Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Ketahuilah Pengertian dan Perbedaan DNA dan RNA

Pengertian dan Perbedaan DNA dan RNADNA (asam ribonukleat) adalah suatu materi yang membentuk kromosom-kromosom yang menyimpan genetik dalam tubuh pada makhluk hidup.

Ketahuilah Pengertian dan Perbedaan DNA dan RNA

Ketahuilah Pengertian dan Perbedaan DNA dan RNA

Sedangkan RNA (asam ribonukleat) adalah suatu polimer yang tersusun dari sejumlah neuklotida dimana satu niklotidanya terdiri dari satu gugus fosfat, dan satu gugus gula ribose serta satu gugus basa nitrogen (N).

DNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida yang berasal dari unit-unit dioksinukleot.

Informasi genetik dalam DNA ini pada umumnya merupakan kumpulan dari perintah-perintah yang mengatur sel untuk melakukan sesuatu.

Susunan kimia yang dimiliki oleh DNA adalah polimer dari rantai panjang nukleotida.

DNA memiliki fungsi sebagai pembawa materi genetik. Namun fungsi DNA tidak hanya itu, masih banyak lagi seperti membawa materi genetika dari generasi sebelumya ke generasi selanjutnya, mengontrol kehidupan secara langsung dan tidak langsung, sebagai auto katalis yang disebut juga sebagai penggandaan diri dan yang terakhir adalah sebagai heterokatalis yang dapat melakukan sintesis terhadap senyawa lain.

RNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida yang berasal dari unit-unit mononukleotida.

RNA tersusun dari ikatan-ikatan yang berselang-seling antara gugus fosfat nukleotida dengan gugus gula ribose nukleotida lainnya.

RNA sendiri memiliki fungsi yaitu sebagai penyimpan informasi, dan perantara antara DNA dengan protein dalam proses ekspresi genetik karena berlaku untuk organisme hidup.

DNA tidak sama dengan RNA, dan ada perbedaan antara dengan RNA, diantaranya yaitu bagian pentosa DNA adalah ribosa, sedangkan RNA bagian pentosanya adalah dioksiribosa.

Bentuk molekul dari DNA adalah heliks ganda, sedangkan RNA bentuk molekulnya berupa rantai tunggal yang berlapis sehingga mirip dengan rantai ganda.

RNA tidak mengandung timin, namun mengandung urasil selain mangandung basa adenine, guanine dan sitosin yang ada juga di DNA. DNA ada didalam kromosom, sedangkan RNA tergantung jenis RNAnya, RNA d ada di nukleus, RNA p dan RNA t ada di sitoplasma sedangkan RNA r ada di ribosom.

DNA membentuk RNA, sedangkan RNA membentuk protein yang sangat penting dan juga berguna untuk membentuk otot darah, organ tubuh, hormon, enzin, dan sebagainya.

Baca Juga : hama dan penyakit tanaman cabe merah

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test