Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Dan Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Pengertian Dan Perbedaan Cuaca Dan Iklim – Melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dan perbedaan cuaca dan iklim untuk berbagi informasi pengetahuan umum terutama kepada pembaca kelompok anak – anak dengan harapan semoga bermanfaat.

Yang dimaksud dengan pengertian cuaca atau iklim adalah sebuah penggambaran tentang kondisi alam yaitu udara yang terjadi pada suatu daerah / wilayah tertentu dalam tenggang waktu / periode tertentu.

Dimana cuaca ini hanya berlangsung dalam waktu singkat saja yaitu beberapa jam berhubungan dengan adanya perbedaan suhu dan kelembaban / tingkat kebasahan udara.

Baca Juga :

Nah perbedaan yang terjadi tersebut akan menciptakan sebuah kondisi cuaca yang berbeda diantara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya berlatarbelakang pemanasan dari Matahari dengan perbedaan lintang Bumi. Cuaca juga dipengaruhi oleh kondisi ‘corona’ yaitu ‘aura plasma’ yang berfungsi mengelilingi Matahari dan ribuan bintang di langit.

Yang dimaksud dengan iklim saja adalah sebuah kondisi alam yang menjelaskan tentang keadaan cuaca yang sedang terjadi pada sebuah wilayah mencakup wilayah yang sangat luas untuk periode waktu jangka panjang. Rata – rata iklim terjadi selama 11 – 30 tahun disebabkan oleh letak Geografis didukung oleh Topografi pada suatu tempat yang berpengaruh besar terhadap posisi Matahari menyinari daerah – daerah tertentu di Bumi.

Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Setelah anda memahami tentang pengertian dari cuaca dan iklim yang hampir sama satu dengan yang lainnya maka pembahasan akan dilanjutkan kepada perbedaan antara cuaca dan iklim meskipun berdasarkan pengertian terdapat beberapa kesamaan.

Cuaca dan iklim mempunyai hubungan dekat satu dengan yang lainnya seperti yang sudah kami jelaskan di atas, dimana hubungan tersebut terletak pada persamaan unsur yang membentuk cuaca dan iklim yaitu Matahari dengan suhu, kelembaban udara, angin, awan dan curah hujan.

Dari sudut ilmu pengetahuan alam akan menjelaskan tentang perbedaan antara cuaca dan iklim tersebut di bawah ini :

  1. Cuaca adalah dipelajari oleh ilmu ‘meteorologi’ sedangkan iklim erat kaitannya dengan ilmu ‘klimatologi’.
  2. Cuaca mencakup sebuah daerah / wilayah dengan melakukan pengamatan sempit / kecil sedangkan iklim memiliki wilayah yang sangat luas.
  3. Penelitian / pengamatan terhadap cuaca dilakukan sekitar 24 jam sedangkan iklim membutuhkan jangka waktu lebih lama yaitu kisaran 11 s/d 30 tahun.
  4. Cuaca memiliki sifat yang mudah berubah – ubah sedangkan iklim sangat sulit untuk melakukan proses perubahan.
  5. Prakiraan cuaca mudah ditebak oleh manusia sedangkan iklim sangat sulit.

Berhubungan dengan perbedaan antara cuaca dengan iklim tersebut di atas, untuk lebih mudah dalam memahami maka di bawah ini kami berikan contoh untuk keduanya.

Contoh cuaca adalah : cuaca di waktu pagi hari ini di Jakarta akan hujan dan prakiraan cuaca di waktu sore hari akan kembali cerah. Berbeda dengan cuaca di Kota Surabaya, pagi udara cerah dan siang hingga sore hari cuaca mendung.

Baca Juga :

Contoh iklim adalah negara – negara dengan iklim Tropis adalah Indonesia, Brasil, Kamerun, dan Zambia. Negara dengan iklim Subtropis adalah Jepang, Korea Selatan, Maroko, Uruguay, sebagian Amerika Serikat dan Yunani. Negara dengan iklim sedang adalah Inggris, Perancis, Jerman, Denmark, Mongolia dan Uzbekistan. Terakhir adalah negara dengan iklim Kutub adalah Finlandia, Eslandia, Alaska, Kanada, Swedia, dan Norwegia.

Semoga bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test