Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Peranan Sirkulasi (Sistem Peredaran Darah pada Manusia)

Pengertian dan Peranan Sirkulasi (Sistem Peredaran Darah pada Manusia) – Sistem Sirkulasi atau disebut juga Sistem Peredaran Darah merupakan kata lain dari sistem kariovaskular dimana sistem ini mengatur bagaimana peredaran darah dalam seluruh tubuh.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai sistem sirkulasi pada tuubuh manusia

Pengertian Sistem Sirkulasi

Sistem sirkulasi atau sistem peredaran darah merupakan proses pemompaan darah yang dibutuhkan tubuh demi kelangsungan hidup.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Dan Mekanisme Siklus Krebs

Sistem sirkulasi dapat disebut juga dengan sistem transportasi karena sistem ini mengangkut beberapa zat maupun hormon yang dibutuhkan sehingga dapat tersebar merata di seluruh tubuh.

Secara umum sitem sirkulasi atau sistem peredarah darah pada manusia dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup.

  • Sistem peredaran darah terbuka, merupakan proses mengedarkan darah tanpa melewati pembuluh darah tapi melewati organ-organ lainnya.
  • Sistem Peredaran darah tertutup, merupakan proses mengedarkan darah dengan melewati pembuluh darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Selain mengenai sistem terbuka dan tertutup. Berdasarkan jumlah organ yang dilaluinya, sistem peredarah darah digolongkan menjadi dua, yaitu sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar.

  • Sistem peredaran darah kecil, merupakan sistem peredaran darah yang melalui sedikit organ. Prosesnya adalah Jantung – Paru-paru – Jantung, atau lebih detailnya ventrikel kanan – arteri pulmonalis – paru paru – vena pulmonalis – atrium kiri .
  • Sistem Peredaran Darah Besar, merupakan sistem peredaran darah yang melalui banyak organ. Prosesnya adalah : Jantung – seluruh tubuh – jantung. Atau secara detilnya : Ventrikel Kiri – Jantung –  Arteri –  Arteriola –  Kapiler –  Venula –  Vena – Vena cava superior dan inferior – Atrium Kanan.

Peranan Sistem Sirkulasi

  • Berperan dalam pengangkutan sari-sari makanan yang berasal dari usus ke seluruh tubuh
  • Mengangkut oksigen yang berasal dari organ pernapasan atau paru-paru kemudian mendisribusikannya ke seluruh tubuh.
  • Mengangkut karbodioksida yang berasal dari seluruh tubuh menuju organ pernapasan paru-paru
  • Mengangkut zat-zat sisa hasil metabolisme menuju ginjal sebagai organ ekskresi
  • Menjaga kestabilan subu tubuh agar tetap berada pada suhu antara 36 hingga 37 derajat celcius. Hal ini disebabkan suhu tubuh manusia tidak dipengaruhi oleh lingkunga luar, namun dapat dijada dengan sistem peredaran darah menggunakan penyebaran energi panas ke seluruh tubuh.
  • Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh

Jenis- jenis Sirkulasi

Terdapat beberapa jenis sirkulasi dalam mengedarkan darah, berikut penjelasannya:

  1. Sirkulasi Paru-paru

Dalam organ paru-paru, terdapat alveolus yang berperan sebagai tempat pertukaran gas yaitu oksigen dan karbondioksida.

Pertukaran gas ini untuk sistem peredaran darah, dimana apabila darah kekurangan oksigen, maka darah akan dipompa melalui jantung menuju arteri pulmonalis menuju par-paru lalu kembali ke jantung melalui vena purmonalis.

  1. Sirkulasi Otak

Terdapat dua jenis suplai darah yang didapatkan oleh otak. Yang pertama yaitu suplai darah arteri anterior atau pemasokan darah pada bagian depan, dan yan kedua adalah suplai darah posterior atau pemasokan dara ke batang otak dan otak belakang. Kedua suplai darah ini kemudian berkumpul dan menuju lingkaran Willis.

  1. Sirkulasi Ginjal

Sirkulasi ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring darah, Sebesar 20% darah yang dikeluarkan jantung, akan diterima oleh aorta abdominal yang kemudian di lanjutkan menuju vena cava ascending, dan terakhir darah akan disaring oleh ginjal.

  1. Sirkulasi Sistem Limfatik

Sirkulasi ini memiliki sistem yang berfungsi dalam kekebalan imun. Sistem ini terdiri dari pembuluh limfatik, kelanjar getah bening, kapiler getah bening dan getah benting yang berfungsi membawa getah bening kembali ke jantung untuk menuju sistem sirkulasi

Demikian pembahasan mengenai Pengertian dan Peranan Sirkulasi (Sistem Peredaran Darah pada Manusia) serta beberapa jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Struktur Jaringan Ikat Tendon

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test