Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Proses Tahapan Manajemen Produksi

Di sini saya akan menjelaskan tentang Pengertian dan Proses Tahapan Manajemen Produksi.

Apa itu produksi?

Pengertian serta tahapan tahapan di dalam managemen produksi?

Saya akan menjelaskan tentang manajemen produksi supaya kalian bisa memanage atau memanagemenkan produksi sendiri atau hasil produksi yang telah di usahakan.

Oke, langsung saja mengenai managemen produksi.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Strategi Pemasaran

Pengertian

Sebelum itu, kita harus tahu arti dari Produksi. Produksi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah mengeluarkan hasil, membuat hasil.

Jadi, mudahnya mengeluarkan atau membuat hasil dari sebuah produksi.

Jika di gabung dengan kata managemen. Managemen produksi adalah tugas mengkoordinir atau mengendalikan kegiatan yang dapat mengeluarkan atau membuat hasil sehingga hasil itu bisa sesuai harapan yang dibutuhkan.

Sedangkan menurut pakar yaitu Mr. E.L. Brech. Managemen produksi adalah proses perencanaan yang efektif dan mengatur operasi pada bagian yang bertanggung jawab untuk transformasi dari bahan baku hungga menjadi produk jadi dari perusahaan.

Jadi kesimpulannya manajemen produksi adalah koordinasi, tanggung jawab, mengarahkan, dan mengawasi pembuatan barang agar lebih efisien dalam hal waktu, biaya dan jumlah produksi yang dibutuhkan sehingga tidak mengalami kerugian.

Proses Tahapan

Proses tahapan dalam managemen produksi dapat meliputi sebagai berikut :

  1. Proses Perencanaan

Perencanaan merupakan hal yang paling pertama dalam managemen produksi.

Di sinilah di tentukan jumlah produksi yang dibutuhkan, alat yang dibutuhkan, perhitungan waktu selesai, tujuan atau sasaran yang akan diberikan dari hasil produksi dan jumlah pekerja yang harus dikerahkan.

Misalkan produksi mie instan. Karena ada managemen produksi kita harus bisa, menentukan berapa orang, alat yang digunakan, menulis jumlah pesanan, dan waktunya sehingga mendapatkan biaya yang tidak merugikan perusahaan.

  1. Pengorganisasian Kegiatan

Di dalam managemen yang baik pasti ada pengelompokan atau di organisasikan. Sehingga saat proses produksi tidak bingung mana yang harus saya kerjakan mana yang harus saya selesaikan dulu mana yang terakhir.

Nah, adanya organisasi ini menimbulkan hal positif bagi produksi.

Misalkan beberapa orang ada di bagian ini dan ada beberapa yang itu sehingga sudah jelas tempat kerja dan apa yang dikerjakan.

Hasilnya adalah jumlah pekerja yang cukup dengan hasil yang pas dan waktu yang cepat.

  1. Pengarahan Anggota

Yang berwenang dalam pengarahan anggota adalah orang yang di tunjuk. Yang biasanya melakukan ini bisa disebut Supervisor, Mandor, atau juga Foreman.

Dalam pengarahan anggota ini setiap anggota akan diberikan instruksi yang jelas dan matang.

Anggota tersebut harus memahaminya dan melaksanakannya sesuai perintah adan arahan dari Supervisor tadi.

Sehingga bisa bekerja maksimal sesuai arahan dan pastinya akan hemat waktu dan biaya penyelesaian.

  1. Pengawasan Produksi

Pengawasan ini juga dapat berpengaruh untuk mencapai managemen produksi yang baik.

Pengawasan terhadap anggota dan pengorganisasian kegiatan itu penting, apakah berjalan sesuai tahap proses perencanaan yang sudah di pikirkan sejak awal atau tidak.

Jika ada kekeliruan pengawas produksi akan mengingatkan agar tetap fokus untuk bekerja sesuai yang sudah di rencanakan.

Adanya pengawas juga dapat para pekerja lebih serius menyelesaikan produksi pembuatannya sehingga estimasi waktu tidak molor dan tidak menambah biaya lagi.

  1. Faktor Pendukung Managemen Produksi

Faktor pendukung ini meliputi alat seperti mesin pembuat, bahan bahan mentah yang di produksi jadi bahan jadi, atau perkakas perkakas lainnya yang memang dibutuhkan untuk produksi.

Jika faktor pendukung ini tecukupi atau lebih bisa saja produksi itu lebih cepat dan pengelompokan anggota akan berjalan dengan baik dan terencana.

Demikian artikel tentang pengertian dan Proses Tahapan Managemen Produksi.

Semoga bermanfaat bagi yang akan mencoba bisnis membutuhkan alat dan karyawan jelas membutuhkan ilmu managemen produksi. Terima Kasih.

Baca Juga : Pengertian, Ruang lingkup dan Tujuan Dari Marketing

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test