Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Makna Yang Terkandung Dalam Proklamasi UUD 1945

Pengertian dan Makna Yang Terkandung Dalam Proklamasi UUD 1945 – Pada setiap alinea yang tertuang didalam Pembukaan UUD 1945 memiliki pengertian dan makna  yang berbeda-beda, namun pada dasarnya setiap ayat yang tertuang didalam undang-undang proklamasi tersebut merupakan pencerminan dari suatu cita-cita luhur dan tujuan dari  perwujudan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Berikut  adalah sedikit ulasan mengenai pengertian dan makna yang terkandung didalam setiap alinea Pembukaan UUD 1945.

Baca Juga : Jenis-jenis Nilai Perjuangan Dalam Pancasila dan UUD 1945

Pengertian dan Arti

  • Alenia Pertama

Dalam ungkapan kalimat pada alinea pertama tersebut terkandung adanya suatu pengakuan tentang nilai suatu hak yang hakiki  yang merupakan hak yang dimiliki oleh setiap manusia sebagaimana yang dikaruniakan  Tuhan yang Maha Esa kepada setiap  manusia yang hidup  dan sebagai makhluk sosial.

Apabila terjadi pelanggaran didalam mengekspresikan suatu hak kemerdekaan yang tidak sesuai dengan hakikat  yang berperi kemanusiaan dan hakikat  berperi keadilan sehingga sampai terjadi bentuk pelanggaran hak seperti pemaksaan ataupun penjajahan, maka bentuk-bentuk pelanggaran tersebut harus dihapuskan dari muka bumi ini.

  • Alenia Kedua

Sebagai wujud dari ungkapan pada alinea kedua, kemerdekaan Bangsa Indonesia disamping sebagai suatu pencerminan dari bukti obyektif atas penjajahan yang pernah terjadi pada Bangsa Indonesia, sekaligus  merupakan pencerminan dari suatu niat yang kuat dan bulat untuk dapat menentukan nasib sendiri sehingga dapat terbebas dari kekuasaan bangsa lain.

Sebagai perwujudan dari perjuangan tersebut, tercipta dalam suatu manifestasi kemampuan dan kekuatan Bangsa itu sendiri untuk  dapat mewujudkan cita-citanya yang berlandakan keadilan dan kemakmuran.

Dan untuk terjadinya harapan tersebut, maka dipastikan bangsa ini harus merdeka, bersatu dan mempunyai suatu kebulatan terlebih dahulu..

  • Alenia Ketiga

Bentuk pengakuan pada alinea ketiga ini mengandung makna yang sangat dalam mengenai pengertian bahwa Negara Indonesia mengakui nilai-nilai keagamaan yang religious, sebagai landasan dasar dari suatu bentuk hukum positif negara maupun landasan dasar moral negara.

Bentuk pengabsahan atas unsur dan nilai pribadi yang terkandung didalam maklumat “didorong oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas” mencerminkan suatu arti bahwa negara dan bangsa ini mengakui suatu  nilai-nilai moral dan hak hakiki yang pastinya dimiliki setiap bangsa yang ada.

Pernyataan kembali dari proklamasi pada kalimat ”…maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

Hal ini mempunyai pengertian sebagai bentuk penegasan dan detail rincian lebih lanjut didalam naskah Proklamasi 17 Agustus 1945.

  • Alenia Keempat

Alenia ke empat, kalimatnya mencerminkan prinsip-prinsip serta pokok-pokok kaidah didalam pembentukan suatu pemerintahan di Negara Indonesia.

Dalam kalimat “…Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia…”, tercermin dalam tatanan kalimat tersebut yang mengandung arti bahwa sebagai penyelenggaraan keseluruhan aspek kegiatan Negara dan segala kelengkapan yang ada didalamnya, yang berbeda dengan pemerintahan Negara yang hanya menyangkut salah satu aspek saja dari kegiatan penyelenggaraan Negara.

Makna Pembukaan UUD 1945 bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

Undang-Undang Dasar 1945 merupakan suatu sumber hukum tertinggi dari suatu landasan hukum yang berlaku di  Negara Indonesia.

Adapun Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu sumber yang merupakan cikal bakal terciptanya motivasi dan aspirasi perjuangan Bangsa Indonesia untuk dapat mencapai cita-cita dan harapan yang sudah sekian lama diinginkan.

Pembukaan dari UUD 1945  juga merupakan suatu nara sumber dari  terciptanya “harapan hukum” dan” harapan  moral” yang ingin dikukuhkan dalam lingkungan nasional maupun dalam  lingkungan hubungan pergaulan antar bangsa-bangsa di dunia.

Baca Juga : Pengertian, Proses, Fungsi dan Alasan Kasasi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test