusiaan (humanity), kesamaan (imparliality), kenetralan (neutrality), kemandirian (independence), kesukarelaan (voluntary service), kesatuan (unity), kesemestaan (universality), dimana dalam pelaksanaannya tidak adanya pembedaan bagi siapapun namun lebih mengutamakan pada korban yang paling membutuhkan pertolongan dengan segera demi keselamatan jiwanya.

PMI didirikan atas dasar dorongan jiwa manusia dan kesadaran di bidang kemanusiaan.

Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri berdiri tepat di tanggal 17 september 1945 dengan Drs. Mohammad Hatta sebagai ketua pertamanya.

Baca Juga :

Di tanggal ini pula diperingati sebagai hari PMI. Sampai saat ini Palang Merah di Indonesia telah banyak beroperasi dan telah tersebar di 33 Provinsi, 474 Kabupaten atau Kota, dan 3.406 Kecamatan serta memiliki hampir 1.5 juta sukarelawan yang siap melayani. Palang Merah Indonesia memiliki beberapa tugas diantaranya:

  1. Memberikan bantuan pada saat terjadinya bencana alam, kerusuhan dan peristiwa lainnya yang membutuhkan bantuan dalam hal menyediakan donor darah.
  2. Memberikan pelayanan dalam bentuk donor darah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang.
  3. Aktif melakukan kegiatan kemanusiaan dan hal-hal yang berkaitan dengan kepalangmerahan
  4. Melaksanakan pelatihan, pendidikan, pembinaan kepada para sukarelawan
  5. Membantu mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman bagi seluruh masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai kemanusiaan, sehingga semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk ikut andil dalam program-program yang dibuat oleh Palang Merah Indonesia.
  6. Membantu melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah dan memperkuat hubungan kerjasama dengan pemerintah dan mitra lainnya baik swasta maupun lembaga-lembaga lainnya.
Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test