Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Manfaat Budaya atau Kebudayaan

Pengertian dan Manfaat Budaya atau Kebudayaan – Kata budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu Buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi atau akal. Dengan begitu bisa diartikan budaya adalah hal-hal yang berkaitan dengan Budi atau akal manusia.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian budaya bermakna pikiran, akal budi atau adat istiadat.

Adapun beberapa ahli berpendapat mengenai definisi budaya dan kebudayaan. Berikut adalah pemaparannya :

  1. Koentjaraningrat

Dr. Koentjaraningrat berpendapat bahwa Kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari perilaku dan hasil perilaku yang beraturan dari tata kelakuan yang didapatnya dengan belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan sehari-hari.

  1. K. Kupper

Dr. K. Kupper berpendapat mengenai definisi kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

  1. Sidi Gazabala

Drs. Sidi Gazabala berpendapat mengenai definisi kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

  1. Effat al-Syarqawi

Effat al-Syarqawi berpendapat mengenai definisi kebudayaan adalah khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.

Manfaat Budaya atau Kebudayaan

Setelah mengetahui definisi budaya atau kebudayaan, berikut ini adalah beberapa manfaat dari budaya dan kebudayaan:

  1. Sebagai alat pemersatu

Perbedaan budaya dalam suatu negara bukanlah sebuah jurang pemisah antara suku satu dengan suku lain. perbedaan dalam kebudayaan adalah sebuah alat untuk belajar mengharagai perbedaan.

  1. Sebagai Identitas

Perbedaan budaya yang ada di muka bumi ini memberikan kita identitas tersendiri yang dapat menjadi ciri khas agar mudah dikenali. Jika sebuah bangsa memiliki budaya dan kebudayaan yang kuat, hal itu akan menjadi nilai tambah di mata dunia.

  1. Menguatkan sikap Nasionalisme

Jika suatu bangsa memiliki kebudayaan yang unik serta menarik dan patut untuk dilestarikan, otomatis akan tumbuh kecintaan tersendiri kepada bangsanya.

  1. Memperkaya kebudayaan Nasional

Kebudayaan lokal dan nasional memiliki perbedaan. Jika kebudayaan lokal adalah suatu budaya yang dimiliki oleh satu suku atau ras tertentu; sedangkan budaya nasional adalah kebudayaan suatu negara yang berisi kebudayaan-kebudayaan lokal.

Jika suatu bangsa atau negara memiliki banyak kebudayaan lokal, tentu saja kebudayaan nasional yang dimiliki oleh bangsa atau negara tertentu akan semakin bayak.

  1. Sebagai daya tarik Wisata

Tak bisa dipungkiri, keanekaragaman kebudayaan yang ada di seluruh muka bumi ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Keunikan suatu budaya dapat menjadi sorotan wisatawan dunia.

Baca Juga :

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran wisatawan dari berbagai penjuru dunia dapat memajukan perekonomian bangsa yang dikunjungi tersebut. Dan hal ini sangat bermanfaat bagi kemaslahatan seluruh rakyat.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test