Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Teori Wawasan Nasional

Pengertian Dan Teori Wawasan Nasional – Ritaelfianis.com – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai wawasan nasional tentunya asyik untuk dibahas yha. Tapi readers tahu nggak apa itu wawasan nasional dan teorinya apa saja?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Karena pada kesempatan kali ini, informasi yang akan dibahas yaitu mengenai wawasan nasional.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Kebijakan Fiskal

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan wawasan nasional?

Wawasan nasional sendiri biasa disebut dengan wawasan nusantara. Wawasan nusantara ini dibangun dari dua kata, yaitu ‘wawasan’ dan ‘nusantara’. Yang dimaksud dengan wawasan sendiri yaitu berarti pandangan.

Sedangkan yang dimaksud dengan nusantara berarti letak antara dua unsur. Dua unsur disini dapat dicontohkan pulau dan samudera.

Sehingga dari penjelasan di atas, dapat diperoleh pengertiaan bahwa wawawan nasional yaitu cara pandang seseorang (individu) terhadap kesatuan pulau dan juga wilayah geografis suatu Negara.

Selain pengertian di atas, definisi wawasan nasional yang dikemukan beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • M Panggabean mengemukakan, wawasan nusantara yaitu doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup negara Republik Indonesia yang didasarkan pada pancasila serta undang-undang dasar 1945 dengan memperhitungkan ekonomi, demografi, teknologi, dan kemungkinan strategic yang tersedia.
  • Dr. Wan Usman mengemukakan, wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
  • Garis besar Haluan Negara 1998 menjelaskan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bagaimana penjelasan mengenai teori wawasan nasional?

1) Teori kekuasaan

Teori kekuasaan dalam wawasan nasional didukung oleh pendapat beberapa ahli, yaitu:

  • Machiavelli (Abad XVII)

Sebuah negara akan bertahan apabila menerapkan dalil-dalil berikut:

  1. Segala cara dihalalkan dalam merebut dan mempertahankan kekuasaan.
  2. Untuk menjaga kekuasaan rezim, politik adu domba (devide et impera).
  3. Dalam dunia politik yang kuat pasti dapat bertahan dan menang.
  • Kaisar Napoleon Bonaparte (Abad XVIII)

Kekuatan politik harus didampingi oleh kekuatan logistic dan ketentuan nasional. Kekuatan ini juga perlu di dukung oleh kondisi social budaya dan teknologi demi terbentuknya kekuatan hankam.

  • Lenin (Abad XIX)

Perang adalah kelanjutan politik dengan cara kekerasan. Perang atau pertumpahan darah atau revolusi diseluruh dunia adalah sah dalam kerangka mengomunikasikan seluruh bangsa di dunia.

2) Teori Geopolitik

Teori ini didukung oleh:

  • Rudolf Kjellen

Negara adalah suatu organisme yang dianggap sebagai prinsip dasar. Esensi ajaran Kjellen adalah sebagai berikut:

  1. Negara merupakan satuan biologis, suatu organisme hidup yang memiliki intelektual.
  2. Negara merupakan suatu sistem politik/ pemerintahan yang meliputi: geopolitik, social politik, dan krato politik (politik memerintah).
  3. Negara tidak harus pada sumber pembekalan luar. Ia harus mampu berswasembada serta memanfaatkan kemajuan budaya dan teknologi untuk meningkatkan kekuatan nasional.
  • Sir Walter Raleigh dan Alfrerd Thyer Mahan

Wawasan bahari yaitu kekuatan di lautan. Ajaran ini mengatakan bahwa siapa saja yang menguasai lautan akan menguasai perdagangan. Menguasa perdagangan berarti menguasai kekuatan dunia sehingga pada akhirnya menguasai dunia.

  • Mitchel, A. Saversky, Guilio Douhet, dan john Frederik Charles Fuller

Wawasan dirgantara adalah konsep kekuatan di udara. Kekuatan di udara hendaknya mempunyai daya yang dapat diandalkan untuk dapat menangkis ancaman dan melumpuhkan kekuatan lawan dengan menghancurkan kandangnya sendiri agar lawan tidak mampu lagi menyerang.

  • Nicholas J. Spykman

Teori daerah batas adalah teori wawasan kombinasi yang menggabungkan kekuatan darat, laut, dan udara.

3) Teori Wawasan Nasional Indonesia

  • Paham kekuasaan bangsa Indonesia

Wawasan nasional di Indonesia tidak menjabarkan tentang kekuasaan ataupun adu kekuatan.

Ajaran wawasan nasional Indonesia lebih menekankan pada ideologi. Hal ini bertujuan agar bangsa Indonesia dapat menjamin kepentingan bangsa dan negara di tengah-tengah perkembangan dunia.

  • Paham geopolitik Indonesia

Geopolitik di Indonesia menyangkut pemahaman tentang negara yang menganut kepulauan.

Menurut paham Indonesia laut sebagai penghubung pulau-pulau, sehingga wilayah negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai tanah air atau biasa disebut dengan kepulauan.

Nah readers, gimana?

Sudah paham kan mengenai apa itu wawasan nasional. Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Komponen dan Fungsi BUMN

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test