Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Penyebabnya Arus Laut

Pengertian dan Penyebabnya Arus Laut – Arus laut merupakan pergerakkan dari massa air secara vertical maupun horizontal berupa arus permukaan ataupun dasar untuk menuju keseimbangan atau dapat diartikan juga sebagai gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan di dunia.

Gerakan yang dilakukan oleh arus tersebut merupakan gerakan yang ditimbulkan oleh tiupan angin yang ada dilautan.

Setelah kita mengetahui apa itu arus laut, Selanjutnya kita akan memahami jenis-jenis arus laut berdasarkan proses terjadinya, tingkat kedalaman, temperature serta letaknya.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Proses Pembentukan Komet

Berdasarkan Proses Terjadinya, arus terbagi menjadi 5 yaitu :

  • Arus Ekman, Arus yang proses terjadinya dipengaruhi oleh angin
  • Arus Termohaline, yaitu arus yang dipengaruhi oleh densitas dan gaya gravitasi bumi
  • Arus Pasut, merupakan arus yang dipengaruhi oleh adanya pasang surut
  • Arus Geostropik, yaitu arus yang dipengaruhi oleh adanya tekanan horizontal dan gaya corolis
  • Arus Wind Driven Current, merupakan arus yang dipengaruhi adanya pergerakkan angin yang terjadi pada permukaan

Berdasarkan Tingkat Kedalaman, Arus laut terbagi menjadi 2, yaitu :

  1. Arus Permukaan, merupakan arus  yang terjadi di sekitar 100-500 meter dari permukaan dengan arah pergerakkan horizontal dan dipengaruhi oleh persebaran angin
  2. Arus dalam, merupakan arus yang membawa massa air dari daerah kutub ke daerah ekuator dimana pergerakkanya terjadi didasar kolom perairan yang arah pergerakkannya tidak dipengaruhi oleh angin

Berdasarkan Temperatur, Arus dibedakan menjadi 2 yaitu :

  1. Arus Hangat/Panas, yaitu arus laut yang memiliki temperature lebih tinggi atau lebih panas daripada temperature air laut yang didatanginya. contohnya adalah arus dari teluk kuroshiwo, arus tersebut dating dari yang beriklim tropis menuju ke daerah iklim sedang.
  2. Arus dingin, yaitu arus laut yang memiliki temperature airnya lebih rendah atau lebih dingin daripada temperature air laut yang didatanginya. cntohnya adalah Arus Labrador, Arus Benguela dan Arus Peru.

Berdasarkan Letaknya, Arus terbagi menjadi 4, yaitu :

  • Arus Atas, merupakan arus yang pergerakkannya berada di permukaan laut. contohnya adalah semua jenis arus laut yang disebabkan oleh angin
  • Arus Bawah, merupakan arus laut yang pergerakkannya berada di dasar laut. apabila pergerakkanya berubah secara vertical, maka arus ini dinamakan up welling dan sinkin pada beberapa pantai
  • Long Shore Current merupakan arus yang memiliki aliran arus yang sejajar dengan garis pantainya
  • Rip Current merupakan arus yang berada di daerah pantai berpasir halus dan memiliki gelombang yang cukup besar dengan arah gerakan tegak lurus dengan garis pantainya.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian arus serta jenis-jenisnya, selanjutnya kita akan memahami faktor-faktor apa saja yang menyembabkan terjadinya arus dilautan. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Terdapat 2 faktor penyebab terjadinya arus di lautan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal

  • Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor penyebab dari dalam lingkup air laut itu sendiri. misalnya perbedaan densitas air laut, gradien tekanan mendatar dan juga adanya gesekan antar lapisan air.

  • Faktor Eksternal

Sedangkan pada faktor eksternal merupakan faktor penyebab dari luar. faktor penyebab ini meliputi gaya Tarik matahari dan bulan yang dipengaruhi oleh tahanan dasar laut, Adanya gaya corolis, gaya gravitasi, tektonik, adanya perbedaan tekanan udara dan juga pergerakkan angin diatasnya.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-jenis Gerhana

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test