Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Prinsip Kerja Voltmeter

Pengertian Dan Prinsip Kerja Voltmeter – Apakah yang dimaksud dengan voltmeter?

Mungkin sebelumnya anda pernah mempelajari teori dari alat ini pada saat duduk dibangku sekolah.

Baca Juga : Pengertian Anomali Air

Namun bagi kalian yang sudah lupa atau ingin lebih mempelajari pengertian dan prinsip kerja dari voltmeter, simaklah ulasan berikut:

Pengertian Voltmeter

Pengertian Voltmeter merupakan suatu alat ukur yang berguna untuk mengukur besaran tegangan listrik atau juga bisa digunakan untuk menentukan beda potensial listrik antara dua titik pada suatu rangkaian listrik yang dialiri pula oleh arus listrik.

Kedua terminal voltmeter perlu untuk dihubungkan dengan kedua titik yang mana tegangannya akan diukur, sehingga dapat terhubung secara parallel dengan komponen tersebut.

Prinsip Kerja Voltmeter

Masih mirip dengan amperemeter, bahwa voltmeter ini memiliki desain yang sama dengannya yaitu terdiri dari galvanometer dan juga hambatan seri, atau juga bisa disebut dengan multiplier.

Jadi, galvanometer tersebut dapat menggunakan prinsip hokum Lorentz, yaitu terdapat interaksi antara kuat arus dan medan magnet yang akan menimbulkan gaya magnetik.

Sehingga, gaya magnetik tersebut dapat menggerakkan jarum penunjuk yang kemudian akan menyimpang saat dilewati oleh arus yang melewati kumparan.

Jadi, semakin besar kuat arus yang dialiri, maka semakin besar pula penyimpangannya.

Biasanya pada alat voltmeter ini ditemukan mikrovoltmeter milivoltmeter (mV), kilovolt (kV), dan voltmeter (V).

Seperti amperemeter, voltmeter juga terdapat 2 jenis yaitu voltmeter analog dan voltmeter digital.

Dari segi fisik kedua jenis voltmeter tersebut hanya dibedakan pada tampilannya.

Untuk yang jenis analog menggunakan jarum petunjuk, sedangkan yang jenis digital menggunakan LCD, namun dari segi fungsi 2 jenis voltmeter tersebut memiliki fungsi yang sama dalam tujuan penggunaannya.

Selain itu, Keduanya juga memiliki batas ukur, jadi apabila tegangan yang diukur melebih batas ukur dari voltmeter tersebut, maka voltmeter dapat mengalami kerusakan.

Kemampuan alat voltmeter dapat meningkat apabila ditambahkan alat multiplier.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai pengertian dan prinsip kerja voltmeter. Semoga bagi kita yang telah membaca dan memahaminya dapat memberikan manfaat kepada sesame.

Baca Juga : Prosedur Elektrokardiograf

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test